Info Fasilitas Akomodasi di Taman Nasional Baluran




Rosa’s Ecolodge Main Lodge - www.rosasecolodge.com

Baluran merupakan salah satu di Indonesia yang berlokasi di wilayah Banyuputih, , Wongsorejo, Banyuwangi, , Indonesia. Penamaan taman nasional satu ini diambil dari nama Baluran. Tak seperti ujung kulang yang terkesan begitu asri, Taman Nasional Baluran memiliki tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, serta hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Rosa’s Ecolodge Main Lodge - www.rosasecolodge.com
Rosa’s Ecolodge Main Lodge – www.rosasecolodge.com

 

Tak mengherankan jika TNB kerap dijuluki sebagai Africa van Java karena kondisi alamnya saat musim kemarau sangat mirip seperti di Afrika. Bagi Anda yang merupakan petualang sejati dan penggemar kegiatan outdoor, Anda wajib untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran memiliki 444 jenis tumbuhan, di antaranya yang menjadi ciri khas Baluran adalah widoro bukol, mimba, dan pilang. Sedangkan mamalia yang berada di sana terdiri dari 26 spesies, mulai dari banteng, kerbau, ajag, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Di samping itu juga ada 155 burung yang habitatnya berada di Baluran.

Saat tiba di TNB, Anda akan dikenai biaya retribusi di pos jaga Rp 5.000 per orang dan mobil Rp 10.000 per hari. Dari gerbang utama TNB, Anda akan menempuh sekitar 12 km untuk menuju ke padang savana Bekol yang sudah sangat terkenal itu.

Di Padang Savana Bekol sudah disediakan fasilitas penginapan, antara lain Rusa yang memiliki 7 kamar dengan kapasitas 2 orang tiap kamar. menginap di Rusa Guest House Rp 100 ribu per malam. Kemudian ada Merak Guest House dan Wisma Merak dengan rate kamar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per malam. Dan yang terakhir ada Banteng Guest House yang menawarkan 2 kamar dengan kapasitas 2 orang per kamar. menginap di Banteng Guest House Rp 400 ribu per malam.

Selain di Savana Bekol, pihak pengelola Taman Nasional Baluran juga menyediakan fasilitas akomodasi yang terletak di kawasan Pantai Bama. di Pantai Bama bernama Wisma Pilang. Di Wisma Pilang ini hanya tersedia 1 kamar untuk kapasitas 2 orang dengan Rp 200 ribu per malam.

Apabila ingin menginap di Savana Bekol atau Pantai Bama, Anda dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu dengan menghubungi Petugas Pelayanan Pengunjung Taman Nasional Baluran di nomor telepon 082332213114.

Selain fasilitas penginapan yang disediakan oleh Taman Nasional Baluran, Anda juga bisa beristirahat di penginapan lain yang lokasinya tidak jauh dari Taman Nasional Baluran, yakni di Rosa’s Ecolodge Main Lodge. Penginapan satu ini beralamatkan di Jl. Raya Baluran, Sidomulyo, Banyuputih, Situbondo.

Lihat Juga:   The Batu Belig Hotel & Spa, Akomodasi Bintang Tiga Terjangkau di Seminyak




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan