Info Lokasi, Harga Tiket, & Cara Menuju Wisata Kereta Gantung Langkawi




Wisata Kereta Gantung Langkawi - perjalanandunia.com
Wisata Kereta Gantung Langkawi - perjalanandunia.com

Jalan-jalan ke Malaysia rasanya belum lengkap jika Anda tidak mampir menikmati keindahan dan eksotisme dari Pulau Langkawi. Pulau satu ini dikenal mempunyai panorama alam yang memang memikat, berpadu dengan pengembangan wisata yang memang sudah sedemikian maju. Pada ketinggian 709 meter di atas permukaan , naik gantung ke puncak tertinggi kedua di Langkawi tampaknya tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Kereta gantung Langkawi alias Langkawi SkyCab resmi dibuka untuk umum sejak tanggal 1 November 2002 silam. Langkawi SkyCab berlokasi di Oriental Village, Burau Bay, Langkawi, Malaysia. Kereta Gantung Langkawi terletak di pantai barat daya pulau utama. Anda bisa mencapai Kereta Gantung Langkawi sekitar 30 menit berkendara dari Kuah dan hanya 15 menit saja jika ditempuh dari Bandara Internasional Langkawi.

Cara paling mudah untuk pergi ke Kereta Gantung Langkawi adalah dengan naik taksi jika memang Anda membutuhkan kendaraan umum. Sayangnya tidak ada moda transportasi bus sama sekali di Pulau Langkawi. Oleh sebab itu, Anda lebih disarankan menyewa mobil atau sepeda motor, agar lebih mudah bagi Anda saat hendak mengeksplor Pulau Langkawi secara keseluruhan sesuai dengan kehendak hati Anda.

Pembangunan objek wisata yang megah ini membutuhkan waktu sekitar 1 tahun 6 bulan. Adapun panjang lintasan kereta gantung dari base station menuju top station mencapai 4.400 meter. Sayangnya, untuk naik dalam gondola tersebut ternyata para pengunjung tidak diperkirakan membawa makanan dan minuman apapun. Meski demikian, pihak pengelola menyediakan tempat penyimpanan di area tunggu bagi para pengunjung yang ingin menyimpan makanan atau minumannya.

Bagi pengunjung difabel atau yang menggunakan kursi roda pun tak perlu berkecil hati, pasalnya Langkawi SkyCab ternyata juga bisa dinaiki oleh para pengunjung pengguna kursi roda. Pihak Customer Service Assistant bahkan bersedia untuk membantu penumpang berkursi roda untuk naik ke dalam gondola dan juga mengurangi kecepatan cable car demi menjamin kenyamanan dan keselamatan Anda.

Wisata Kereta Gantung Langkawi - banjarmasin.tribunnews.com
Wisata Kereta Gantung Langkawi – banjarmasin.tribunnews.com

Langkawi SkyCab beroperasi secara normal setiap hari kerja (weekday) dan akhir pekan (weekend) sejak pukul 09.30 sampai jam 19.00 waktu setempat. Selama libur sekolah dan libur nasional, jadwal operasi Langkawi SkyCab kabarnya akan dimulai lebih awal dari biasanya. Tetapi Langkawi SkyCab akan ditutup untuk pemeliharaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Sensasi naik Kereta Gantung Langkawi ini memang unik dan luar biasa. Selama 20 menit perjalanan, Anda akan melewati yang berada di tengah hutan dan hamparan tebal hutan tropis yang masih belum tersentuh. Ketika cuaca sedang cerah, Anda juga bisa melihat negara tetangga seperti Thailand di sisi utara dan Indonesia di sebelah barat daya.

Perjalanan yang ditempuh dengan kemiringan 42 derajat sepanjang 2,2 km dari stasiun awal menuju stasiun kedua yang terletak di puncak gunung memang cukup menantang. Tetapi saat berada di puncak, Anda bisa melihat langsung jembatan layang dengan pemandangan Langkawi yang memukau.

Harga Tiket Kereta Gantung Langkawi

SkyCab alias kereta gantung Langkawi tersedia dalam beberapa pilihan, yakni Normal Gondola, Bottom Glass Gondola, VIP Gondola, hingga Private Gondola. Adapun untuk menjajal Normal Gondola dikenai sebesar RM 40 atau sekitar Rp 137 ribuan untuk dewasa dan RM 30 atau sekitar Rp 103 ribuan untuk anak-anak yang berkewarganegaraan Malaysia.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, dikenai RM 55 per orang dewasa atau sekitar Rp 187 ribuan dan RM 40 per anak atau berkisar Rp 137 ribuan. Tidak terlalu mahal bukan? Setiap gondola dapat menampung kapasitas hingga 6 orang dengan total bobot mencapai 480 kg. Setidaknya terdapat 35 unit normal gondola dan butuh waktu 15 menit untuk mencapai stasiun puncak.

Nah, jika Anda suka tantangan dan ingin merasakan sesuatu yang memacu adrenaline, cobalah untuk naik Bottom Glass Gondola. Sesuai namanya, Bottom Glass Gondola menawarkan kereta gantung dengan alas dari material kaca transparan yang memungkinkan Anda melihat langsung seperti apa hutan dan area pegunungan yang ada tepat di bawah kaki Anda. Harga tiket Bottom Glass Gondola dipatok RM 105 per orang atau setara Rp 358 ribuan jika dikonversikan dalam rupiah.

Bagi yang mendambakan kenyamanan, privasi, dan juga kemewahan, maka naik VIP Gondola mungkin bisa jadi bahan pertimbangan. Di VIP Gondola dan juga Private Gondola, privasi adalah prioritas pihak pengelola. Anda dapat menikmati produk mewah VIP Gondola yang dilengkapi dengan makanan dan juga minuman. Bahkan di sepanjang perjalanan, Anda akan diiringi dengan alunan musik yang menenangkan. Asyik sekali bukan? Adapun biaya sewa VIP Gondola atau Private Gondola dipatok RM 550 per gondola atau mencapai Rp 1,8 jutaan.

Didalam Kereta Gantung Langkawi - www.tripadvisor.co.id
Didalam Kereta Gantung Langkawi – www.tripadvisor.co.id

Pada peak season atau ketika sedang ramai pengunjung, antrean tiket yang panjang tentu saja menjadi hal yang tak terelakkan. Tetapi ketika berada di Langkawi, Anda masih mempunyai pilihan untuk memangkas waktu tunggu yang bisa mencapai berjam-jam lamanya itu hanya menjadi 10 menit saja dengan layanan Express Lane. Untuk membeli tiket Express Lane, Anda akan dikenai biaya tambahan RM 50 (Rp 170 ribuan) per orang, belum termasuk harga tiket SkyCab utama. Harga layanan tersebut sudah termasuk free amenities.

Apabila Anda membutuhkan lebih jelas seputar Langkawi SkyCab atau kereta gantung Langkawi, Anda dapat langsung menghubungi kontak berikut.

Langkawi SkyCab

Alamat: Panorama Langkawi Sdn Bhd, Cable Car Station, Oriental Village, Burau Bay, 07000 Langkawi, Kedah, Malaysia
Nomor telepon: +604-959 4225/1225
Fax: +604-959 1121/4121
Email: info@panoramalangkawi.com
Website: www.panoramalangkawi.com

Lihat Juga:   Fasilitas, Lokasi, dan Tarif Hotel Wonderland Batu Malang




Tentang Dian Kartika1098 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan