Biaya dan Fasilitas Penginapan di Pulau Oar, Banten




Pulau Oar - www.bantenwisata.com
Pulau Oar - www.bantenwisata.com

Berbicara mengenai objek di Banten, mungkin Anda lebih familiar dengan Pantai Anyer atau Taman Nasional Ujung Kulon. Padahal, provinsi yang terbilang baru lepas dari Provinsi Jawa Barat ini punya beberapa objek menakjubkan lainnya yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya Pulau Oar yang berada di seberang Ujung Kulon.

Pulau Oar - www.bantenwisata.com
Pulau Oar – www.bantenwisata.com

Pulau Oar berlokasi di Desa Sumur, Pandeglang, Banten. Menurut penuturan warga sekitar, Desa Sumur ini masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Untuk menuju pulau ini, jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam. sepanjang 71 km ini dapat ditempuh dengan menggunakan rute Jakarta-Pantai Anyer-Pantai Carita, kemudian ikuti saja papan petunjuk jalan untuk menuju Labuan, dan lanjutkan dengan mengikuti jalan hingga tiba di Desa Sumur.

Sesampainya di Desa Sumur, jika Anda membawa kendaraan bermotor, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di area parkir pelelangan ikan atau di rumah warga. Namun, untuk meminimalkan pengeluaran, disarankan memarkir kendaraan di rumah warga sekitar karena mereka hanya meminta tarif parkir seikhlasnya dari pengunjung.

Pulau Oar - wisatabanten.com
Pulau Oar – wisatabanten.com

Untuk menyeberang ke Pulau Oar dari Desa Sumur, memang memerlukan perahu. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan jasa para nelayan setempat untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Mengenai tarif atau biaya penyeberangan, Anda bisa melakukan negosiasi dengan nelayan.

Untuk kisaran, tarif penyeberangan ke Pulau Oar dari Desa Sumur menggunakan perahu nelayan adalah sebesar Rp500.000 untuk 9 orang. Biaya ini sudah termasuk tarif pulang-pergi, biaya masuk pulau, dan izin untuk camping. Sementara, jika Anda hanya membutuhkan tumpangan untuk menyeberang, Anda cukup merogoh kocek Rp250000 per kapal berisi 10 orang untuk pulang-pergi.

Waktu yang diperlukan untuk menyeberang ke Pulau Oar tidak terlalu lama, yaitu sekitar 15 menit sampai 20 menit. Letaknya yang tidak jauh dari Pulau Umang membuat Pulau Oar memiliki suasana yang hampir tidak berbeda dengan pulau tersebut. Meski demikian, jika dibandingkan dengan wisata panta di Banten lainnya yang rata-rata sudah tercemar, maka kondisi pantai di Pulau Oar cenderung lebih bersih dengan perairan yang cukuo jernih. Gradasi warna biru air laut di pantai ini dijamin bakal membuat pikiran para wisatawan rileks.

Lihat Juga:   Lima Penginapan Murah di Kawasan Cengkareng

Pulau Oar sendiri hanya memiliki luas 5,2 meter persegi, sehingga Anda tidak perlu waktu lama jika ingin berkeliling pulau, yaitu sekitar 45 menit sampai 60 menit. Dengan komposisi pulau yang terdapat hutan, semak belukar, dan beberapa yang banyak ditumbuhi hutan bakau, trekking atau berjalan kaki menyusuri kawasan pulau menjadi kegiatan yang sangat seru.

Selain trekking, aktivitas lain yang cukup menarik dilakukan di pulau ini adalah bermain air di pantai, bersantai memandangi lautan luas, dan juga snorkeling. Nah, jika Anda penggemar snorkeling, Anda bisa membawa peralatan sendiri untuk melakukan hobi Anda tersebut, atau menyewa peralatan dengan biaya sekitar Rp45 ribu per orang, sudah termasuk snorkel, pelampung, dan fins.

di Pulau Oar

Karena merupakan pulau yang tidak berpenghuni, fasilitas yang disediakan di pulau ini memang sangat minim, terutama fasilitas penginapan yang bisa dikatakan tidak ada. Lalu, bagaimana jika wisatawan ingin menginap? Untuk Anda yang ingin lebih menyatu dengan , Anda bisa bermalam di pulau ini dengan mendirkan tenda atau camping. Jika Anda tidak ingin mendirikan tenda, Anda bisa tidur di saung-saung dengan membayar biaya sekitar Rp100.000 per malam.

Namun, jika Anda kebetulan masih tida sreg menginap di tenda maupun di saung, Anda bisa mencari penginapan terdekat di Pulau Umang. Salah satu akomodasi penginapan yang cukup populer di pulau ini adalah Pulau Umang Resort. Pulau Umang Resort berlokasi di Pulau Umang, Desa Sumur, Pandeglang. Fasilitas yang disediakan di penginapan ini mencakup layanan pijat, , kolam renang outdoor, taman, layanan kamar, biliar, area parkir yang luas, ruang rapat, hingga restoran.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Murah di Anyer yang Cocok untuk Backpacker

Dengan tarif mulai Rp1.200.000 per malam untuk suite room, reservasi bisa dilakukan melalui nomor telepon (021) 53153008. Namun, jika Anda ingin bermalam di penginapan ini, Anda sebaiknya melakukan pemesanan kamar jauh-jauh hari mengingat banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di Pulau Umang, terutama di akhir pekan.

Sementara, untuk penginapan yang agak jauh, Anda bisa bermalam di Bunar Tunggal & Resto yang berlokasi sekitar 19 km dari Pulau Oar, tepatnya di Jalan Raya Tanjung Lesung No. 22, Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten. Ada dua tipe kamar yang disediakan di penginapan ini, yaitu Superior King dengan tarif Rp700 ribu per malam dan Budget Double dengan tarif mulai Rp1,5 juta per malam. Sementara, fasilitas yang disediakan termasuk AC, double bed, kamar mandi dalam, akses Wi-Fi, hingga TV dan lemari.

Jasa Tour

Jika Anda tidak ingin repot mencari penginapan atau penyeberangan, Anda bisa menggunakan jasa tour yang banyak ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan atau travel. Umumnya, tour ke Pulau Oar berlangsung selama tiga hari dua malam, sudah termasuk tot ke Gunung Honje. Biaya untuk melakukan tour ini berkisar Rp575 ribuan per orang, sudah termasuk dari Jakarta menuju Sumur dan pulang lagi ke Jakarta, kapal hoping island, (sharing), makan 3 kali plus 1 kali barbeque, alat snorkeling, jasa pemandu wisata atau guide, retribusi, biaya sandar kapal, dan dokumentasi menggunakan kamera DSLR (di darat) dan kamera underwater (di laut).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan