Info Kisaran Biaya & Cara ke Gunung Bromo dari Malang




Wisata Gunung Bromo - jakarta.tribunnews.com
Wisata Gunung Bromo - jakarta.tribunnews.com

Gunung Bromo merupakan sebuah gunung berapi aktif yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung yang tingginya mencapai 2.329 meter di atas permukaan laut ini mencakup 4 wilayah kabupaten, yang meliputi Kabupaten , Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi aktif yang masuk dalam kawasan Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tak heran jika Gunung Bromo menjadi daya tarik wisata utama di Jatim.

Menurut Rachmawati dkk. (2007), Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektare. Gunung Bromo merupakan salah satu dari lima gunung yang terdapat di kompleks Pegunungan Tengger. Daya tarik utama Gunung Bromo adalah statusnya yang merupakan gunung aktif, kemudahannya untuk didaki, serta fenomena kawah Bromo di tengah kaldera Gunung Tengger (crater on the crater) yang dikelilingi oleh hamparan laut pasir.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Untuk masuk ke Gunung Bromo, para wisatawan nusantara diwajibkan membayar tiket masuk dengan Rp29 ribu per hari saat weekday, sedangkan saat hari libur tiketnya Rp34 ribu per hari per orang. Untuk wisatawan mancanegara harga tiketnya lebih mahal lagi. Saat weekday ditarik sebesar Rp220 ribu per hari, sedangkan di hari libur melambung jadi Rp320 ribu per hari.

Biaya tersebut masih belum termasuk biaya lain-lain seperti parkir kendaraan roda 4 sekali masuk akan ditarik sebesar Rp10 ribu, untuk kendaraan roda 2 biaya parkirnya Rp5 ribu, sepeda sekali masuk Rp2.000, dan kuda sekali masuk dikenai biaya Rp1.500. Rincian biaya tersebut berlaku sejak 1 Juni 2019, berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 12 tahun 2014, tanggal 14 Februari 2014 tentang tarif jenis PNPB (Penerimaan Negara Bukan Pajak), yang berlaku pada Kementerian Kehutanan dan Perjanjian Kerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Syariah Amanah Jiwa Giri Artha.

Cara ke Gunung Bromo - sobatpiknik.com
Cara ke Gunung Bromo – sobatpiknik.com

Cara ke Bromo dari Malang

Cara untuk menuju Gunung Bromo pun cukup mudah, karena bisa diakses melalui berbagai , baik udara (untuk pengunjung luar kota) dan darat untuk menuju ke gunung. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, karena Gunung Bromo mencakup beberapa wilayah, maka Anda bisa berangkat ke Bromo dari Malang, Pasuruan, atau Probolinggo.

Nah, bagi Anda yang berangkat dari Malang, bisa melalui rute Malang – Tumpang – Gubugklakah – Ngadas – Jemplang – Gunung Bromo yang jaraknya sekitar 53 kilometer. Jalur menuju Gunung Bromo cukup terjal, oleh sebab itu Anda tidak disarankan untuk naik sepeda motor matic. Lebih baik Anda menyewa sepeda motor non matic yang memang kondisinya lebih prima atau bahkan bisa juga naik motor trail untuk menuju ke Bromo. Biaya sewa motor bebek berkisar Rp70 ribu hingga Rp100 ribu per unit, sedangkan untuk motor trail lebih mahal, yakni Rp300 ribuan.

Bagi yang pergi bersama rombongan, bisa juga menyewa mobil Jeep dari Malang. Adapun tarif sewa mobil Jeep menuju Gunung Bromo dari Malang Kota sekitar Rp1 jutaan untuk 5 orang dan biasanya akan dikenai biaya lebih bila Anda naik dari Tosari, Pasuruan atau dari Gubug Klakah Malang sekitar Rp500 ribuan hingga Rp700 ribuan saja. Anda bisa patungan bersama rombongan agar biaya lebih terjangkau.

Namun, bila Anda termasuk orang yang ogah repot berkendara sendiri atau sebagainya, Anda bisa mencoba jasa atau mengikuti open trip yang kini sudah banyak di internet maupun media sosial. Melalui jasa tour and , Anda bisa mendapatkan layanan full package ke Gunung Bromo dengan biaya sekitar Rp300 ribu hingga Rp400 ribu saja per orang, sudah termasuk dengan sewa Jeep, bensin, tiket masuk, dan Anda akan dibawa -jalan berkeliling ke seluruh spot menarik di Bromo.

Biaya ke Gunung Bromo dari Malang - travel.tempo.co
Biaya ke Gunung Bromo dari Malang – travel.tempo.co

Jika Anda berencana untuk pergi ke Gunung Bromo, sebaiknya persiapkan fisik, anggaran, dan juga kendaraan (bila naik kendaraan pribadi). Gunung Bromo sendiri sebenarnya cukup mudah didaki, tetapi Anda juga wajib untuk tetap berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berada di sana.

Referensi:

Lihat Juga:   Hotel Palem, Akomodasi Kelas Melati Minimalis di Malang

Rachmawati, Eva, dkk. 2007. Potensi Bahaya Di Kawasan Wisata Gunung Bromo, Resort Tengger Laut Pasir, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Media Konservasi. XII(3): 140-144.




Tentang Dian Kartika1086 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan