Lokasi, Rute dan Harga Paralayang Puncak Bogor




Paralayang Puncak Bogor - paragliding.co.id
Paralayang Puncak Bogor - paragliding.co.id

Bagi Anda yang saat ini sedang liburan ke Puncak, , mungkin Anda sesekali perlu mencoba bermain paralayang. Selain harga paralayang di Puncak tergolong lebih terjangkau dibandingkan di tempat lain, aktivitas ini juga menawarkan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Pasalnya, Anda bisa menikmati keindahan Kota Bogor dengan seru dan menantang sambil melayang-layang di atas udara.

paralayang merupakan sebuah upaya atau sebagai aktivitas untuk menikmati pemandangan alam. Selain membuat orang terhibur, memandang keindahan alam dari ketinggian tertentu dapat membuat hati semakin peka terhadap alam sekitar. Menurut sebuah penelitian, paralayang juga bisa dijadikan sebagai media untuk bersyukur atas keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan.[1]

dan Menuju Paralayang Puncak

Berlokasi di Jl. Raya Puncak, KM 87, Bukit Paralayang, Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, wisata paralayang ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi ketika cuaca sedang baik dengan angin yang semilir dan pas, banyak yang mengantre untuk menikmati wahana tersebut.

Tidak sulit menemukan titik lokasi paralayang di Puncak, apalagi bagi Anda yang datang dari arah Bandung. Dari Bandung, pergilah ke arah Cimahi, melewati jalan tol Padaleunyi menuju Padalarang. Lurus saja menuju Jl. Nanggeleng-Cirahayu. Setelah Anda berada di Jl. Raya Cianjur Bandung, Anda harus pergi ke Jl. Cibogo Sawo. Telusuri jalan tersebut sampai Anda menemukan percabangan dan lurus saja ke Jl. Raya Cianjur Bandung menuju arah ke Warpat. Lewati Warpat dan lurus saja hingga Anda berada di Jl. Venue Paralayang. Susuri jalan tersebut, maka tujuan Anda berada di sebelah kiri jalan.

Lihat Juga:   Hotel di Medan dengan Kolam Renang Terbaik
Paralayang Puncak Bogor - www.dakatour.com
Paralayang Puncak Bogor – www.dakatour.com

Fasilitas dan Aturan Bermain Paralayang di Puncak

Wisata Paralayang Puncak menawarkan sensasi melayang di udara bebas dengan ketinggian hingga 1.300 m di atas permukaan laut. Anda bisa melihat pemandangan kawasan Puncak, Bogor yang hijau dengan rumah-rumah penduduk yang asri dari atas. Banyak pelancong yang mengabadikan momen tersebut dengan cara direkam atau difoto. Anda bahkan bisa selfie sambil melayang di udara.

Selain melihat pemandangan Puncak, Anda juga akan disuguhkan dengan view kawasan Gunung Mas yang indah. Ada banyak pepohonan rimbun dan bunga yang bisa dilihat dari atas. Memang, lokasi Paralayang Puncak, Bogor masih satu kawasan dengan tempat rekreasi Gunung Mas.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba paralayang atau masih takut melayang sendirian, tak perlu khawatir. Ada pendamping atau instruktur profesional yang akan menjaga keselamatan Anda. Mereka akan mendampingi Anda saat melayang sekaligus memberi tahu cara menggunakan alat paralayang yang tepat saat di udara.

Untuk menikmati kegiatan paralayang tersebut, Anda diwajibkan registrasi dan mengisi formulir terlebih dahulu. Paralayang hanya boleh dilakukan oleh wisatawan yang sehat secara jasmani dan rohani. Selain itu, paralayang tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki sakit jantung, asma akut, dan takut ketinggian. Persyaratan lainya, paralayang hanya boleh dilakukan oleh orang yang memiliki berat badan mulai 20 kg hingga 85 kg.

Lihat Juga:   10 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Jabodetabek untuk Liburan

Bagi Anda yang ingin melakukan penerbangan solo atau tanpa pendamping, Anda diharuskan memiliki lisensi atau lulus kursus terbang paralayang. Jika Anda tidak memiliki lisensi dan masih ingin terbang solo, Anda wajib mengikuti tandem paralayang sebagai proses belajar. Tandem paralayang juga bisa dilakukan jika Anda ingin mendapatkan pengalaman dan sensasi terbang tanpa ingin menjadi pilot paralayang profesional.

Paralayang Puncak Bogor - www.kompasiana.com
Paralayang Puncak Bogor – www.kompasiana.com

Harga Paralayang Puncak

Setelah mengetahui aturan atau syarat yang harus dipenuhi sebelum melayang di udara, apakah Anda berminat mencobanya? Jika iya, untuk bisa menikmati sensasi melayang di Puncak, Anda harus membayar paralayang mulai Rp538.200 hingga Rp575.000. Paralayang Puncak tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sesuai kebijakan pengelola.

Selain memperhatikan anggaran yang harus disisihkan untuk bermain paralayang, Anda juga harus tahu jam operasionalnya. Wisata Paralayang Puncak hanya beroperasi ketika cuaca sedang baik atau sedang tidak turun hujan. Untuk jam operasionalnya, wahana tersebut buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga 5 sore waktu setempat.

[1] Baihaqi, Achmad Afandi. 2015. Perancangan Pengembangan Wisata dan Olahraga Paralayang di Gunung Banyak Kota (Skripsi). Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim .




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan