6 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi di Jawa Tengah – Wisata Jateng




Di Jawa Tengah, banyak sekali lokasi wisata yang dapat Anda kunjungi mulai dari semarang, solo, , magelang, dan sekitarnya. Sebagai pusat kebudayaan di tanah jawa, Jawa tengah sangat dikenal akan tradisinya yang kental dan masyarakat yang ramah. Dua keraton di Jawa tengah pun masih eksis hingga saat ini, yakni Keraton dan keratin Solo. Jawa tengah juga memiliki 2 lokasi wisata sejarah yang diakui sebagai World Heritage UNESCO yaitu Borodubur dan Situs Sangiran.Peta Wisata Jateng

Bagi Anda yang berencana untuk mengunjungi propinsi ini, berikut kami rekomendasikan beberapa lokasi wisata di Jawa tengah yang akan membuat Anda takjub seketika,

Lawang Sewu (Semarang)

Bangunan kuno peninggalan Belanda ini dibangun pada tahun 1904 sebagai kantor pusat trem (kereta api) pada jaman pendudukan Belanda. Karena jumlah pintu dan jendelanya yang sangat banyak (429 pintu, 1.200 jendela) membuat ini lantas dijuluki “lawang sewu” yang berarti seribu pintu. Untuk dapat masuk ke Museum ini, Anda diharuskan membayar seharga Rp 10 ribuan per orang. Jika ingin menikmati suasana mistis di ruang bawah tanah, Anda diharuskan membayar tambahan sebesar Rp 30.000 per orang.

Lihat Juga:   The Grand Kost, Kost Harian Murah di Dekat Pasar Blimbing, Malang

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Solo)

Keraton solo ini didirikan pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II. Di dalam keraton terdapat tempat bernama “Panggung Sanggabuwana” yang diyakini sebagai tempat bertemunya Susuhunan dengan Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan. Ketika berkunjung ke keraton ini Anda diharuskan mematuhi peraturan, diantaranya dilarang memakai kacamata hitam, topi, celana pendek, sandal, atau jaket. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp 4.000 per orang, dan akan dikenakan biaya tambahan Rp 2.000 jika Anda membawa kamera.

Nasional Karimunjawa (Jepara)

Karimunjawa merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi oleh Pemerintah di Jawa Barat. Anda dapat menikmati pemandangan laut yang indah sembari melakukan olahraga air seperti berenang, snorkeling, dan menyelam di Karimunjawa.

Ketep Pass (Magelang)

Ketep Pass menyajikan sejumlah fasilitas wisata yang sangat menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga. Menariknya, Anda bisa menikmati pemandangan dari 5 gunung sekaligus, yakni Merbabu, Merapi, Sindoro, Slamet, dan Sumbing dari Pelataran Panca Arga. Untuk berkunjung ke Ketep Pass, hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp 7.500 per orangnya.

Lihat Juga:   Menengok Keindahan Laut di Pantai Vio Vio Batam

Dataran Tinggi (Wonosobo)

Dataran tinggi Dieng berada sekitar 30 km dari pusat Wonosobo, tepatnya di antara perbatasan Wonosobo dengan Kabupaten Banjarnegara. Area ini menawarkan landmark memikat yang juga dikenal sebagai “tempat persemayaman para dewa dewi”. Di sini, Anda bisa menemukan candi-candi Hindu, Sumur Jalatunda, Bukit Sikunir Dieng, dan Telaga Warna Dieng.

Museum Purbakala Sangiran (Sragen)

Area ini sering di sebutkan di buku sejarah sebagai lokasi penemuan artefak bersejarah. Sangiran kini dijadikan sebagai situs arkeologi manusia purba paling lengkap di Asia. Terdapat tak kurang dari 13.000 koleksi fosil manusia purba yang ditemukan di Sangiran.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan