Pantai Bangsong, ‘Surga Anyar’ di Malang Selatan




Pantai Bangsong
Pantai Bangsong

Setiap hari, banyak foto-foto baru di Instagram yang menampilkan keindahan -pantai di Kabupaten , bahkan sebagian nama pantainya belum begitu familiar di telinga kita. Kabupaten memang sedang getol-getolnya mengembangkan . Yang terbaru, di awal April 2017, diresmikan tiga baru yang siap untuk Anda jelajahi. -pantai tersebut adalah Teluk Asmoro, Bangsong, dan Mini.

Dari ketiga pantai tersebut, salah satu yang cukup menarik adalah Pantai Bangsong, yang beralamatkan di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya masih berada satu kawasan dengan Pantai Teluk Asmoro. Untuk menjangkaunya, Anda bisa berjalan kaki sekitar 50 meter dari Pantai Teluk Asmoro.

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disuguhi dengan hamparan padang ilalang yang cukup luas. Gradasi warna putih dari bunga, dan warna hijau dari daunnya sangat elok untuk dipandang.

Sama seperti Pantai Teluk Asmoro, pantainya yang baru diresmikan membuat belum banyak orang yang mengetahui keberadaan pantai ini. Walaupun demikian, soal keindahan pantai ini, tak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya yang berada di Kabupaten Malang.

Pantai Bangsong
Pantai Bangsong

Lokasinya yang berada di sebuah teluk membuat ombak di pantai ini cukup tenang, sehingga pantainya sangat cocok untuk dijadikan sebagai berenang berenang. Selain berenang, Pantai Bangsong juga menyediakan beberapa spot foto yang menarik, yang paling recommended adalah berfoto di spot padang ilalang. Jika menginginkan hasil foto yang maksimal, sebaiknya Anda datang ke Pantai Bangsong selama musim hujan, karena ketika musim kemarau, padang ilalangnya tak begitu luas dan sebagian mengering.

Pantai yang dibuka dan dikelola langsung oleh Perhutani ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkemah, karena memiliki lahan datar yang luas. Namun, jika berminat berkemah di pantai ini, Anda harus menyiapkan peralatan sendiri, sebab belum tersedia tempat penyewaan alat-alat camping di sekitar pantai. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan bekal yang cukup, karena di pantai ini belum berdiri warung-warung yang menjual makanan.

Lihat Juga:   Update Harga Paket Wisata dan Penginapan di Grafika Cikole, Lembang

Sebagai sebuah pantai yang baru diresmikan, di Pantai Bangsong kebanyakan memang masih dalam tahap pembangunan. Anda hanya bisa menemui beberapa gazebo yang baru selesai dibangun dan musala yang masih dalam tahap pembangunan. Untuk dasar, seperti mandi, masih belum tersedia, dan menurut pengelola, fasilitas tersebut baru tersedia di akhir tahun 2017.

Jika ingin menggunakan toilet, Anda terlebih dahulu harus berjalan ke sebuah warung yang berada sebelum pintu masuk. Dari pintu masuk menuju pantai, jaraknya sekitar 1 km. Jalan yang harus dilalui masih berupa tanah dan bebatuan. Untuk pengaspalan jalan, direncanakan akhir tahun 2017 baru akan dilakukan.

Dengan segala fasilitasnya yang masih minim, pengelola pantai ini pun belum memungut masuk. Untuk tempat parkir pun masih belum ada, sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga keamanan kendaraan Anda.

Rute ke Pantai Bangsong

Jika ingin berkunjung ke Pantai Bangsong, lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi karena seperti wisata di Kabupaten Malang pada umumnya, belum ada kendaraan umum yang langsung menuju pantai ini. Akan tetapi, jika Anda terpaksa atau menginginkan bepergian ke Pantai Bangsong menggunakan kendaraan umum, ada beberapa rute yang perlu ditempuh.

Dari Kota Malang, Anda bisa menaiki angkot jurusan Gadang/Terminal Hamid Rusdi. Biasanya, angkot yang menuju Gadang memiliki kode huruf G, seperti AG, LG, AJG, GL, atau GA. Sesampainya di Terminal Gadang, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot jurusan Sumbermanjing Wetan dan diteruskan dengan menumpang ojek atau menyewa pick-up menuju Pantai Bangsong. Estimasi perjalanan secara keseluruhan menggunakan angkutan umum ini sekitar 3 jam dari Kota Malang.

Lihat Juga:   Diangkat dari Kisah Nyata Villa Angker di Puncak, ‘Villa 603’ jadi Film Horor Terlaris

Nah, jika menggunakan kendaraan pribadi, ada dua rute yang dapat Anda pilih, yaitu rute Malang-Bantur atau Malang-Sumbermanjing Wetan. Untuk rute Malang-Bantur, jarak yang harus ditempuh lebih jauh, tapi jalur yang dilalui lebih mulus. Sementara, rute Malang-Sumbermanjing memiliki jarak tempuh yang lebih dekat namun dengan kondisi jalan yang bergelombang dan berlubang.

Keindahan Pantai Bangsong
Keindahan Pantai Bangsong

Jika memilih rute Malang-Bantur, dari Kota Malang, Anda bisa mengikuti penunjuk jalan ke arah Kepanjen atau Gondanglegi. Sesampainya di Gondanglegi, ikuti lagi penunjuk jalan menuju Bantur. Setelah itu, ikuti penunjuk jalan menuju Pantai Balekambang. Sesampainya di perempatan JLS (Jalur Lintas Selatan) menuju Pantai Balekambang, belok kiri ke arah Pantai Goa Cina, dan setelah sekitar 20 menit perjalanan, Anda akan menemukan pintu masuk Pantai Teluk Asmoro yang berada di kanan jalan.

Untuk rute melalui Sumbermanjing Wetan, dari Kota Malang, ikuti petunjuk jalan menuju arah Turen. Sesampainya di Turen, ikuti petunjuk arah menuju Pantai Sendang Biru hingga sampai di persimpangan menuju Sendang Biru dan Goa Cina, lalu pilihlah jalan menuju Goa Cina. Setelah sekitar 15 menit perjalanan, Anda akan menemukan pintu gerbang Pantai Teluk Asmoro yang juga merupakan pintu masuk menuju Pantai Bangsong. Satu hal yang harus Anda perhatikan, dari jalur ini, pantainya berada sebelum Panta Goa Cina.

 




Tentang M. Nur Fahmi897 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan