Info Penginapan, Harga Tiket Masuk, & Flying Fox di Green Village Gedangsari




Flying Fox Green Village Gedangsari - (Youtube: ARI AREK channel)

Kidul memang memiliki banyak potensi wisata menarik selain pantai. Salah satunya seperti wisata Green Village Gedangsari yang terletak di alamat Dusun Guyangan, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Kidul, Yogyakarta, 55863, Indonesia. nge-hits di Gunungkidul ini buka setiap hari mulai jam 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Untuk masuk ke kawasan Green Village Gedangsari kabarnya tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis. Namun Anda hanya dikenai parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor atau Rp 5.000 untuk mobil.

Selain menawarkan panorama pegunungan yang luar biasa memanjakan mata, Green Village Gedangsari alias GVG terkenal akan wahana flying fox-nya yang disebut-sebut terpanjang ke-2 di Asia Tenggara setelah wisata alam Tretes Treetop Jawa Timur (750 meter). Bagaimana tidak? Panjang lintasan flying fox di Green Village Gedangsari mencapai 625 meter jauhnya. Anda tentu akan merasa seolah seperti sedang terbang ketika meluncur dari atas ketinggian.

Tak perlu khawatir, sebab kabarnya wahana flying fox di Green Village Gedangsari sudah dilengkapi penangkal petir khusus supaya tetap mengedepankan unsur keamanan dan keselamatan saat cuaca sedang kurang baik. Kemudian untuk teknologi flying fox-nya mengadaptasi yang ada di Perancis, sedangkan talinya diimpor langsung dari Inggris.

Apabila nyali Anda tidak terlalu besar untuk menjajal aktivitas menantang adrenaline seperti flying fox, Anda tak perlu berkecil hati. Sebab ada banyak spot yang menarik untuk Anda nikmati di Green Village Gedangsari, misalnya saja sekadar berfoto selfie di sejumlah spot-spot foto unik, atau duduk bersantai sembari merasakan hawa sejuk khas pegunungan di gazebo-gazebo yang telah disediakan.

Anda yang ingin menjelajahi keseluruhan area Green Village Gedangsari juga tak perlu repot-repot trekking melalui jalan terjal berliku, sebab di Green Village Gedangsari sudah dibangun banyak anak tangga yang memungkinkan Anda mengelilingi seluruh area Green Village Gedangsari dengan mudah. Tapi jangan lupa membawa air minum agar tidak kehausan ketika menyusuri anak tangga tersebut.

Lihat Juga:   Sumber Sira, Lokasi Foto Bawah Air Terbaik di Kabupaten Malang
Green Village Gedangsari - pengendolan.com
Green Village Gedangsari – pengendolan.com

Yang patut Anda ketahui, Green Village Gedangsari juga kabarnya merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunrise (matahari terbit) atau sunset (matahari terbenam) loh! Jadi jika ke sana saat sore hari, sebaiknya pastikan untuk tidak melewatkan pemandangan matahari terbenam yang benar-benar cantik dengan rona jingga yang menghiasi sekeliling kawasan Green Village Gedangsari. Pengalaman itu tentunya bakal jadi hal yang tak akan terlupakan.

Urusan , rupanya Green Village Gedangsari sudah ditunjang sejumlah sarana yang cukup memadai seperti toilet, musala, area parkir kendaraan, hingga warung makanan bagi Anda yang kelaparan dan hendak mengisi perut.

Rute Menuju Green Village Gedangsari

Untuk bepergian ke Green Village Gedangsari, Anda bisa melalui 2 pilihan rute, yakni dari Kota atau dari Klaten. Jika dari pusat Kota Yogyakarta, Anda tinggal mengikuti Jalan -Wonosari sampai di pertigaan Sambipitu. Lalu dari pertigaan silakan ambil kiri jalan menuju arah Gedangsari. Arahkan kendaraan Anda lurus saja ke utara hingga menemukan pertigaan lagi dengan papan petunjuk arah Gedangsari, ambil kiri jalan sesuai dengan petunjuk.

Apabila sudah sampai di dekat kantor Kecamatan Gedangsari, Anda tinggal mengikuti jalan menuju Desa Mertulu. Sesampainya di sana, Anda dapat bertanya ke warga sekitar agar diberi petunjuk menuju Green Village Gedangsari. Perlu diingat pula, jalur menuju Green Village Gedangsari via Sambipitu ini biasanya cukup padat di pertigaan Gading pada saat hari libur panjang.

Jika Anda ogah bergelut dengan kemacetan lalu lintas, Anda bisa melewati rute Siyono yang dilanjutkan dengan melalui daerah Wonosari, dilanjutkan ke arah Nglipar dan terakhir sampai di Gedangsari. Tapi Anda patut waspada, sebab jalur ini cukup menanjak dan kabarnya ada beberapa tikungan tajam serta turunan. Pastikan kendaraan berada dalam kondisi yang prima.

Lihat Juga:   Tempat Pemandian Air Panas di Garut yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur

Nah, bila Anda berangkat dari Klaten, silakan ikuti saja Jalan Raya Jogja-Solo sampai menemukan papan petunjuk arah menuju Wedi. Dari situ Anda bisa berkendara ke arah selatan menuju kawasan Gantiwarno. Bila sudah sampai di Gantiwarno, lurus saja ke selatan sampai di jalan menanjak arah Desa Watugajah. Dari Desa Watugajah, lanjutkan perjalan menuju timur ke Green Village Gedangsari.

Tiket Flying Fox Green Village Gedangsari

Sebelumnya harga tiket untuk menikmati fasilitas flying fox sejauh 625 meter di Green Village Gedangsari dibanderol Rp 150 ribu per orang. Namun sejak Mei 2018 lalu kabarnya tiket flying fox mengalami kenaikan menjadi Rp 250 ribu per orang, baik untuk domestik maupun mancanegara.

Penginapan & Warung Makan Mbak Yanti - @Mandiri Elektro
Penginapan & Warung Makan Mbak Yanti – @Mandiri Elektro

Tak perlu khawatir dengan standar keamanan flying fox di Green Village Gedangsari, pasalnya peralatan flying fox di sana kabarnya sudah sesuai dengan standar internasional, sehingga dijamin aman dan sudah dilindungi dengan jaminan asuransi kecelakaan bekerja sama dengan MNC Insurance.

di Green Village Gedangsari

Karena merupakan kawasan perbukitan, kabarnya di sekitar wisata Green Village Gedangsari masih belum tersedia penginapan. Para wisatawan yang hendak berkunjung ke Green Village Gedangsari biasanya memutuskan untuk mencari penginapan terdekat yang ada di Kota Klaten atau Yogyakarta.

Di Kabupaten Klaten ada beberapa pilihan penginapan sederhana yang mungkin bisa Anda pertimbangkan, misalnya saja di kawasan Jalan Paseban seperti Penginapan Bu Darsi, Penginapan & Warung Makan Mbak Yanti, Penginapan Bu Tris, atau sebagainya. Sayangnya tak banyak informasi yang bisa didapat mengenai tarif atau harga untuk menginap per malam di penginapan-penginapan tersebut.




Tentang Dian Kartika1112 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan