Menyibak Keindahan 3 Pantai di Eretan, Indramayu




Pantai Eretan Indramayu - www.panoramio.com
Pantai Eretan Indramayu - www.panoramio.com

Selain terkenal dengan mangga-nya, Kabupaten ternyata memiliki sejumlah destinasi yang layak dikunjungi ketika sedang berlibur. Jika kebetulan sedang melalui jalur by pass pantura, Anda bisa dengan mudah menemukan Pantai Eretan Kulon. Pasalnya, pantai ini memang dekat dengan jalur pantura, tepatnya di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, .

Pantai Eretan Indramayu - www.wisatamu.com
Pantai Eretan Indramayu – www.wisatamu.com

Pantai Eretan Kulon merupakan salah satu pantai di Indramayu yang mempunyai pemandangan cukup indah dan bentang pantai yang cukup luas. Sayangnya air di sana memang tidak terlalu jernih, sehingga kegiatan yang cocok dilakukan di Pantai Eretan Kulon pun terbatas pada menyaksikan pemandangan laut, bermain pasir, atau sekadar berenang di tepian. Namun jangan salah, walau tidak bisa ber-snorkeling ria di Pantai Eretan Kulon, Anda bisa mencoba memancing sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi di tepi pantai.

Setelah lelah memancing, Anda bisa membakar ikan hasil tangkapan Anda sembari menyalakan api unggun. Benar-benar seru! Biasanya para yang datang untuk memancing atau berwisata di Pantai Eretan Kulon tak hanya didominasi oleh warga Indramayu saja, namun banyak juga yang berasal dari Kota Bandung, Jakarta, , dan daerah-daerah lain di sekitarnya. Mereka biasanya datang untuk memancing dari siang sampai malam hari.

Pantai Eretan Indramayu - www.panoramio.com
Pantai Eretan Indramayu – www.panoramio.com

Di sepanjang Pantai Eretan Kulon ditumbuhi hutan mangrove dan ada sejumlah yang menjual masakan-masakan khas laut alias seafood yang bisa Anda jadikan alternatif santapan setelah lelah bermain-main air di Pantai Eretan Kulon.

Tetapi sayang Pantai Eretan Kulon sempat mengalami abrasi 30 tahun silam. Alhasil di pinggiran Pantai Eretan Kulon kini dibangun tembok bebatuan untuk menahan laju abrasi. Meski sudah tak terlihat alami lagi, Anda tetap bisa menikmati pemandangan matahari terbenam alias sunset yang menakjubkan di Pantai Eretan Kulon. Di samping itu, Pantai Eretan Kulon sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti area parkir kendaraan yang cukup luas, musala, mandi, penginapan, dan masih banyak lagi.

Lihat Juga:   Rekomendasi dan Tarif Hotel di Baros, Cimahi

Selain Pantai Eretan Kulon, ada pula pantai lain yang masih berlokasi di Eretan, yakni Pantai Eretan Wetan atau yang lebih populer dengan sebutan Pantai Solikin. Untuk sampai ke Pantai Eretan Wetan, Anda harus masuk dari sebelah MTs Negeri Kandanghaur. Di sana Anda akan menemukan jalan yang menuju ke arah utara, kemudian Anda bisa naik sepeda motor atau berjalan kaki sekitar 1 km dari Jalan Pantura. Namun jika Anda naik mobil, maka Anda bisa memarkir kendaraan Anda di dekat Bendungan Sumber Mas, kemudian baru berjalan kaki lokasi ke Pantai Eretan Wetan.

Berbeda dari Pantai Eretan Kulon yang sudah dibangun tembok-tembok bebatuan, suasana di Pantai Eretan Wetan cenderung lebih alami dan asri. Saat menuju ke sana, Anda akan disambut dengan pemandangan khas pesisir pantai seperti perahu-perahu nelayan, tanaman mangrove, gubuk-gubuk milik nelayan, dan masih banyak lagi.

Namun Anda perlu berhati-hati saat hendak menuju ke Pantai Eretan Wetan, pasalnya ada beberapa jembatan kecil yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau naik sepeda motor. Jika sedang hujan, sebaiknya Anda berjalan kaki saja untuk menuju Pantai Eretan Wetan, sebab jalanan kemungkinan akan sangat becek dan licin. Jika tak berhati-hati, Anda kemungkinan akan terjerembab ke sungai kecil yang berada di sana.

Saat berjalan ke arah pesisir pantai, Anda juga bisa melihat pemandangan sejumlah pohon waru yang bunganya berjatuhan ke jalanan. Pemandangan tersebut tentunya bisa menambah kesan tersendiri dalam perjalanan Anda menuju Pantai Eretan Wetan. Pantai Eretan Wetan memang tak sepopuler Pantai Eretan Kulon, tak heran jika kondisi di sana masih cukup alami karena masih jarang dijamah oleh para wisatawan.

Lihat Juga:   Update Rute, Harga Makanan, Jam Buka, dan Tiket Masuk Cafe Sawah Pujon Kidul

Untuk diketahui, karena masih belum dikelola oleh pemerintah maupun penduduk setempat, fasilitas yang ada di Pantai Eretan Wetan pun masih terbilang terbatas. Hanya ada gubuk-gubuk di dekat tambak milik para nelayan di sana yang bisa Anda gunakan untuk sekadar duduk-duduk bersantai bersama keluarga sembali melihat sunset. Baik di  Pantai Eretan Wetan maupun Kulon tidak dikenai masuk alias gratis.

Selain Pantai Eretan Kulon dan Wetan, ada satu lagi pantai yang berlokasi di desa yang sama, yakni Pantai Lemah Abang (LA) Tanah Merah. Tak seperti Pantai Eretan, Pantai Lemah Abang memiliki pantai dengan warna pasir yang cenderung kemerahan. Letak Pantai Lemah Abang ada di tepi jalur Pantura, jika dari Jakarta arah ke Cirebon, posisinya ada di sebelah kiri jalan.

Dibandingkan pantai pada umumnya di Indramayu, Pantai Lemah Abang menawarkan keindahan unik berupa tanahnya yang berwarna kemerahan, apalagi jika cuaca di sana sedang terik biasanya tanah baru akan terlihat jelas berwarna merah. Di Pantai Lemah Abang juga terdapat tumpukan batu-batu yang sengaja disusun untuk menahan abrasi. Ketika berada di Pantai Lemah Abang, Anda bisa melihat langsung seperti keindahan hempasan ombak serta hamparan laut yang luas.

Tak cukup sampai di situ, di sekitar Pantai Lemah Abang terdapat 10 rumah makan yang menawarkan menu-menu makanan seafood yang menggugah selera, mulai dari ikan kakap, gurame, bawal, kerapu, cumi, dan masih banyak yang lainnya. Harga makanan di restoran-restoran Pantai Lemah Abang berkisar mulai dari Rp 30 ribuan per porsinya. Bagi Anda yang kehausan juga tak perlu khawatir, sebab ada sajian kelapa segar yang bisa Anda tenggak langsung dari buahnya saat berada di Pantai Lemah Abang.




Tentang Dian Kartika1091 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan