Pantai Kuta Mandalika, Spot Cantik di Lombok Harga Tiket Murah




Pantai Kuta Mandalika (sumber: okezone)
Pantai Kuta Mandalika (sumber: okezone)

Selama ini, Pantai Kuta cenderung identik dengan wisata di Bali. Padahal, tidak cuma di Pulau Dewata, Lombok pun memiliki pantai dengan nama yang sama, tepatnya di kawasan Mandalika, sehingga membuatnya sering disebut Pantai Kuta Mandalika. Punya panorama cantik dan menyimpan legenda, harga tiket masuk kawasan pantai ini ternyata sangat terjangkau.

Dalam beberapa tahun terakhir, nama Lombok sebagai tujuan wisata memang semakin naik daun, bahkan bisa menyaingi Bali. Pasalnya, Lombok kaya akan destinasi liburan, termasuk wisata alam, wisata bahari atau pantai, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Wisata alam di Lombok yang sudah populer adalah Gunung Rinjani, sedangkan diwakili Pantai Senggigi, Pantai Kuta Lombok, dan Pantai Pink.[1]

Pesona dan Fasilitas Pantai Kuta Mandalika

Seperti disinggung di atas, salah satu objek yang sayang dilewatkan jika Anda datang ke Lombok adalah Pantai Kuta. Seperti namanya, pantai ini memang berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jika wisatawan bertolak dari Bandara Internasional Lombok, perjalanan menuju Desa Kuta berkisar 20 hingga 30 menit berkendara, sedangkan jarak dari Kota Mataram sekitar 50 km.[2]

Keindahan yang dimiliki Kuta Lombok sebenarnya dapat menjadi salah satu potensi dan daya tarik wisata yang bisa memikat hati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Potensi wisata di Kuta Lombok didominasi alam yang meliputi perbukitan yang tersusun bagaikan benteng perbatasan yang kokoh tetapi tetap eksotis, pemandangan terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset), terumbu karang, laut, serta pantai dengan pasir putih yang indah.[3]

Lihat Juga:   Coban Kaca, Pesona Wisata Anyar di Kota Batu

Pantai Kuta Lombok dapat dikatakan sebagai objek wisata yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Kondisi alamnya yang nyaman membuat kawasan ini sangat aman bagi anak-anak bermain di daerah pantai. Sementara itu, sejumlah pesona seperti pantai yang membentang luas, ditemani deburan ombak yang tenang dan angin yang berembus sepoi-sepoi, dijamin bakal membuat suasana liburan bersama keluarga menjadi sangat menyenangkan.

Keindahan Pantai Kuta Mandalika (sumber: ngetrip.my.id)
Keindahan Pantai Kuta Mandalika (sumber: ngetrip.my.id)

Pesona lainnya yang disajikan pantai ini adalah hamparan pasir yang bersih dan putih yang membentang luas sepanjang 7,2 km. Di sisi barat, Anda dapat menyaksikan keindahan Mandalika, yang juga dapat Anda eksplorasi. Pemandangan yang disajikan dari ketinggian tentu saja punya nuansa tersendiri, sehingga bisa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Pantai Kuta.

Mulai populer setelah dijadikan lokasi pembangunan sirkuit balap, sekadar info, nama Mandalika diambil dari legenda masyarakat setempat, yakni seorang putri yang sangat cantik bernama Mandalika. Konon, kecantikannya membuat sang putri diincar banyak pemuda, bahkan pangeran. Namun, Putri Mandalika menolak semua pinangan dan lebih memilih melompat ke dari atas bukit.

Nah, Putri Mandalika yang menceburkan diri ke ini dipercaya masyarakat sekitar menjelma menjadi sosok cacing laut yang dinamakan Nyale. Pada saat-saat tertentu, terdapat banyak cacing Nyale yang muncul ke permukaan laut hingga ke pantai. Oleh masyarakat sekitar, cacing-cacing ini lantas diolah menjadi hidangan makanan yang lezat sebagai rasa terima kasih kepada Putri Mandalika. Hari-hari kemunculan cacing Nyale pun kini menjadi momen yang ditunggu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lihat Juga:   River Hill Tawangmangu, Akomodasi Asri Sediakan Paket Inap & Outbound

Tidak cuma menikmati panorama yang disajikan, pelancong juga dapat mencoba bermain sejumlah wahana yang sudah disediakan pihak pengelola Pantai Kuta Mandalika. Jika Anda termasuk pemberani, bisa menjajal bermain banana boat, windsurfer, atau paralayang. Sementara, untuk mereka yang ingin berolahraga tetapi lebih santai, bisa menyewa sepeda sambil berkeliling pantai, dengan biaya berkisar Rp30 ribuan per jam.

Harga Tiket Pantai Kuta Mandalika

Nah, apabila Anda tertarik mengeksplorasi keindahan Pantai Kuta Mandalika, harga tiket masuk kawasan wisata ini ternyata sangat terjangkau. Menurut sejumlah sumber, masuk Pantai Kuta Mandalika tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, jika wisatawan membawa kendaraan pribadi, perlu membayar tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor atau Rp10.000 untuk mobil.

Seperti pantai pada umumnya, wisatawan bebas berkunjung kapan saja ke Pantai Kuta Mandalika alias tidak dibatasi waktu. Umumnya, pelancong akan berbondong-bondong datang pada pagi hingga sore hari, salah satunya untuk menikmati pemandangan terbit dan matahari terbenam. Anda pun bisa datang pada malam hari, tetapi suasana pantai akan cenderung sepi dan tidak ada wahana permainan yang beroperasi.

[1] Irfan, P, dan Apriani. 2017. Analisa Strategi Pengembangan E-Tourism sebagai Promosi Pariwisata di Pulau Lombok. ILKOM Jurnal Ilmiah, Vol. 9(3): 325-330.

[2] Kanom. 2015. Strategi Pengembangan Kuta Lombok sebagai Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Jumpa, Vol. 1(2): 25-42.

[3] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan