Umbul Pelem, Kolam Pemandian Alami yang Cocok Jadi Tempat Rekreasi di Klaten




Umbul Pelem - travel.tribunnews.com

Umbul Pelem bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata di , , bersama dengan sederet alam lainnya seperti Umbul Ponggok, Umbul Nilo, Umbul Manten, Umbul Sigedang, Umbul Brintik, hingga Umbul Pluneng. Kolam air alami ini telah dibuka sejak tahun 2018 lalu dan hingga kini sukses menyedot perhatian banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Umbul Pelem Waterpark terletak di Jalan Tegalgondo – Janti, Dukuh, Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, 57474. Jalan untuk menuju Umbul Pelem kabarnya cukup mudah dan bisa ditempuh dengan naik kendaraan pribadi atau naik angkutan umum.

Apabila Anda berencana mengunjungi Umbul Pelem dengan naik kendaraan pribadi, Anda bisa berkendara menuju pertigaan Pasar Tegalgondo yang terletak di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, baik yang datang dari arah Solo atau Yogyakarta. Jika Anda datang dari arah Solo, maka pertigaan Pasar Tegalgondo ada di sebelah kanan jalan, 550 meter setelah Tugu Selamat Datang di Kabupaten Klaten.

Tetapi jika Anda berangkat dari Jogja, maka letak pertigaan Pasar Tegalgondo berlokasi di sebelah kiri jalan, sekitar 900 meter setelah perempatan Pakis, Kecamatan Wonosari, Klaten. Kemudian dari pertigaan tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju arah barat. Ikuti Jalan Tegalgondo-Jati sampai sejauh 6,5 km menuju Umbul Pelem.

Nah, bila sampai pertigaan Janti, tidak lama lagi akan ada Tugu Selamat Datang di Desa Wunut yang artinya Anda akan segera sampai di Umbul Pelem. Umbul Pelem ada di sebelah kiri jalan, letaknya setelah Umbul Manten.

Umbul Pelem - mainsamabocah.blogspot.com
Umbul Pelem – mainsamabocah.blogspot.com

Jika tidak ada kendaraan pribadi yang bisa digunakan, Anda tak perlu resah. Memang saat ini kabarnya masih belum ada kendaraan umum yang langsung mengantarkan Anda menuju Umbul Pelem. Namun setidaknya Anda bisa mencoba alternatif satu ini. Seperti halnya naik kendaraan pribadi, Anda bisa turun di Pertigaan Tegalgondo apabila naik bus jurusan Solo-Yogyakarta. Untuk sampai di Umbul Pelem, Anda dapat memanfaatkan jasa ojek yang ada di pertigaan tersebut atau bahkan naik ojek online. Rutenya sama saja seperti naik kendaraan pribadi. Mudah kan?

Lihat Juga:   Lewatkan Malam penuh Gelora di Boshe VVIP Jogja

Berwisata ke Umbul Pelem bisa dibilang sebagai wisata hemat loh. Kenapa demikian? Pasalnya harga tiket masuk Umbul Pelem dipatok cukup , hanya Rp 5 ribuan saja per orang dan Anda bisa menikmati berendam atau bahkan berenang sepuasnya di kolam yang ada di sana.

Umbul Pelem memiliki 4 buah kolam dan 1 kebun cenil atau selada air. Empat kolam di Umbul Pelem terdiri dari 3 kolam yang bernuansa tradisional, yakni hanya beralaskan batu dan pasir serta 1 kolam renang utama. Umbul Pelem buka mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Biasanya ini akan ramai dipadati pengunjung di akhir pekan alias weekend, yakni hari Sabtu dan Minggu serta saat libur nasional. Oleh sebab itu, jika ingin menghindari kepadatan pengunjung, Anda bisa berkunjung di hari-hari biasa. Tiap harinya Umbul Pelem dikunjungi sekitar 300-an orang. Bahkan ketika memasuki musim jumlah pengunjung Umbul Pelem bisa meningkat berkali-kali lipat mencapai 2.000 orang.

Selain mengandalkan nuansa pedesaan dan suasana sekitar yang masih alami dan asri, Umbul Pelem juga mengandalkan sumber mata air alami sebagai daya tarik utamanya. Lokasi sumber mata air Umbul Pelem sendiri kabarnya tidak jauh dan masih berada di satu kompleks dengan Umbul Pelem. Karena menggunakan sumber mata air alami yang tanpa kaporit, maka mandi atau berenang di Umbul Pelem pun rasanya begitu menyegarkan. Bahkan kabarnya air Umbul Pelem tak akan terasa pedih di mata walaupun Anda berenang sekian lama.

Yang lebih menarik lagi, air di Umbul Pelem akan terus mengalir sehingga air dalam kolam pun terus berganti. Anda pun tak perlu khawatir dengan urusan kebersihan, pasalnya pihak BUMDes Sumber Kamulyan selaku pihak pengelola Umbul Pelem kabarnya selalu menguras air Umbul Pelem setiap hari pada sore hingga malam hari, jadi air kolamnya pun senantiasa bersih dan membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama di sana.

Lihat Juga:   9 Lokasi Air Terjun yang bikin ‘adem’ di Pasuruan

Bagi Anda yang tak bisa berenang pun tak perlu resah. Pasalnya di Umbul Pelem sudah tersedia persewaan ban dengan cukup terjangkau, hanya Rp 5 ribuan saja per ban. Jika bosan dengan kegiatan berenang atau berendam saja, Anda juga dapat mencoba naik perosotan keramik yang ada di samping kolam. Walaupun tidak setinggi perosotan atau slide di waterboom-waterboom besar, tetapi meluncur di perosotan yang disambut dengan kolam kecil di depannya tentu akan terasa sangat menyenangkan.

Umbul Pelem - (Youtube: Best Life)
Umbul Pelem – (Youtube: Best Life)

Penasaran dengan daya tarik lain dari Umbul Pelem? Anda juga bisa beralih ke sawah sayur cenil alias selada air yang ada di dekat Umbul Pelem. Lantaran masih alami, Anda dapat dengan mudah menemukan ikan cethul atau ikan kecil-kecil yang biasa hidup di sungai yang ada di sana. Pengunjung anak-anak pun dapat bermain air di kolam batu alam yang cukup dangkal.

Urusan fasilitas di Umbul Pelem juga cukup memadai walaupun pembangunan destinasi wisata ini masih belum rampung seutuhnya. Umbul Pelem menawarkan fasilitas seperti kamar ganti untuk berbilas setelah Anda berenang, toilet, gazebo untuk duduk-duduk bersantai, hingga warung atau penjual makanan dan minuman bagi Anda yang merasa kelaparan atau kehausan. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi pun tak perlu kebingungan, sebab di Umbul Pelem sudah tersedia area parkir yang cukup luas beserta penjaganya.




Tentang Dian Kartika1077 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*