Liburan ke Dumai? Ini Tempat Wisata Hits yang Wajib Anda Kunjungi




Taman Bukit Gelanggang - wartawisata.id
Taman Bukit Gelanggang - wartawisata.id

Apakah Anda pernah mendengar Kota Dumai? Ini adalah salah satu kota yang berlokasi Provinsi , berjarak sekitar 188 km dari Pekanbaru. Dengan luas mencapai 1,77 juta km2, Dumai dikatakan sebagai salah satu wilayah paling luas di Indonesia, setelah Kota Palangka Raya dan Kota Tidore Kepulauan. Tidak cuma lapang, Dumai juga menyimpan sejumlah yang keren dan menanti Anda eksplorasi.

Berbicara mengenai potensi wisata di Dumai, wilayah ini sebelumnya sudah terkenal akan keindahan , hutan wisata, hingga danau buatan. Sekarang, seiring dengan tren yang selalu berburu oleh-oleh, Dumai pun sedang mengembangkan wisata kuliner yang pas dijadikan buah tangan, termasuk bolu kemboja, pajri nenas, bolu lapis legit, hingga keripik cabai yang menjadi ciri khas daerah.[1] Berikut referensi spot liburan oke yang dapat Anda temukan di Dumai.

Pantai Purnama

Ketika berkeliling ke Kota Dumai, pastikan Anda jangan melewatkan berkunjung ke Pantai Purnama. Terletak di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, pantai ini menawarkan pemandangan Selat Malaka yang elok. Tidak hanya itu, saat sore hari menjelang malam, Anda berkesempatan menyaksikan panorama matahari terbenam jika kebetulan cuaca sedang cerah.

Awalnya, kawasan pantai ini hanyalah kebun kelapa warga, tidak tertata rapi dan penuh lumpur. Kemudian, atas swadaya masyarakat setempat, area ini menjadi lebih bersih, dengan berbagai yang memadai, termasuk saung hingga tempat makan. Bahkan, setiap bulan Mei, di kawasan ini rutin digelar festival layang-layang terbesar di Sumatera.

Pantai Purnama - (YouTube: Mayatama Tv)
Pantai Purnama – (YouTube: Mayatama Tv)

Pantai Marina Puak

Masih seputar pantai, jika Anda ingin liburan dengan suasana romantis, Pantai Marina Puak memberikan segalanya untuk Anda. Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota, akses jalan menuju kawasan wisata ini cukup mudah dan mulus. Meski demikian, Anda disarankan mempersiapkan segala sesuatu karena terkadang cuaca berubah tidak menentu, bisa cerah, bisa pula mendung.

Saat tiba di pantai ini, wisatawan akan menemukan garis pantai bebatuan penahan ombak. Anda bisa memandangi pemandangan laut dan sunset lewat rumah panggung yang berjajar di pesisir pantai. Fasilitas lain yang sudah tersedia antara lain musala, kantin, toilet, serta area parkir yang luas. Dengan kondisi demikian, tidak mengherankan jika Pantai Marina Puak menjadi objek wisata andalan pemerintah setempat.

Lihat Juga:   Info Fasilitas dan Tarif Penginapan Agrowisata PTPN 8 Bandung
Pantai Marina Puak - (YouTube: voldenaga)
Pantai Marina Puak – (YouTube: voldenaga)

Bandar Bakau Dumai

Dumai menjadi salah satu daerah pesisir di Indonesia yang memiliki kawasan hutan mangrove yang luas.[2] Daerah-daerah dengan kawasan mangrove lapang antara lain Kelurahan Pangkalan Sesai dan Kelurahan Basilam Baru. Nah, apabila Anda tertarik mengunjungi hutan mangrove untuk berlibur, Anda bisa mampir ke Bandar Bakau Dumai

Berlokasi di Ratu Sima, Dumai Selatan, Kota Dumai, Bandar Bakau dikatakan memiliki area hutan mangrove seluas 20 hektar. Saat berada di tempat ini, Anda bisa menyusuri hutan dengan meniti jembatan kayu yang membelah hutan. Selain asyik dijadikan refreshing, Bandar Bakau juga cocok apabila Anda ingin menyalurkan hobi selfie atau fotografi.

Bandar Bakau Dumai - riaupos.jawapos.com
Bandar Bakau Dumai – riaupos.jawapos.com

Hutan Wisata Dumai

Jika masih ingin mengeksplorasi keindahan hutan, Anda bisa langsung meluncur ke Hutan Wisata Dumai. Letaknya berada di Bukit Timah, Dumai Barat. Hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota, Anda bisa menemukan kawasan wisata asri ini jika kebetulan sedang melakukan perjalanan menuju Pekanbaru. Spot ini bisa menjadi tempat yang pas untuk menghilangkan penat.

Hutan Wisata Dumai sering dikunjungi wisatawan, terutama pada hari-hari libur. Suasananya yang tenang dan damai, serta udaranya yang masih segar, membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk refreshing. Kawasan ini sering dijadikan lokasi untuk acara keluarga. Bahkan, tidak sedikit calon pengantin yang menjadikan Hutan Wisata Dumai sebagai lokasi foto prewedding.

Hutan Wisata Dumai - www.menyapariau.com
Hutan Wisata Dumai – www.menyapariau.com

Danau Bunga Tujuh

Kembali lagi ke wisata air, Anda pun bisa berkunjung ke Danau Bunga Tujuh. Tempat ini dapat Anda temukan di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Bukit Batrem, Bukit Kapur, Dumai Timur. Cuma berjarak sekitar 8 km dari pusat kota, tidak mengherankan jika Danau Bunga Tujuh menjadi salah satu objek wisata yang sering didatangi wisatawan, terutama wisatawan lokal.

Lihat Juga:   Melancong ke New Zealand, Jangan Lewatkan Mengunjungi Tempat Wisata Alam Populernya

Punya luas area sekitar 47 hektar, Anda bisa menikmati pemandangan danau dari gazebo yang ada di pinggir danau. Sementara, apabila Anda ingin berkeliling danau, sudah disediakan fasilitas seperti perahu dan kereta air. Tidak ketinggalan, didirikan pula sejumlah kafe atau warung bagi pengunjung yang ingin mengisi perut mereka atau hendak menambah energi.

Danau Bunga Tujuh - flickr: Made Wahyuni
Danau Bunga Tujuh – flickr: Made Wahyuni

Taman Bukit Gelanggang

Berkunjung ke suatu daerah, memang tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke taman atau alun-alun setempat. Nah, saat Anda liburan ke Dumai, jangan lupa untuk singgah ke Taman Bukit Gelanggang. Berada di Jalan JR Soebrantas, ini adalah taman yang menjadi salah satu pilihan warga Dumai untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau sahabat.

Sejumlah fasilitas sudah disediakan pemerintah setempat. Pada tahun 2014 lalu, dipasang alat fitness agar warga Dumai tetap sehat dan bugar melalui olahraga. Sebelumnya, area ini juga sudah dibekali dengan Wi-Fi yang bisa diakses secara gratis. Ada pula lapangan luas yang dilengkapi panggung hiburan rakyat, taman air mancur, serta tempat duduk untuk bersantai.

Taman Bukit Gelanggang - wartawisata.id
Taman Bukit Gelanggang – wartawisata.id

Selain lokasi-lokasi di atas, sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang dapat Anda datangi ketika liburan ke Dumai. Anda bisa datang ke Pantai Koneng, Pantai Bahtera, Pantai Lagenda, Pantai Panorama, Taman Putri Zara, Kampung Teratai, Kampung Lamo Pulau Bungkuk, atau Kampung Wisata Pesisir. Jika belum puas, masih ada situs bersejarah seperti Gua Pelintung dan Tapak Harimau Sakti.

[1]Yuastrida, Mira. 2016. Persepsi Wisatawan terhadap Oleh-Oleh Keripik Cabe di Kota Dumai. JOM FISIP, Vol. 3(2): 1-8.

[2]Zulpikar, Dessy Yoswaty, Afrizal Tanjung. 2014. Kajian Potensi Hutan Mangrove dalam Membangun Ekowisata di Kelurahan Basilam Baru Kota Dumai Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, Vol. 1(2).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan