Info Penginapan di Parungkuda, Sukabumi




Kampoeng Padi Resort - www.traveloka.com
Kampoeng Padi Resort - www.traveloka.com

Apakah Anda pernah mendengar daerah bernama Parungkuda? Ini adalah salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten . Parungkuda memang tidak terlalu populer sebagai destinasi . Karena itu, tidak mengherankan jika tidak banyak penginapan atau akomodasi yang bisa ditemukan di kawasan ini.

Seperti disampaikan di atas, Parungkuda adalah salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Sukabumi. Kecamatan ini memiliki luas sekitar 24,10 km persegi, termasuk kecil. Kecamatan Parungkuda sendiri hanya memiliki beberapa desa, antara lain Desa Babakanjaya, Desa Bojong Kokosan, Desa Kompa, Desa Langensari, Desa Palasari Hilir, Desa Parungkuda, Desa Pondokkasolandeuh, dan Desa Sundawenang.

Dari desa-desa tersebut, yang menjadi di Kecamatan Parungkuda adalah Desa Sundawenang, yang juga menjadi ibukota kecamatan ini. Stasiun Parungkuda, terminal angkutan umum, serta Pasar Parungkuda berada di desa ini. Saat ini, Desa Sundawenang telah berkembang dengan pesat, dengan kemunculan pabrik-pabrik sehingga menarik minat banyak pelamar pekerjaan.

Selain Desa Sundawenang, desa lain yang cukup populer di Kecamatan Parungkuda adalah Desa Bojong Kokosan. Desa ini terkenal karena sejarah Pertempuran Bojong Kokosan melawan tentara Inggris dan NICA pada tahun 1945 hingga 1946 silam. Pertempuran Bojong Kokosan sendiri adalah perang konvoi pertama (The First Convoy Battle) dan menjadi cikal bakal peristiwa Bandung Lautan Api yang tersohor.

Dalam rangka mengenang Pertempuran Bojong Kokosan, pemerintah lantas membangun situs museum dan Monumen Bojong Kokosan sebagai tanda penghargaan kepada para pejuang yang telah bertempur melawan sekutu pada pertempuran tersebut. Pembangunan Palagan Perjuangan 1945 di Bojong Kokosan ini dilakukan secara swa-kelola oleh pemerintah daerah Jawa Barat. Kemudian, diresmikan pada 13 November 1992 oleh R. Moh. Yogie Suardi Memet, Gubernur Jawa Barat yang menjabat pada tahun 1985 hingga 1993.

Koleksi utama museum ini adalah diorama, puing pesawat RAF, senjata laras panjang Lee Enfield, senjata laras pendek VOC, helmet pasukan sekutu dan TKR, serta pedang dan golok pasukan kelaskaran rakyat. Palagan Bojong Kokosan lantas menjadi ikon kebanggaan masyarakat Bojong Kokosan, Sukabumi.

Seperti disampaikan di atas, Parungkuda tidak terlalu populer sebagai kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi. Karena itu, tidak mengherankan jika jarang ditemukan tempat bermalam di daerah ini. Kalaupun ada, kebanyakan hanya digunakan sebagai tempat singgah sementara atau transit. Berikut beberapa yang berada di atau dekat Parungkuda.

Wisma Delima

Penginapan ini bisa Anda temukan di Jalan Raya Siliwangi, Bojong Kokosan, Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menemukan akomodasi ini memang tidak begitu sulit. Pasalnya, wisatawan bisa melihat ada penanda sebuah patung kuda berwarna putih yang berada persis di sebelah penginapan.

Meski termasuk penginapan yang tergolong standar, jika tidak bisa dikatakan hotel melati, namun fasilitas yang disediakan Wisma Delima cukup memadai. Ketika bermalam di tempat ini, pengunjung dapat menemukan aula pertemuan yang cukup luas, yang kerap digunakan berbagai lembaga untuk mengadakan meeting, acara reuni, gathering, atau acara penting lainnya, lengkap dengan kursi, meja panjang, mimbar, sound system, dan juga kipas angin.

Membawa kendaraan pribadi ke penginapan ini juga tidak perlu khawatir. Karena, pengelola telah melengkapi Wisma Delima dengan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung beberapa kendaraan roda empat atau mobil sekaligus. Ini tentu memudahkan wisatawan yang hendak beristirahat sejenak, mengingat akomodasi juga berada di pinggir jalan raya jalur provinsi.

Menurut bocoran salah satu pengunjung, tarif di tempat ini termurah dipatok Rp150 ribuan per malam. Dengan membayar tersebut, tamu sudah mendapatkan ranjang, bantal, dan kamar mandi, tanpa televisi, water heater, dan sarapan. Jika Anda berminat singgah di tempat ini, bisa melakukan langsung di lokasi atau menghubungi nomor telepon (0266) 6540071.

Wisma Delima - @Sulis Ratnasari
Wisma Delima – @Sulis Ratnasari

Saung Dian Lestari

Akomodasi ini beralamat di Jalan Palasari Hilir, Desa Sundawenang, Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Saung Dian Lestari sendiri, menurut situs pencarian Google, dianggap sebagai sebuah penginapan. Namun, jika melihat foto-foto yang beredar di internet, Saung Dian Lestari, seperti namanya, adalah tempat yang menyediakan saung-saung untuk menikmati keindahan Desa Sundawenang.

Menurut penuturan beberapa pengunjung yang pernah mampir, Saung Dian Lestari dikatakan sebagai tempat yang tepat untuk beristirahat sejenak sambil memandangi pemandangan sekitar. Jika Anda membutuhkan lebih detail mengenai tempat yang satu ini, Anda bisa datang langsung ke lokasi atau menghubungi nomor telepon (0266) 533490 dan nomor ponsel 0813 2000 1212 dan 0812 9036 203.

Saung Dian Lestari - @Sugianto Tjandra
Saung Dian Lestari – @Sugianto Tjandra

Kampoeng Padi Resort

Karena akomodasi di Parungkuda sangat terbatas, tidak ada salahnya mencari alternatif di tempat lain, salah satunya Kampoeng Padi Resort. Penginapan ini terletak di Desa Pawenang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Kampoeng Padi Resort berjarak sekitar 7,69 km dari Stasiun Parungkuda dan 7,73 km dari Stasiun Cicurug.

Setidaknya, ada dua tipe kamar atau bungalow yang telah disediakan di tempat ini. One Bedroom Bungalow disewakan dengan tarif Rp1,1 jutaan per malam, berkapasitas 2 orang, sudah termasuk sarapan. Sementara, biaya sewa Two Bedroom Bungalow berkisar Rp1,4 jutaan per malam, dengan kapasitas 4 orang. Jika berminat, pemesanan bisa Anda lakukan via beberapa situs booking online.

Kampoeng Padi Resort - www.traveloka.com
Kampoeng Padi Resort – www.traveloka.com

Iscalton Courteous Hotel

Akomodasi ini berada di Jalan Raya Siliwangi, Cicurug, Kabupaten Sukabumi, atau berselang sekitar 7,92 km dari Stasiun Parungkuda. Jika wisatawan bertolak dari Stasiun Cicurug, cukup menempuh perjalanan sejauh 1,34 km untuk tiba di properti ini, atau berjarak sekitar 4,61 km apabila berangkat dari Stasiun Cigombong.

Pengelola sudah menyediakan setidaknya tiga tipe kamar, yakni Standard Room Non-AC, Superior Room, dan Paviliun. Kamar paling disewakan dengan tarif Rp310 ribuan per malam, biaya sewa Superior Room Rp410 ribuan per malam, dan harga sewa Paviliun Rp515 ribuan per malam. Jika berminat, reservasi bisa dilakukan via nomor telepon (0266) 731055.

Iscalton Courteous Hotel - www.traveloka.com
Iscalton Courteous Hotel – www.traveloka.com
Lihat Juga:   Info Daftar Losmen/Penginapan Murah di Jatinegara




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*