Bercengkerama dengan Lutung Jawa Sembari Menikmati Keindahan Pantai Kondang Sugu




Pantai Kondang Sugu
Pantai Kondang Sugu

Satu lagi pantai yang memesona di Malang, yaitu Pantai Kondang Sugu. Pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Kondang Merak, dengan jarak kurang lebih 2 km. Keadaan ini membuat pantai tersebut menyandang nama ‘Kondang’, namun juga kerap disebut Pantai Sugu saja.

Pantai Kondang Sugu terletak di Desa Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indah dari pantai-pantai lainnya di Malang. Untuk dapat sampai di sini, pengunjung dapat mengambil rute ke pantai Kondang Merak. Selanjutnya, dapat meneruskan ke arah barat dari Kondang Merak.

Pantai ini berjarak sekitar 66 km dari Malang. Untuk menuju ke pantai ini, Anda harus melakukan usaha yang lebih ekstra, karena jalan menuju ke sana masih berupa bebatuan dan tanah yang licin.  Selain itu, jalannya yang naik turun juga semakin mempersulit perjalanan Anda.

Pantai Kondang Sugu Malang
Pantai Kondang Sugu Malang

Apabila Anda ingin berkunjung ke pantai ini, disarankan untuk tidak membawa kendaraan besar seperti bis, karena jalannya masih rusak. Anda hanya bisa menggunakan mobil atau sepeda motor untuk berkunjung ke sana. Bagi Anda yang ingin membawa mobil off-road, sebaiknya Anda mengurungkan niat tersebut. Karena, terdapat papan larangan membawa mobil off-road di Pantai Kondang Sugu.

Lihat Juga:   Daftar Villa Murah di Kawasan Wisata Kaliurang Yogyakarta

Bila ingin benar-benar merasakan esensi petualangan, naik kendaraan umum menuju Pantai Kondang Sugu patut dicoba. Rutenya adalah dari Terminal Arjosari, Malang, naiklah angkutan kota jurusan Gadang. Lalu, lanjutkan dengan naik angkutan kota jurusan Bantur. Sesampainya di Bantur, wisatawan bisa menggunakan jasa ojek untuk meneruskan perjalanan menuju Pantai Kondang Sugu karena memang belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke pantai tersebut.

Jika hendak pergi berwisata ke Pantai Kondang Sugu bersama rombongan besar atau teman, ada baiknya wisatawan membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan selama perjalanan. Dari pusat kota Malang, ambil arah menuju Gadang atau Kendalpayak, kemudian ikuti petunjuk arah menuju ke Gondanglegi. Sesampainya di Gondanglegi, ikuti saja marka jalan menuju ke Pantai Balekambang atau Bantur. Setibanya di perempatan menuju arah Balekambang, arahkan kendaraan ke kanan menuju arah Pantai Kondang Merak. setelah itu ikuti saja petunjuk jalan yang sudah terpasang.

Lihat Juga:   Info Tiket, Rute, dan Fasilitas Coban Pelangi

Horizon yang terlihat dari pantai ini tak lebar. Hal ini disebabkan adanya dua yang menghalangi arah pandang ke laut lepas. Walaupun demikian, sebagaimana pantai lain yang langsung menghadap ke Samudera Indonesia, ombak di Pantai Sugu cukup besar. Meski ombaknya cukup besar Anda masih bisa berenang di pantai ini. Namun, tetaplah waspada utamanya di siang hari karena ada ombak setinggi 2-3 meter. Waktu yang paling tepat untuk berenang adalah ketika di pagi hari, ketika ombaknya masih belum terlalu besar.

Pantai Kondang Sugu
Pantai Kondang Sugu

Seperti area kebanyakan, untuk memasuki pantai ini, pengunjung dikenakan masuk sebesar Rp5.000. tersebut juga berlaku untuk parkir kendaraan roda empat, sedangkan untuk roda dua parkirnya sebesar Rp3.000.

Sekadar , ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama berwisata di Pantai Kondang Sugu. Pertama, pantai ini masih merupakan daerah konservasi, sehingga pengunjung harus menjaga kebersihan pantai. Selain itu, ketika bertemu lutung jawa atau hewan lain di perjalanan, Anda tidak diperbolehkan berinteraksi atau memberinya makan.

 




Tentang M. Nur Fahmi897 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan