Jadwal dan Harga Tiket Kapal ke Pulau Pari




Pulau Pari tampak dari ketinggian (sumber: daftartour.com)
Pulau Pari tampak dari ketinggian (sumber: daftartour.com)

Anda mungkin belum terlalu familiar dengan Pulau Pari. Ini adalah salah satu pulau yang berada di Kepulauan Seribu yang punya pasir putih yang indah dan suasana yang tenang. Akses menuju pulau tersebut juga relatif mudah karena tersedia penyeberangan yang akan mengantarakan Anda ke sana, dengan jadwal pemberangkatan setiap hari.

Pesona Pulau Pari

Sebelum membahas mengenai jadwal kapal, tidak ada salahnya jika kita sedikit mengulik mengenai pesona Pulau Pari. Ini adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini terletak di tengah gugusan pulau yang berderet dari selatan ke utara perairan Jakarta. Dengan pantainya yang berpasir putih dan berair bening kehijauan, Pulau Pari menjadi salah satu andalan di Kepulauan Seribu.

Pulau Pari sendiri adalah pulau yang indah dan eksotis, karena memiliki Pantai Pasir Perawan yang memukau untuk Anda kunjungi. Pantai Pasir Perawan ini punya air yang jernih dan gradasi hijau-biru yang sangat menawan. Selain itu, ada Dermaga Bukit Matahari, yang biasanya dijadikan tempat untuk hunting foto sempurna pada saat sunrise.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika berlibur ke Pulau Pari, antara lain snorkeling, diving, berenang di pinggir pantai, atau berfoto-foto ria dengan pemandangan laut yang biru dan jernih. Namun bagi Anda yang snorkeling atau diving di Pulau Pari, perlu berhati-hati, sebab sesuai dengan namanya, Pulau Pari merupakan habitat asli dari ikan pari yang ada di Indonesia.

Pesona Pulau Pari (sumber: paradisotravelling.com)
Pesona Pulau Pari (sumber: paradisotravelling.com)

di Pulau Pari

Untuk sarana menginap, di Pulau Pari sudah tersedia banyak tempat untuk bermalam. Namun, akomodasi di tempat ini bukan hotel, melainkan kebanyakan yang tidak lain merupakan rumah penduduk setempat yang disulap menjadi penginapan. Meski demikian, yang disediakan bisa dibilang cukup memadai, seperti TV, AC, ranjang, hingga lemari es dan dispenser.

Umumnya berkapasitas enam hingga 10 orang, homestay-homestay tersebut mematok tarif menginap mulai Rp400 ribu hingga Rp800 ribuan per malam. Beberapa nama yang dapat Anda jadikan referensi bermalam antara lain Guerilla Dive Homestay Pulau Pari, Anggah Homestay, Fungia Homestay, Homestay AMRI, Pari Solata Seaview, The Blues Homestay, Penginapan Mutiara Laut, Pesona Homestay, Homestay Aditya, hingga Homestay Pak Beno.

Kapal ke Pulau Pari

Nah, apabila Anda berminat untuk ke Pulau Pari, Anda bisa menumpang kapal menuju ke sana. Biasanya, kapal menuju Pulau Pari bertolak dari Pelabuhan Muara Angke (Muara Angke Port) yang terletak di Jalan Dermaga Ujung, Jakarta Utara. Untuk menuju pelabuhan ini, Anda dapat menggunakan transportasi publik, seperti bus KRL lalu turun di Stasiun Jakarta , kemudian naik bus TransJakarta rute Muara Angke. Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan jasa ojek online.

Kapal berlabuh di Pulau Pari (sumber: fantastrip.id)Pulau, Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, jadwal, kapal, penyeberangan, pelabuhan, harga, tiket, Dinas Perhubungan, rute, wisata, paket, tur, tarif, peron, jalur, penginapan, homestay
Kapal berlabuh di Pulau Pari (sumber: fantastrip.id)

Setidaknya, ada dua tipe kapal yang disediakan untuk melayani rute Muara Angke menuju Pulau Pari, yakni kapal kayu dan kapal milik Dinas Perhubungan. Jika Anda ingin lebih aman dan nyaman, memang sangat disarankan untuk menumpang kapal milik Dinas Perhubungan karena menggunakan jenis kapal fiber dan memang dirancang khusus untuk penyeberangan antar-pulau. Bahkan, fasilitas kapal ini pun relatif lengkap, disesuaikan dengan jumlah seat atau bangku penumpang.

Berdasarkan SK Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta No. 63 tahun 2019, saat ini setidaknya ada tiga lintasan utama angkutan perairan Provinsi DKI Jakarta yang melayani rute Kepulauan Seribu. Ketiga lintasan tersebut adalah:

  • Lintasan Utama Jalur 1, yakni Kaliadem Muara Angke – Pulau Untung Jawa – Pulau Lancang – Pulau Tidung (PP).
  • Lintasan Utama Jalur 2, yakni Kaliadem Muara Angke – Pulau Untung Jawa – Pulau Pari – Pulau Pramuka (PP).
  • Lintasan Utama Jalur 3, yakni Kaliadem Muara Angke -Pulau Kelapa – Pulau Sabira (PP).

Dari info di atas, dapat diketahui jika Anda hendak menuju ke Pulau Pari, maka Anda harus menggunakan jalur kapal kedua, yakni Jalur Muara Angke – Pulau Untung Jawa – Pulau Pari – Pulau Pramuka. Jadi, jangan sampai salah naik kapal karena masing-masing kapal memiliki rute dan jalur berbeda-beda.

Jadwal Kapal ke Pulau Pari

Jenis KapalJadwal Keberangkatan
Kapal Kayu08.000 WIB (setiap hari)
Kapal Dinas PerhubunganSesi Pertama : 09.00 WIB (setiap hari)
Sesi Kedua : 10.00 WIB (setiap hari)
Perjalanan kapal menuju Pulau Pari (sumber: kelantara.id)
Perjalanan kapal menuju Pulau Pari (sumber: kelantara.id)

Bagi Anda yang ingin membeli resmi kapal milik Dinas Perhubungan, Anda hanya tinggal datang ke Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke dan mengantre di loket yang sudah ada. Jadwal loket khusus kapal Dinas Perhubungan akan mulai dibuka pukul 08.00 pagi. Meski mulai dibuka pukul 08.00, namun Anda harus antre, sehingga disarankan datang ke pelabuhan lebih awal karena banyak sekali orang atau yang akan menyeberang.

Harga Tiket Kapal ke Pulau Pari

RuteHarga Tiket Kapal
Muara Angke – Pulau Untung Jawa – Pulau Pari – Pulau Pramuka – Pulau TidungRp44.000 per orang
Muara Angke – Pulau Lancang – Pulau Payung – Pulau TidungRp54.000 per orang
Muara Angke – Pulau Kelapa – Pulau Sabira Rp74.000 per orang
  • Harga tiket kapal tersebut sudah termasuk tarif peron sebesar Rp2 ribu dan asuransi sebesar Rp2 ribu per orang.

Paket ke Pulau Pari

Apabila Anda tidak ingin susah-susah mengurus perjalanan, Anda bisa memilih mengikuti tur ke Pulau Pari. Harga paket bervariasi, mulai Rp330 ribuan untuk peserta minimal 20 orang, Rp350 ribuan untuk peserta minimal 10 orang, Rp370 ribuan untuk peserta minimal 9 orang, Rp390 ribuan untuk peserta minimal 8 orang, hingga Rp560 ribuan untuk peserta minimal 4 orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket kapal PP, asuransi, welcome drink, penginapan, makan 3 kali, barbeque, guide, serta dokumentasi.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Alam Terbaik di Brastagi




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan