Pantai Pulorida, Wisata Bahari Menarik Dekat Pelabuhan Merak




Pantai Pulorida - www.kompasiana.com
Pantai Pulorida - www.kompasiana.com

Apakah Anda pernah berkunjung atau setidaknya mendengar Pantai Pulorida? Jika baru pertama kali mendengarnya, mungkin Anda akan berpikir bahwa pantai ini merupakan pelesetan dari Pantai Florida di Amerika Serikat. Ternyata tidak, meski sepintas terdengar mirip ternyata Pantai Pulorida merupakan salah satu pantai yang berada di Indonesia, tepatnya di daerah Cilegon, Banten.

Pantai Pulorida - www.kompasiana.com
Pantai Pulorida – www.kompasiana.com

Pantai Pulorida hanya berjarak sekitar 4 km saja dari Pelabuhan Merak. Untuk menuju ke Pantai Pulorida, Anda perlu jeli mencari lokasi pantai. Pantai Pulorida bisa ditempuh lewat 2 jalur, yakni melalui Jalan Tol -Merak menuju Pelabuhan Merak atau melalui Jalan Raya Serang melewati Kota Cilegon hingga tiba di persimpangan Cilegon. Saat tiba di persimpangan, Anda bisa memilih arah kanan menuju Pelabuhan Merak dan terus ikuti jalan besar melewati pasar tradisional Merak hingga tiba di Pantai Pulorida.

Kondisi akses jalan menuju Pantai Pulorida cukup baik, namun lokasi Pantai Pulorida memang tertutup oleh tembok pembatas. Setidaknya Anda harus jeli menemukan papan nama Pantai Pulorida di pintu masuk agar tidak tersesat. Jika kondisi lalu lintas sedang tidak macet, dari Tangerang Anda bisa menuju Pantai Pulorida hanya dalam waktu 2 jam saja. Cukup dekat bukan?

Pantai Pulorida - www.kompasiana.com
Pantai Pulorida – www.kompasiana.com

Meskipun tak terlalu dikenal seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, atau pantai-pantai indah lainnya di Banten, hampir setiap hari Pantai Pulorida selalu ramai dengan pengunjung. Pantai Pulorida menawarkan pantai yang landai dengan ombak yang tenang dan air yang dangkal, sehingga cocok digunakan untuk refreshing Anda bersama keluarga saat sedang berlibur.

Nama Pantai Pulorida sendiri berasal dari 2 kata, yakni dan Ridho, yang maknanya adalah yang diridhoi. Di depan pantai satu ini memang terdapat sebuah kecil yang dulunya dikenal dengan nama Pulorida. Namun sekarang justru nama tersebut digunakan sebagai nama pantai.

Lihat Juga:   Memacu Adrenaline Arungi Jeram di Ndayung Rafting Poncokusumo

Beberapa orang yang sudah pernah ke Pantai Pulorida mengaku bahwa ada sebuah pemandangan yang cukup menakjubkan dari Pantai Pulorida. Ketika cuaca sedang cerah, Anda dapat melihat ujung Pulau lengkap dengan Gunung Rajabasa di tengahnya apabila memandang ke sisi selatan. Menariknya, Pantai Pulorida juga sebenarnya memiliki sebuah jembatan, sayangnya kini jembatan tersebut sudah roboh dan masih belum diketahui sudah dibenahi atau belum oleh pemerintah setempat.

Untuk masuk ke Pantai Pulorida, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya masuk seharga Rp 10 ribuan saja per orang. Untuk kendaraan seperti sepeda motor akan dikenai tarif Rp 15 ribuan, mobil Rp 40 ribuan, bus berukuran sedang Rp 350 ribuan, dan bus berukuran besar tarif masuknya Rp 600 ribuan.

Urusan fasilitas di Pantai Pulorida cukup komplit. Bagi anak-anak yang ingin berenang di pantai disediakan persewaan ban bekas dalam berbagai ukuran untuk pengunjung. Tenang saja, menyewa pelampung ban bekas di Pantai Pulorida harganya cukup terjangkau dan tidak dibatasi waktu. Anda juga diperbolehkan menggelar tikar di pinggiran pantai sambil memandangi panorama Pantai Pulorida atau menikmati pemandangan matahari terbenam alias sunset saat sore menjelang malam hari.

Bagi yang ingin berkeliling kawasan sekitar Pantai Pulorida seperti Pelabuhan Merak, PLTU Suralaya, atau melihat-lihat pulau kecil yang tidak berpenghuni di dekat lokasi pantai juga disediakan perahu yang bisa Anda sewa untuk 1 kali pulang pergi. Setelah puas berendam atau bermain-main air laut, Anda juga bisa membilas diri di mandi yang telah disediakan di sana. Tarif mandi di Pantai Pulorida sekitar Rp 3 ribuan per mandi. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan bak mandi dan shower.

Yang lebih menarik lagi, di sekitar Pantai Pulorida juga terdapat kapal-kapal tongkang yang berfungsi untuk mengangkut batu bara milik PT Suralaya yang berada di bawah naungan Indonesia Power. Walaupun bagi sebagian turis memang cukup mengganggu pemandangan, keberadaan kapal tongkang tersebut tentunya dapat menjadi kesan tersendiri, terutama karena pemandangan semacam itu jarang bisa Anda temukan di pantai-pantai lainnya.

Lihat Juga:   Wahana, Fasilitas, dan Harga Tiket Waterbom PIK (Pantai Indah Kapuk), Jakarta

Selain sudah dilengkapi fasilitas persewaan pelampung, perahu, dan kamar mandi, di Pantai Pulorida juga memiliki fasilitas penginapan hingga deretan warung-warung untuk mengisi perut Anda jika sedang kelaparan. Namun kabarnya jika sedang libur warung-warung yang ada di Pantai Pulorida juga akan tutup, oleh sebab itu Anda bisa mengantisipasi dengan membawa bekal sendiri dari rumah agar tidak kebingungan mencari makanan ketika berada di Pantai Pulorida.

Jika membutuhkan akomodasi, di sekitar Pantai Pulorida terdapat penginapan bernama Pulorida . Hotel berbintang 2 ini beralamatkan di Jl. Yos Sudarso No. 9, Lebakgede, Merak, Banten, Indonesia. Pulorida menyediakan sekitar 36 unit kamar yang cukup luas, bersih, dan nyaman untuk ditempati selama berlibur di Merak.

Pulorida menawarkan sederet fasilitas yang komplit, mulai dari kafe, bar tepi kolam, kolam renang anak dan kolam renang indoor, fasilitas ruang rapat, layanan kamar, jasa laundry, restoran, ruang keluarga, koneksi internet (WiFi) di tempat umum, lapangan tenis, olahraga air, taman, area parkir yang luas, dan masih banyak lagi.

Di setiap kamar sudah dilengkapi dengan dapur kecil, TV, ruangan bebas rokok, balkon atau teras, TV kabel, dan kamar mandi dalam. Tarif atau rate menginap di Pulorida Cottage berkisar sekitar Rp 571 ribuan per malam. Jika Anda berencana untuk bermalam di Pulorida Cottage dan melakukan reservasi kamar, Anda dapat langsung menghubungi nomor telepon (0254) 571250.




Tentang Dian Kartika1077 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*