Bagaimana Cara ke Pulau Sangiang dari Jakarta?




Panorama Pulau Sangiang (sumber: esqnews.id)
Panorama Pulau Sangiang (sumber: esqnews.id)

Pulau Sangiang, merupakan pulau yang terdapat di Selat Sunda dengan hutan dan pantai yang masih asri serta menjadi habitat berbagai jenis burung liar yang mampu menarik banyak .[1] Cara ke Pulau Sangiang tidaklah sulit, karena Anda bisa naik kendaraan pribadi dengan biaya agak atau transportasi umum yang tarifnya agak mahal.

Cara ke Pulau Sangiang

Ilustrasi: menyeberang menuju Pulau Sangiang (sumber: triptrus.com)
Ilustrasi: menyeberang menuju Pulau Sangiang (sumber: triptrus.com)
  • Untuk Anda yang bersama keluarga ke Pulau Sangiang, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dari ke Pelabuhan Paku Anyer. Dari Jakarta ke pelabuhan, memakan waktu sekitar empat jam dan Anda disarankan untuk lewat jalan tol dan keluar di Cilegon Timur.
  • Sesampainya di pelabuhan, Anda bisa memarkirkan mobil atau sepeda motor di tempat parkir selama 24 jam. Setelah itu, Anda bisa memilih kapal rombongan atau umum untuk menyeberang. Jika Anda liburan dengan keluarga, pilihlah kapal pariwisata, karena meskipun harus menunggu hingga semua kursi penumpang penuh, tarifnya terbilang lebih murah. Sementara itu, jika Anda datang bersama rombongan, akan lebih nyaman menyewa perahu khusus rombongan, karena lebih private.
  • Jika Anda naik kendaraan umum, dari terminal yang ada di Jakarta, pilihlah bus yang ke arah Cilegon atau Merak dan turun di Simpang Cilegon yang tidak jauh dari pintu keluar tol Cilegon Timur. Perjalanan darat menggunakan kendaraan umum terbilang cukup melelahkan, karena Anda harus berganti dengan kendaraan lain.
  • Sesampainya di Simpang Cilegon, Anda harus mencari angkutan kota atau elf berwarna ungu dengan jurusan Sumpang 3 – Terminal B – PCL. Turunlah di terminal B atau mintalah pada sopir untuk menurunkan Anda di kawasan angkutan berwarna perak.
  • Setelah itu, naik angkot berwarna perak dengan jurusan Cilegon – Anyer. Jarak dari Cilegon ke Anyer lumayan jauh, sehingga memakan waktu lebih dari 30 menit. Jika Anda tidak tahu arah dan rute, sebaiknya Anda duduk di depan dan mengatakan kepada sopir untuk diturunkan di depan Pelabuhan Anyer.
  • Biasanya, Anda akan diturunkan tepat di seberang jalan bagian depan menuju pelabuhan. Anda harus menyeberang jalan dan masuk ke dalam gang untuk menemukan pintu masuk pelabuhan atau gapura yang bertuliskan “Pelabuhan Anyer”. Tiba di pelabuhan, Anda hanya perlu mencari kapal yang akan berlayar ke Pulau Sangiang.
Lihat Juga:   Serunya Bermain Kayak di Pantai Gatra, Malang

Kegiatan Seru di Pulau Sangiang

Pintu masuk Pulau Sangiang (sumber: esqnews.id)
Pintu masuk Pulau Sangiang (sumber: esqnews.id)
  • Berkunjung ke bangunan Jepang. Di pinggir pantai di kawasan Pulau Sangiang, terdapat sebuah bangunan kuno peninggalan Jepang saat Perang Dunia ke-2. Dengan adanya peninggalan Jepang, Anda bisa berwisata alam sekaligus berwisata sejarah.
  • Pulau Sangiang yang masih asri dan bersih dengan hawa pantai yang sejuk, terbilang cocok untuk camping atau berkemah. Dengan mendirikan tenda di pinggir pantai, Anda bisa menikmati keindahan Baturaden, Menara Pandang, Berlin Wall, dan Rawa Tempuyung. Untuk masalah keamanan, Anda tidak perlu khawatir, karena camping ground Pulau Sangiang sudah dilengkapi security yang berjaga selama 24 jam.
  • yang masih belum tercemar dan berwarna biru di Pulau Sangiang, menyimpan warna-warni biota laut yang menarik. Anda bisa menikmatinya dengan cara snorkeling atau berenang. Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan batuan karang yang sudah berumur tua dan berbentuk seperti taman terumbu karang.
  • Melihat ikan hiu. Di bibir pantai yang sudah dilengkapi dengan dermaga dan area bersantai, Anda bisa melihat kawanan ikan hiu yang sedang berenang. Selain itu, Anda diperbolehkan berenang bersamanya. Hiu di pulau ini terbilang jinak, karena sudah terbiasa bertemu dan berinteraksi dengan manusia.
Lihat Juga:   Update Rekomendasi Penginapan Menarik di Sawangan, Depok

Sebelum Anda melakukan semua hal mengasyikkan di atas, jangan lupa untuk memperkirakan biaya yang Anda butuhkan untuk sampai ke Pulau Sangiang. Sebagai referensi rincian atau ke Pulau Sangiang, Anda bisa melihat tabel berikut.

Biaya ke Pulau Sangiang

Wisata Pulau Sangiang (sumber: phinemo.com)
Wisata Pulau Sangiang (sumber: phinemo.com)

 

Rincian ke Pulau SangiangBiaya
Tol Jakarta – Cilegon Timur (Mobil)Rp34.000 per kendaraan
Tarif Bus Jakarta – Simpang Cilegon (PO Arimbi)Rp35.000per orang
Angkot Ungu Simpang Cilegon – Terminal BRp4.000 per orang
Angkot Perak Cilegon – AnyerRp4.000 per orang
Sewa Perahu Pelabuhan Paku Anyer – Pulau SangiangRp390.000 per orang

Rincian biaya ke Pulau Sangiang dari Jakarta di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga tiket atau tarif transportasi menuju Pulau Sangiang tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Fikriyanti, Mariana, dkk. 2018. Keragaman Jenis Burung pada Berbagai Komunitas di Pulau Sangiang, Provinsi Banten. Jurnal Biodjati Universitas Padjadjaran, Vol. 3(2): 157-165.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan