Hotel Martonegaran, Lokasi Transit Strategis dan Murah di Sragen




Hotel Martonegaran - @danueko saputro

Sebagai destinasi wisata, mungkin bukan nama yang populer. Namun, karena terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, wilayah ini sering dilalui pelancong, baik dari barat maupun timur. Nah, untuk mengakomodasi para yang membutuhkan transit, di lantas berdiri banyak penginapan, salah satunya Hotel Martonegaran.

Sebelum membahas mengenai Hotel Martonegaran, tidak ada salahnya jika kita mengulik tentang Sragen. Ini adalah sebuah kabupaten yang secara administratif berada di Provinsi Jawa Tengah. Punya ibukota Sragen, kabupaten ini terletak sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta. Di utara, Sragen berbatasan dengan Kabupaten Grobogan, di selatan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, di timur berbatasan dengan Kabupaten Ngawi, dan di barat bersebelahan dengan Kabupaten Boyolali.

Sragen sendiri termasuk salah satu wilayah yang berusia cukup tua. Berdasarkan Perda Nomor 4 tahun 1987, hari lahir kabupaten ini diketahui pada tanggal 27 Mei 1746 silam. Tanggal itu didasarkan pada hasil penelitian serta kajian fakta sejarah, ketika Pangeran Mangkubumi yang kelak menjadi Sri Sultan Hamengku Bumono I melakukan perlawanan terhadap Belanda di Desa Pandak, Karangnongko.

Seperti disampaikan di atas, wisata di Sragen memang tidak terlalu terkenal. Namun, itu bukan berarti kawasan ini tidak memiliki spot liburan sama sekali. Ada beberapa tempat rekreasi yang bisa Anda jadikan liburan bersama keluarga atau teman. Museum Purbakala Sangiran misalnya, yang telah lama menjadi spot wisata unggulan wilayah ini. Di sini, wisatawan dapat menemukan dokumentasi zaman prasejarah seperti fosil Pithecantropus erectus.

Spot wisata lainnya yang juga menarik didatangi adalah Taman Dayu Asri, yang berada di Desa Dayu, Kecamatan Saradan. Ini adalah sebuah theme park yang cocok dikunjungi wisatawan keluarga atau rombongan sekolah. Di sini, Anda akan menemukan fasilitas kolam renang lengkap dengan papan seluncur dan wahana permainan lainnya.

Hotel Martonegaran - @dewi afsari1912
Hotel Martonegaran – @dewi afsari1912

Masih seputar kolam renang, Anda pun bisa rekreasi ke Kolam Renang Kartika yang terletak di Kroyo, Sragen. Berdampingan dengan Stadion Taruna, ini adalah sebuah kolam renang yang cukup luas, cocok untuk refreshing maupun olahraga. Fasilitas yang disediakan pun memadai, termasuk lahan parkir kendaraan, arena permainan anak-anak, papan seluncur, ganti pakaian, toilet, hingga kafetaria. 

Untuk wisata alam, pengunjung bisa datang ke Gunung Kemukus, terutama mereka yang suka petualangan. Selain pemandangan alam yang elok, dengan pepohonan rimbun dan hawa sejuk, kawasan ini konon menyimpan cerita mistis. Tidak heran jika kemudian banyak masyarakat yang mencari pesugihan di Gunung Kemukus.

Lokasi dan Fasilitas Hotel Martonegaran

Terletak di jalur utama dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur, maupun sebaliknya, Sragen tentunya banyak dilewati pelancong. Nah, untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan, di Sragen sudah berdiri banyak akomodasi bermalam, salah satunya Hotel Martonegaran.

Anda bisa menemukan penginapan ini di Jalan Sukowati No. 555, Dusun Kebayanan, Sragen Manggis, Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen. Lokasi Hotel Martonegaran hanya berselang 1,8 km dari Stasiun Sragen. Jika wisatawan bertolak dari Stasiun Solo Balapan, perlu menempuh perjalanan sejauh 27,64 km untuk tiba di properti ini.

Menurut penuturan pengunjung yang pernah singga, Hotel Martonegaran memiliki keunggulan letak yang cukup strategis. Fasilitas yang disediakan pengelola pun cukup lumayan. Kelebihan lainnya adalah harga sewa kamarnya yang relatif . Namun, beberapa wisatawan masih mengeluhkan kondisi kamar yang tidak terlalu rapi dan bersih.

Secara tampilan, bangunan Hotel Martonegaran tidak terlalu spesial, persis hotel-hotel pada umumnya. Namun, karena terletak di pinggir jalan raya, maka akomodasi cukup mudah ditemukan. Warna-warna terang mendominasi dinding bangunan penginapan ini, seperti biru, merah muda, dan kuning, yang tetu saja cukup mencolok dibandingkan bangunan di sekitarnya.

Saat tiba di tempat ini, wisatawan akan menemukan lorong untuk bisa masuk dan memarkir kendaraan. Lahan parkir yang disediakan memang tidak terlalu luas, namun masih bisa memuat beberapa kendaraan roda empat. Meski berada di tengah kota, namun suasana hotel cukup adem, mungkin karena terlindung bangunan setinggi dua lantai.

Lalu, apa saja fasilitas yang disediakan pengelola Hotel Martonegaran? Ketika tamu menginap, selain lahan parkir kendaraan, juga akan menemukan balkon di lantai atas, pendingin ruangan berupa kipas angin atau AC, televisi stand by, kamar mandi plus shower dan water heater, ranjang tipe double bed, hingga sarapan dan minuman ringan.

Hotel Martonegaran - @misbahul munir
Hotel Martonegaran – @misbahul munir

Hotel Martonegaran

Tipe KamarTarif per Malam
Kamar FanRp100.000
Kamar ACRp180.000

Daftar harga sewa kamar Hotel Martonegaran di atas kami rangkum dari berbagai ulasan pengunjung yang sempat menginap. Tarif kamar Hotel Martonegaran tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke lokasi atau menghubungi nomor (0271) 891342.

Fasilitas dan Tarif Martonegaran Indah Hotel

Selain berlokasi di Jalan Sukowati, ada juga hotel bernama mirip yang berada di kawasan Ronggowasito. Bernama Martonegaran Indah Hotel atau Martonegaran Ronggowarsito, akomodasi ini terletak di Jalan Ronggowarsito No. 12, Sragen Wetan, Kabupaten Sragen. Dari Stasiun Sragen, lokasi properti hanya berjarak sekitar 2,1 km.

Berbeda dengan yang pertama, akomodasi ini lebih menonjolkan kesan alami dan etnik untuk menarik wisatawan. Batu-batu alam diukir dan ditata sedemikian rupa, sedangkan tumbuhan hijau sengaja diletakkan di bagian depan hingga halaman untuk menambah kesan asri di tengah suhu udara Sragen yang cenderung panas.

Lalu, berapa yang diperlukan untuk menginap di tempat ini? Sama seperti Hotel Martonegaran, tarif kamar di tempat ini juga cukup terjangkau, mulai Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan per malam, sudah termasuk fasilitas ranjang double bed, kamar mandi, hingga pendingin ruangan. Jika Anda tertarik singgah, reservasi bisa dilakukan via beberapa situs booking online atau nomor telepon (0271) 891935.

Lihat Juga:   Pondok Rimbawan, Penginapan Plus Gedung Pertemuan di Bandar Lampung




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan