Hotel Tunjungan, Penginapan Murah Mulai Harga Rp 80 Ribuan di Sragen




Hotel Tunjungan Sragen - @pancen oye
Hotel Tunjungan Sragen - @pancen oye

Sragen adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang ibu kotanya berada di Sragen, sekitar 30 km di sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten satu ini berbatasan dengan beberapa wilayah, yakni Kabupaten Grobogan di utara, Kabupaten Ngawi () di sebelah timur, Kabupaten Karanganyar di sebelah selatan, dan Kabupaten Boyolali di sisi barat.

Wilayah Sragen berada di lembah daerah aliran Sungai Bengawan Solo yang mengalir ke arah timur. Sebagian besar wilayah Sragen adalah dataran rendah dengan ketinggian antara 70-480 mdpl (meter di atas permukaan laut). Sebelah utara adalah daerah perbukitan yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Kendeng. Sementara itu, sebagian kecil wilayah selatan berupa perbukitan kaki Gunung Lawu.

Sragen terletak di jalur utama Yogyakarta-Solo-Surabaya. Kabupaten ini merupakan gerbang utama sebelah timur Provinsi Jawa Tengah, yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Sragen dilintasi jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa (Surabaya-Yogyakarta-Bandung-) dengan stasiun terbesarnya Sragen, serta lintas Gundih-Solo Balapan dengan stasiun terbesarnya Stasiun Salem di Gemolong. Sragen juga dilintasi oleh Jalan Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi dengan pintu keluar di Jalan Gemolong-Sragen.

Meskipun kota satu ini tak terlalu besar, Sragen punya berbagai daya tarik yang menjadikannya patut untuk dikunjungi. Letaknya yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi salah satu alasan mengapa di Sragen masih sedikit dipengaruhi oleh dari Jatim. Setidaknya ada beberapa makanan khas yang layak Anda cicipi ketika liburan ke Sragen, antara lain soto kwali yang gurih, sate kambing yang lezat, pecel tumpang yang pedas dan unik, serta botok mercon yang juga pedas membuat siapa saja tertarik untuk mencobanya.

Hotel Tunjungan Sragen - @kusbiantoro 1408
Tunjungan Sragen – @kusbiantoro 1408

Selain kuliner, Sragen pun memiliki beberapa wisata andalan yang bisa Anda jelajahi. Misalnya saja Alun-Alun Kabupaten Sragen, bersejarah Museum Fosil Sangiran, Museum Manyar Rejo, berendam di Bayanan, bermain air di wahana permainan air Ndayu Park, mengunjungi Waduk Botok, Waduk Brambang, Waduk Kedung Ombo, Taman Krido Anggo, Doeng Cuo Water Park, Ganesha Techno Park, hingga berenang di Kolam Renang Kartika.

Anda pun tak perlu khawatir dengan urusan sarana akomodasi. Tak kalah dengan Solo atau Semarang, di Sragen juga sudah tersedia banyak penginapan yang bisa Anda jadikan tempat untuk menginap sekaligus beristirahat bersama pasangan maupun keluarga. Anda bisa memilih sendiri hendak menginap di , , guest house, hotel berbintang, atau bagi yang berbudget cekak pun dapat bermalam di hotel kelas melati. Apabila dibandingkan dengan penginapan di Solo atau Semarang, bisa dibilang jika penginapan-penginapan di Sragen memasang yang masih relatif lebih terjangkau. Salah satu penginapan murah yang bisa Anda pertimbangkan adalah Hotel Tunjungan Sragen.

Hotel Tunjungan Sragen merupakan sebuah hotel kelas melati yang banyak dijadikan hotel transit oleh para pendatang maupun backpacker yang kebetulan sedang berwisata ke Sragen. Terlebih karena lokasi Hotel Tunjungan Sragen juga cukup strategis. Penginapan satu ini beralamatkan di Jalan Raya Timur, Dusun I, Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Karena berlokasi di Kecamatan Sambungmacan yang notabene merupakan kecamatan paling timur dari Kabupaten Sragen, maka hotel ini juga dekat dengan Kecamatan Mantingan di Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Hotel Tunjungan Sragen menawarkan akses yang dekat dengan Jalan Tol Solo-Ngawi, Tol Salatiga-Kertosono, Pasar Sonorejo, Tugu, Pondok Pesantren Gontor Putri, pom bensin, ATM bank, dan sejumlah warung kuliner yang cocok untuk mengisi perut Anda ketika kelaparan. Tak sulit menemukan lokasi Hotel Tunjungan Sragen, sebab lokasinya ada di pinggir jalan raya besar.

Urusan tarif atau harga sewa kamar di Hotel Tunjungan Sragen juga relatif murah. Di Hotel Tunjungan Sragen menyediakan kamar-kamar yang cukup nyaman untuk sekadar transit atau beristirahat dengan harga mulai dari Rp 80 ribu hingga Rp 160 ribu per malam. Adapun untuk kamar yang paling murah seharga Rp 80 ribu hanya menggunakan fasilitas berupa fan atau kipas angin. Sedangkan di kamar dengan rate Rp 160 ribuan per malam sudah ditunjang dengan fasilitas penyejuk ruangan atau air conditioner (AC) dan kamar yang kabarnya berukuran cukup luas.

Hotel bernuansa sederhana ini juga ditunjang sederet sarana pendukung lainnya seperti kamar mandi dengan WC duduk, ranjang yang cukup nyaman, resepsionis, area duduk di lobi, televisi, area parkir kendaraan, dan sebagainya. Namun perlu Anda ingat bahwa tarif atau biaya sewa kamar di Hotel Tunjungan Sragen dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Hotel Tunjungan Sragen - @kusbiantoro 1408
Hotel Tunjungan Sragen – @kusbiantoro 1408

Selain itu, bagi Anda yang ingin menginap dengan pasangan, pastikan membawa bukti berupa buku nikah, KTP dengan alamat yang sama, atau bukti lainnya. Pasalnya, di Hotel Tunjungan kabarnya sering diadakan razia polisi yang ingin menjaring pasangan-pasangan tidak sah yang menginap dalam satu kamar. Jadi, untuk lebih amannya atau tindakan preventif sebaiknya bawalah kartu identitas dan buku nikah yang berlaku untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama Anda beristirahat di sana.

Apabila Anda tertarik untuk menginap di Hotel Tunjungan Sragen, Anda dapat langsung datang ke lokasi untuk melakukan check in on the spot atau bisa juga dengan melakukan booking terlebih dahulu via ke kontak berikut ini.

Hotel Tunjungan Sragen

Alamat: Jl. Raya Timur, Dusun I, Bedoro, Kec. Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57253
Nomor telepon: (0271) 7913167

Lihat Juga:   Daftar Tarif Penginapan Lengkap di Pelabuhan Ratu, Sukabumi




Tentang Dian Kartika1086 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan