Wisma Sri Pinang, Akomodasi Low Budget View Laut di Tanjungpinang

Ilustrasi: akomodasi liburan

Anda mungkin perlu sesekali berkunjung ke Kota Tanjungpinang. Pasalnya, ibukota Provinsi Kepulauan Riau tersebut memiliki banyak objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, kota ini juga telah didukung dengan fasilitas pariwisata yang komplet, termasuk penginapan. Nah, bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, salah satu akomodasi murah yang bisa dipilih adalah Sri Pinang.

Namun, sebelum membahas mengenai Wisma Sri Pinang, tidak ada salahnya kita kupas sedikit mengenai Tanjungpinang. Kota Tanjungpinang, seperti diuraikan di atas, adalah ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini berada di Pulau Bintan dan beberapa pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat. Dulunya, kota ini sempat menjadi ibukota Provinsi Riau (daratan dan kepulauan) sebelum kemudian dipindahkan ke Kota Pekanbaru.

Dijuluki sebagai Kota Gurindam dan sebagai tempat cikal bakal lahirnya bahasa Indonesia, yaitu bahasa Melayu, Kota Tanjungpinang memang memiliki keunikan tersendiri. Selain sebagai ibukota Provinsi Kepulauan Riua, kota ini juga sekaligus perbatasan antara dua negara tetangga. Di kota inilah terdapat Pelabuhan Sri Bintan Pura, yang menyediakan kapal feri dan feri cepat menuju Singapura dan Malaysia.

Sementara, objek wisata yang ditawarkan pun tidak kalah oke. Anda bisa berkunjung ke Trikora, yang berada sekitar 45 km dari pusat kota. Terbagi menjadi empat bagian, yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, dan Trikora 4, objek wisata ini menawarkan panorama elok, air yang jernih, fasilitas komplet, serta mewah untuk menginap.

Masih berbau-bau pantai, Anda pun bisa rekreasi ke Tepi Laut. Dinamakan demikian karena tempat ini memang berada di pinggir pantai, memanjang hingga melewati empat ruas jalan besar. Tepi Laut berada di Tanjungpinang, menyuguhkan pemandangan Selat Riau, Pulau Penyengat, Kampung Bungis, dan beberapa pulau lain di sekitarnya.

Tepi Laut, objek wisata di Tanjung Pinang (sumber: tanjungpinang.info)

Tepi Laut, objek wisata di Tanjung Pinang (sumber: tanjungpinang.info)

Nah, apabila Anda ingin mengunjungi tempat kelahiran bahasa Indonesia, Anda bisa menuju ke Pulau Penyengat. Terletak sekitar 2 km dari Kota Tanjungpinang, wisatawan bakal menemukan berbagai objek wisata keren di pulau ini, seperti Monumen Bahasa Melayu dan Balai Adat Melayu. Pulau dengan ukuran panjang 2.000 meter dan lebar 850 meter ini sendiri telah didaftarkan sebagai calon Situs Warisan Dunia UNESCO.

Lihat Juga:   Biaya dan Rute Wisata ke Taman Nasional Ujung Kulon

Sementara, bagi Anda yang bosan dengan wisata air dan lebih suka wisata religi, Anda bisa berkunjung ke masjid-masjid elok di Tanjungpinang. Masjid Raya Sultan Riau misalnya, yang menjadikan putih telur sebagai salah satu material penyusun dinding. Selain itu, ada juga Masjid Pink dengan warna dominan merah muda dan Masjid Raya Dompak yang punya menara tinggi menjulang sehingga sudah terlihat dari kejauhan.

Apabila Anda ingin berwisata danau, di Tanjungpinang ada dua danau keren yang wajib Anda kunjungi. Pertama adalah danau berwarna biru di Bukit Panglong, dengan kedalaman sekitar 50 meter. Kemudian, yang kedua adalah Danau Biru Bintang di area pertambangan pasir di Pulau Bintan, yang punya pesona layaknya Danau Kaolin di Bangka, atau bahkan seperti Blue Lagoon di Islandia.

Fasilitas dan Wisma Sri Pinang

Nah, seperti diuraikan di atas, wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang tidak perlu khawatir mengenai tempat menginap. Pasalnya, di kawasan ini, Anda bisa menemukan beragam tipe yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan bujet. Jika anggaran wisata Anda cenderung terbatas, salah satu opsi menarik yang bisa dituju adalah Wisma Sri Pinang.

Lokasi Wisma Sri Pinang, Tanjung Pinang

Wisma Sri Pinang, Tanjung Pinang

Wisma Sri Pinang beralamat di Jalan Pelantar I No. 17, Teluk Bintan, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Akomodasi ini merupakan salah satu pilihan menarik bagi wisatawan dengan bujet terbatas. Meski punya tarif yang cukup terjangkau, namun fasilitas yang disediakan pengelola sudah memadai. Selain itu, lokasi Wisma Sri Pinang juga cukup strategis karena terletak tidak jauh dari pelabuhan.

Lihat Juga:   Villa All New Cappuccino, Homestay Tiga Kamar Hemat & Dekat Batu Secret Zoo

Jika Anda browsing di situs pencarian Google, memang tidak banyak ditemukan ulasan yang membahas Wisma Sri Pinang. Namun, berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh penulis, akomodasi ini hadir dengan bangunan yang cukup sederhana. Meski demikian, kesan modern kental terasa ketika Anda menginjakkan kaki di tempat ini. Didominasi warna cokelat dan krem, bagian lobi hadir cukup lapang dan bersih, sedangkan -kamarnya berukuran cukup luas.

Menurut ulasan para tamu yang pernah bermalam, Wisma Sri Pinang dikatakan sebagai akomodasi yang berlokasi dekat dengan pelabuhan penyeberangan, taman Tepi Laut, dan penyeberangan ke Pulau Penyengat. Bagian belakang penginapan menyajikan pemandangan laut, namun agak kurang bagus karena banyaknya kapal yang bersandar.

Meja resepsionis Wisma Sri Pinang

Meja resepsionis Wisma Sri Pinang

Untuk memberikan kenyamanan kepada para tamu yang bermalam, pengelola sudah membekali Wisma Sri Pinang dengan fasilitas yang cukup komplet. Ketika menginap, pelancong akan mendapatkan sarapan (nasi goreng, lontong sayur, atau roti bakar) dan teh atau kopi. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati akses Wi-Fi gratis yang diklaim lumayan kencang, tempat parkir, serta pelayanan resepsionis yang ramah selama 24 jam.

Sementara, untuk kamarnya, pengelola setidaknya sudah menyiapkan 24 unit kamar. Kamar-kamar di tempat ini berukuran cukup lapang dan bersih. Di dalam kamar, wisatawan bisa menemukan AC, kamar mandi pribadi, ranjang yang nyaman, meja dan kursi, cermin hias, hingga televisi (walau masih model tabung atau model lama).

Lalu, berapa sewa jika ingin menginap di tempat ini? Walaupun punya fasilitas komplet, namun tarif sewa Wisma Sri Pinang ternyata cukup terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar harga mulai Rp100 ribu sampai Rp220 ribuan per malam, tergantung tipe kamar yang dipilih. Untuk informasi lebih lengkap atau melakukan , Anda bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi nomor telepon (0771) 21195.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>