Mau Menginap di Hotel? Ini Aturan Jam Check In dan Early Check In




Early Check In - blog.staah.com
Early Check In - blog.staah.com

Saat hendak bermalam di hotel, ada sejumlah hal yang memang sebaiknya diketahui para tamu, termasuk aturan jam check in karena berpengaruh pada durasi waktu menginap. Jam check in di kebanyakan penginapan memang sudah diatur. Namun, ada juga sejumlah akomodasi yang memberikan ‘keringanan’ sehingga wisatawan bisa melakukan early check in, dengan sejumlah syarat tertentu.

Meski kini sudah tersedia banyak penginapan lainnya, seperti guest house, , , hingga resort dan dormitory, hotel tetap menjadi pilihan utama banyak turis sebagai tempat bermalam ketika liburan ke suatu daerah. Pasalnya, jumlah hotel memang relatif lebih banyak dan bisa ditemukan di berbagai wilayah. Selain itu, hotel juga menyediakan sejumlah kelas yang dapat disesuaikan kebutuhan dan budget traveler.

Hotel sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan , minuman, dan fasilitas untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar, sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.[1] Selain itu, hotel juga bisa disebut sebagai bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, yang disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan, seperti makan dan minum.[2]

Untuk mereka yang mungkin baru pertama kali menginap di hotel, ada sejumlah prosedur yang harus diketahui sebelum menikmati segala fasilitas yang ditawarkan. Prosedur pertama tentu saja harus memesan atau melakukan kamar. Jika dulu kamar harus dilakukan langsung di lokasi atau melalui sambungan telepon, kini sudah dapat melalui berbagai online agent (OTA) sehingga lebih mudah dan praktis.

Lihat Juga:   Namira Hotel Syariah Jogja, Penginapan Bernuansa Islami dengan Tarif Terjangkau
Menginap di Hotel - www.visitroanokeva.com
Menginap di Hotel – www.visitroanokeva.com

Prosedur Check In Hotel

Setelah proses reservasi selesai, calon tamu ternyata tidak bisa serta-merta langsung menempati kamar yang sudah mereka pesan. Pasalnya, ada proses yang dinamakan check in. Ini adalah proses tamu resmi datang atau tiba di hotel sekaligus memasukkan barang-barang mereka ke dalam kamar. Untuk melakukan proses ini, pelancong cukup menyebutkan identitas kepada pihak hotel atau resepsionis. Jika memesan lewat OTA, bisa menunjukkan bukti booking yang biasanya dikirimkan pihak OTA lewat email.

Kebanyakan hotel yang ada di Indonesia akan meminta tamu menyerahkan fotokopi KTP atau menunjukkan KTP asli (apabila tamu tersebut adalah wisatawan domestik). Sementara, jika Anda kebetulan menginap di luar negeri, KTP ini biasanya tidak berlaku. Meski demikian, Anda tetap harus menunjukkan identitas diri berupa paspor kepada resepsionis hotel.

Selain meminta kartu identitas diri, beberapa hotel juga menerapkan kebijakan deposit. Wisatawan harus memberikan sejumlah biaya tertentu (bisa uang tunai maupun melalui kartu kredit) kepada pihak hotel sebagai jaminan. Jika tamu melakukan service room, laundry, atau merusak dan menghilangkan barang, uang deposit tersebut akan menjadi milik hotel sesuai dengan besaran biaya yang mesti tamu keluarkan. Jika uang deposit kurang, tamu harus menambah kekurangan, begitu pula sebaliknya. Uang deposit nantinya akan dikembalikan utuh jika tidak ada klaim apa pun.

Aturan Jam Check In Hotel

Melakukan check in di hotel ini ternyata juga tidak bisa sembarangan atau semaunya. Pasalnya, ada jam khusus kapan calon tamu baru bisa melakukan check in. Secara umum, hotel-hotel yang ada di Indonesia menerapkan waktu check in mulai pukul 14.00 atau jam 2 siang. Namun, ada juga sejumlah hotel yang menerapkan kebijakan check in mulai pukul 13.00 atau jam 1 siang, terutama saat high season karena jumlah tamu biasanya lebih banyak.

Lihat Juga:   Tarif Celcius Spa Surabaya, Cocok untuk Relaksasi dan Hilangkan Penat
Aturan Jam Check In - www.bobvila.com
Aturan Jam Check In – www.bobvila.com

Berbeda dengan hotel, penginapan model resort atau villa memiliki aturan jam check in sendiri. Umumnya, resort di Indonesia dan mancanegara menerapkan waktu check in antara jam 13.00 hingga 16.00 (jam 1 siang hingga 4 sore) dan waktu check out antara pukul 11.00 sampai 13.00. Sementara, kebanyakan losmen atau hotel kelas melati malah tidak menetapkan aturan khusus, sehingga tamu bebas masuk kamar kapan saja selama masih ada kamar yang kosong.

Aturan Early Check In Hotel

Lalu, bagaimana jika wisatawan ternyata sudah datang di tempat , tetapi jam untuk check in masih lama? Nah, untuk memfasilitasi tersebut, banyak hotel yang sudah menerapkan kebijakan early check in, yakni ketika tamu masuk kamar hotel sebelum pukul 12.00 siang. Namun, sebelum bisa memanfaatkan ini, traveler sebaiknya mengomunikasikan hal tersebut dengan pihak penginapan. Layanan ini bisa diberikan atau tidak, bergantung okupansi hotel pada hari tamu tersebut menginap.

[1] Sulastiyono, Agus. 2001. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. : CV Alfabeta.

[2] Ramadeni. 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan Karyawan Reception Front Office Department dengan Kepuasan Tamu Menginap di Hotel Grand Rocky Bukittinggi. E-Journal Home Economic and Tourism Universitas Negeri Padang, Vol. 11(1).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan