Ketentuan dan Biaya Bagasi Air Asia




Air Asia - onemileatatime.com

Sebelum memutuskan untuk bepergian dengan naik pesawat, sebagian besar orang akan mempertimbangkan harga tiket pesawat dan juga kapasitas bagasi yang disediakan oleh setiap maskapai penerbangan. Setiap maskapai, termasuk Garuda Indonesia, Air Asia, Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan lain-lain memiliki ketentuan bagasi sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Ketika memutuskan untuk bepergian bersama pesawat terbang, sudah pasti Anda akan membawa barang-barang yang Anda butuhkan selama berada di tempat yang Anda tuju. Sebagian barang Anda masukkan ke bagasi saat check-in, dan sebagian barang lagi pasti ada yang ingin Anda bawa masuk ke kabin pesawat, seperti tas laptop atau tas jinjing yang berisi dompet, ponsel, dan paspor.

Umumnya, barang-barang yang boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat adalah satu buah tas untuk diletakkan di bagasi kabin yang berisi barang-barang tidak berbahaya dan satu buah barang pribadi lain yang berukuran kecil dengan berat maksimal 7 kg (jika digabungkan). Barang berukuran kecil yang boleh dibawa antara lain tas tangan atau dompet, buku saku, laptop, kamera kecil, bayi atau dengan diet khusus, payung, tongkat, serta barang bebas pajak.

Masing-masing maskapai sendiri memiliki ketentuan mengenai bagasi penumpang. Maskapai Air Asia misalnya, punya peraturan mengenai apa-apa saja yang termasuk bagasi kabin yang bisa dimasukkan ke dalam pesawat dan apa yang tidak. Nah, berikut ketentuan bagasi dari maskapai Air Asia yang kami rangkum dari situs resmi maskapai yang bersangkutan.

Air Asia - asia.nikkei.com
Air Asia – asia.nikkei.com

Ketentuan Bagasi Kabin Air Asia

  • Semua penumpang (kecuali bayi) diperbolehkan membawa dua bagasi kabin ke dalam pesawat yang terdiri dari satu bagasi kabin (tidak boleh melebihi ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm dan harus muat dalam ruang penyimpanan di atas kepala di kabin pesawat) dan satu tas laptop atau satu tas tangan atau satu tas kecil (tidak boleh melebihi ukuran 40 cm x 30 cm x 10 cm) dan harus muat di bawah kursi di depan penumpang).
  • Berat gabungan kedua barang tidak boleh melebihi 7 kg.
  • Beberapa barang yang diikat atau dibungkus menjadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin.
  • Smart baggage atau bagasi pintar diperbolehkan untuk menjadi bagasi kabin dengan memenuhi persyaratan seperti baterai harus dilepaskan dan baterai harus disimpan dalam tas perlindungan, kapasitas baterai tidak boleh lebih dari 160 Watt-hours, pastikan Wi-Fi atau Bluetooth atau GPS telah dimatikan, dan maksimal dua baterai cadangan diperbolehkan dalam bagasi kabin (tergantung ketentuan masing-masing negara).
  • Bayi berusia kurang dari dua tahun tidak mendapatkan jatah bagasi kabin. Sementara, anak-anak berumur dua tahun ke atas akan mendapatkan jatah bagasi kabin yang sama seperti yang disebutkan di atas.
  • bayi pock it atau lipat bayi diperbolehkan sebagai bagasi kabin selama ukurannya tidak melebihi aturan bagasi kabin maskapai.
  • Semua barang yang dibeli di akan termasuk dalam jatah bagasi kabin.
Lihat Juga:   Info Villa Murah di Puncak dengan Harga Sewa di Bawah Rp 1 Juta

Ketentuan Bagasi Terdaftar Air Asia

  • Jika penumpang membawa lebih banyak barang, maka pihak Air Asia memiliki pilihan jatah bagasi terdaftar untuk pra-pesanan penumpang, dengan dikenakan bagasi terdaftar.
  • Opsi untuk bagasi terdaftar di maskapai ini adalah 15 kg (hanya tersedia untuk penerbangan rute domestik), 20 kg, 20 kg, 30 kg, dan 40 kg.
  • Jika Anda terbang ke atau dari Amerika Serikat, jatah bagasi tersedia untuk pra-pesan dengan jumlah barang 1 bagasi dengan berat maksimal 20 kg atau 2 bagasi dengan berat maksimal 20 kg setiap barang.
  • Jika penumpang telah membeli Paket Hemat atau terbang dengan Premium Flex atau Premium Flatbed, maka jatah bagasi terdaftar sudah termasuk dalam atau tiket penerbangan.
  • Biaya bagasi terdaftar adalah paling di awal pembelian penerbangan. Calon penumpang dapat membuat pra-pesan nanti melalui akun Anggota BIG atau pada saat melakukan check-in web dengan normal. Sementara, biaya bagasi di bandara adalah yang paling mahal, sehingga calon penumpang disarankan untuk membuat pra-pesan untuk bagasi terdaftar mereka terlebih dahulu.
  • Penumpang boleh membawa jatah bagasi tambahan secara online atau di bandara. Jika Anda ingin menambah jatah bagasi terdaftar dari 20 kg menjadi 25 kg atau lebih, Anda bisa melakukannya melalui situs resmi Air Asia, Live Chat, atau melalui Call Centre perusahaan atau bahkan di counter check-in bandara paling lambat empat jam sebelum waktu keberangkatan terjadwal.
  • Setiap penumpang bisa membeli hingga 40 kg per arah, per penumpang. Jika Anda membawa bagasi terdaftar seberat 40 kg atau lebih, perusahaan menyarankan agar berat setiap bagasi terdaftar tidak lebih dari 32 kg.
  • Setiap penumpang yang membawa lebih dari jatah bagasi perorangan akan dikenakan biaya kelebihan bagasi dengan harga yang berlaku pada hari keberangkatan. Biaya kelebihan bagasi dihitung dan dibayar dalam mata uang negara keberangkatan.
  • Menggabungkan atau berbagi jatah bagasi hanya diperbolehkan untuk mereka yang terdaftar dalam jadwal (nomor pembelian) yang sama dan mendaftarkan bagasi/check-in bersama.
  • Kereta dorong bayi dapat dibawa tanpa biaya sebagai bagasi terdaftar jika digunakan oleh anak atau bayi. Jika tidak, maka Anda harus membeli jatah bagasi terdaftar.
Lihat Juga:   Punya Banyak Spot Wisata Keren, Ini Biaya Menyeberang ke Nusa Penida

Biaya Bagasi Terdaftar Air Asia

Biaya bagasi terdaftar Air Asia bervariasi, tergantung kapasitas bagasi penumpang serta rute penerbangan penumpang. Berikut kami sajikan biaya bagasi terdaftar Air Asia untuk penerbangan dari menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

Air Asia - www.bloomberg.com
Air Asia – www.bloomberg.com
BagasiBiaya
Saat Pemesanan AwalSetelah Pemesanan Awal
20 kgRp210.000Rp241.500
35 kgRp220.500Rp252.000
30 kgRp420.000Rp483.000
40 kgRp609.000Rp703.500

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi Call Centre Air Asia di nomor telepon (021) 2927 0999 atau nomor HP 0804 1333 333 selama 24 jam mulai Senin hingga Minggu. Selain itu, Anda juga bisa bertanya langsung via media sosial Air Asia di Twitter @AirAsiaSupport dan Facebook di AirAsia Support.




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*