Hotel Kuningan Tegal, Lokasi Strategis Harga Minimalis




Alun-Alun Kota Tegal (sumber: kumparan)

Apakah Anda berencana melakukan perjalanan ke Tegal selama beberapa hari dan mencari penginapan dengan yang ramah di kantong? Jika iya, mungkin Kuningan bisa menjadi alternatif yang menarik bagi Anda. Pasalnya, meskipun mematok harga sewa yang sangat hemat, fasilitas yang disediakan ini lumayan memadai, pas untuk sekadar beristirahat atau .

Jika mendengar Tegal, mungkin yang langsung terngiang adalah sebuah daerah yang sering disebut dengan bahasa ngapak. Sebenarnya, warga Tegal menggunakan bahasa Jawa ketika berbicara. Namun, karena aksen pelafalan huruf k, g, dan b sangat jelas, maka terdengar sedikit berbeda dengan bahasa Jawa pada umumnya.  Selain itu, pada bahasa ngapak ini, tidak mengenal hirarki bahasa, sehingga tidak ada bahasa krama seperti yang ada pada bahasa Jawa.

Sebenarnya, tidak hanya memiliki dialek bahasa yang unik, Tegal juga punya sejumlah spot wisata yang oke, yang mungkin bisa Anda jadikan referensi tempat liburan. Salah satu, dan mungkin paling populer, adalah Pemandian Air Panas Guci. Terletak di kaki Gunung Slamet dan menempati lahan sekitar 210 hektar, seperti namanya, daya tarik utama Pemandian Air Panas Guci tentu saja kolam air panasnya, selain ada pula Bukit Perkasa, agrowisata, Curug Jedor, dan Curug Kembar.[1]

Kepopuleran pemandian air panas ini sudah terbukti bukan hanya dari angka kunjungan yang terus meningkat, melainkan juga sejumlah penghargaan yang diraih. Pada tahun 2014 silam, Pemandian Air Panas Guci sempat mendapatkan penghargaan dari Dinas Kebudayaan Pariwisata , dengan indikator penilaian termasuk aspek manajemen, sarana dan prasarana, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan jumlah pengunjung.[2]

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Murah di Rawamangun, Jakarta Timur

Fasilitas dan Hotel Kuningan Tegal

Ilustrasi: kamar losmen (sumber: traveloka)
Ilustrasi: kamar (sumber: traveloka)

Untuk menarik kedatangan lebih banyak turis, Tegal juga sudah didukung fasilitas yang memadai, termasuk penginapan. Tidak sulit menemukan tempat menginap di kawasan ini karena sudah menyebar di berbagai sudut dan hadir dalam berbagai tipe. Namun, jika Anda membutuhkan akomodasi yang menawarkan tarif sewa kamar yang murah, mungkin Anda dapat meluncur langsung ke Hotel Kuningan.

Hotel Kuningan dapat Anda temukan di Jalan Brigjen Katamso No. 31, Kota Tegal. Di yang sama, sebenarnya ada juga penginapan bernama Karlita Hotel Tegal. Tidak ada informasi yang pasti apakah dua penginapan ini merupakan nama yang sama atau berbeda. Namun, menurut sejumlah sumber, keduanya adalah akomodasi yang berbeda. Karlita Hotel adalah hotel berbintang tiga, sedangkan Hotel Kuningan sebenarnya penginapan sekelas losmen.

Terlepas dari keambiguan tersebut, beberapa referensi mengatakan bahwa Hotel atau Losmen Kuningan merupakan salah satu tempat bermalam yang menawarkan harga sewa sangat murah. Jika wisatawan ingin menginap di tempat ini, cukup membayar tarif sewa sebesar Rp40 ribu hingga Rp200 ribuan per malam per kamar. Tentu saja harga sewa tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Sesuai dengan kelas (dan juga harganya), fasilitas yang disediakan Hotel Kuningan memang dapat dikatakan sangat standar. Jangan berharap dapat menikmati atau restoran. Di sini, Anda hanya akan menemukan kamar-kamar (sekitar 12 unit) dengan ranjang serta kipas angin atau AC. Ada pula kamar mandi dalam di beberapa unit kamar. Untuk informasi lebih detail atau melakukan reservasi, Anda dapat menghubungi nomor telepon (0283) 350711.

Lihat Juga:   Info Lengkap Alamat & Tarif Penginapan di Sekitar Kawah Ijen

Tarif Karlita Hotel Tegal

Karlita Hotel Tegal (sumber: traveloka)
Karlita Hotel Tegal (sumber: traveloka)

Lalu, bagaimana dengan Karlita Hotel yang kabarnya menempati lokasi yang sama? Berjarak sekitar 1,27 km menuju Alun-Alun Tegal dan 2,11 km menuju Rita Park Tegal, ini adalah akomodasi tipe bintang tiga yang tentu saja sudah didukung fasilitas lebih mentereng. Saat menginap di tempat ini, wisatawan dapat menikmati kamar-kamar yang luas, akses Wi-Fi dan sarapan gratis, kolam renang, diskotik, ruang meeting berdaya tampung mulai 100 orang, hingga tempat parkir yang luas.

Dikutip dari salah satu online agent, Superior King Room di tempat ini disewakan dengan biaya Rp369.000 per malam (tanpa sarapan) hingga Rp500.000 per malam (dengan sarapan). Sementara, tarif Deluxe King Room dengan sarapan mulai Rp550.000 per malam, demikian juga harga sewa Deluxe Twin Room. Nah, apabila Anda tertarik singgah, bisa memesan lewat situs booking online atau nomor telepon (0283) 358050.

[1] Iksan, M. 2018. Pengembangan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci terhadap Kunjungan Wisatawan di Tegal Jawa Tengah (Domestic Case Study). Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta.

[2] Suyadi. 2015. Pengaruh Program Sapta Pesona terhadap Peningkatan Pengunjung Obyek Wisata Guci Tegal. Jurnal Utilitas, Vol. 1(2): 157-169.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan