Pesona dan Harga Tiket Masuk Pantai Alau Alau Kalianda




Pantai Alau-Alau Kalianda Lampung (sumber: gotravelly.com)
Pantai Alau-Alau Kalianda Lampung (sumber: gotravelly.com)

Lampung merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang terkenal akan keindahan pantainya. Di provinsi yang terletak di ujung selatan ini, Anda bisa menemukan beragam pantai yang menawarkan panorama eksotis. Nah, apabila Anda kebetulan ingin menyaksikan perpaduan pasir putih dan batu karang hitam, Anda bisa berkunjung ke Pantai Alau Alau Kalianda.

Lokasi Pantai Alau Alau Kalianda

Objek ini dapat Anda temukan di Jalan Sinar Laut, Way Urang, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Dari Pelabuhan Bakauheni, jarak menuju ke pantai sekitar 37 km. Sementara, apabila bertolak dari Terminal Rajabasa Bandara Lampung, ke pantai berkisar 65 km, sedangkan dari Bandara Radin Inten dapat ditempuh dalam waktu dua jam berkendara.

Jika Anda kebetulan membawa kendaraan pribadi, rute yang bisa dipilih adalah menuju kawasan Kalianda hingga tiba di pertigaan dan jalan lintas Sumatera. Setelah itu, belok kiri dan masuk ke jalan dua jalur. Apabila sudah menemukan Kantor Bupati Lampung Selatan, Anda bisa menemukan papan petunjuk ke Pantai Alau Alau.

Sementara, apabila Anda kebetulan naik transportasi umum, dari Pelabuhan Bakauheni, Anda bisa menumpang bus atau travel jurusan Rajabasa, kemudian turun di Masjid Agung Kalianda atau Kompleks Perkantoran Pemda Lampung Selatan. Perjalanan kemudian bisa dilanjutkan dengan naik ojek dengan tarif sekitar Rp20 ribuan, tergantung negosiasi Anda dengan driver ojek.

Pesona dan Fasilitas Pantai Alau Alau Kalianda

Pesona Pantai Alau Alau Kalianda (sumber: hotelku.co.id)
Pesona Pantai Alau Alau Kalianda (sumber: hotelku.co.id)

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya, kawasan wisata ini juga punya ciri khasnya tersendiri. Hamparan pasirnya yang berwarna putih dan halus bakal membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Sementara itu, di ujung pasirnya, sudah berdiri jajaran batu karang yang indah dan juga berfungsi untuk ‘memagari’ bibir pantai dari serbuan ombak laut.

Karena begitu banyak batu karang, membuat ombak di pantai ini memang tidak terlalu besar. Jadi, pengunjung dapat berenang atau bermain air di pinggir pantai ini, selain bermain pasir, bermain voli pantai, atau hanya sekadar duduk menghirup udara menikmati keindahan pantai. Meskipun ombaknya tidak terlalu besar, Anda juga tetap harus berhati-hati.

Meski judulnya adalah pantai, panorama yang ditawarkan wisata ini tidak melulu pasir putih atau air laut yang biru. Di kejauhan, traveler juga dapat menyaksikan pemandangan . Dari bibir pantai ini, Anda bisa menikmati kemegahan Anak Krakatau. Tentunya, ini bisa menjadi spot yang oke untuk dijadikan background foto dan di-upload di media sosial.

Menurut ulasan para pengunjung yang pernah rekreasi ke tempat ini, Pantai Alau Alau Kalianda dikatakan sebagai sebuah spot wisata yang keren, dengan pasir putih dan view yang kece. Selain itu, dengan fasilitas yang terbilang komplet, termasuk penginapan, pantai ini menjadi lokasi yang pas untuk acara-acara seperti reuni dan camping.

Sayangnya, pada akhir tahun 2018, kawasan Provinsi Lampung, termasuk Pantai Alau Alau Kalianda, terkena bencana tsunami yang terjadi di Selat Sunda. Alhasil, sebagian fasilitas di tempat ini pun rusak, termasuk area bersantai. Meski demikian, tidak menghalangi puluhan, bahkan ratusan, wisatawan untuk tetap di Pantai Alau Alau Kalianda.

Harga Pantai Alau Alau Kalianda

Pantai Alau-Alau Kalianda Lampung (sumber: twipu.com)
Pantai Alau-Alau Kalianda Lampung (sumber: twipu.com)

Nah, apabila Anda sedang kebingungan menentukan lokasi untuk berlibur, tidak ada salahnya berwisata ke Pantai Alau Alau Kalianda. Dengan pemandangan yang elok dan suasana yang sepi, pantai ini tentu bisa menjadi area yang pas untuk menghilangkan penat Anda. Harga tiket masuknya juga relatif terjangkau, mulai Rp10 ribu hingga Rp20 ribuan per orang.

Tarif Penginapan di Pantai Alau Alau Kalianda

Seperti disampaikan di atas, sebagai lokasi liburan, Pantai Alau Alau Kalianda juga telah dibekali dengan fasilitas memadai, termasuk penginapan. Di sini, setidaknya Anda dapat menemukan -cottage yang nyaman dan bisa Anda sewa bersama pasangan, teman, atau saat Anda berlibur bersama rombongan keluarga.

Bernama Alau Alau Boutique Resort Hotel, tempat inap ini berada di kawasan Pantai Alau Alau Kalianda, tepatnya di Jalan Sinar Laut No. 81. Alau Alau Boutique Hotel berselang sekitar 1 jam berkendara dari Pelabuhan Bakauheni dan 1,5 jam berkendara dari Bandara Radin Inten II atau pusat Bandar Lampung. Dalam 45 menit berkendara dari hotel, Anda akan tiba di Dermaga Canti di Pantai Kalianda, dan Anda dapat naik perahu selama 3 jam untuk mengunjungi Anak Gunung Krakatau.

Cottage di Alau Alau Boutique Resort (sumber: Traveloka)
Cottage di Alau Alau Boutique Resort (sumber: Traveloka)

Tidak hanya berlokasi dekat Pantai Alau Alau, akomodasi ini juga berjarak tidak terlalu jauh dari deretan pantai indah lainnya di Lampung, Apabila Anda berkunjung ke Pantai Ketang, jarak dari penginapan cuma berkisar 2,73 km, sedangkan perjalanan menuju Pantai Mutun, Pantai Tirtayasa, atau Pulau Pahawang sekitar 1 jam berkendara.

Sebagai sebuah tempat bermalam, hotel ini menawarkan bungalow atau cottage dengan satu hingga tiga tidur berukuran luas, lengkap dengan teras pribadi. Memiliki pemandangan Selat Sunda yang eksotis, pihak pengelola sudah menyiapkan sejumlah fasilitas mewah, termasuk kolam renang di luar ruangan, area parkir kendaraan gratis, kamar, wisata sehari, penyewaan mobil via meja depan, kamar mandi pribadi plus shower , air mineral, hingga mesin pembuat kopi.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa menginap di tempat ini? Sayangnya, pihak pengelola tidak memberikan rincian resmi tarif inap di Alau Alau Boutique Resort Hotel, demikian juga situs booking online. Namun, menurut bocoran beberapa wisatawan, harga sewa cottage di sini berkisar Rp500 ribuan per malam untuk model Non-AC. Jika Anda butuh info lebih detail, bisa menelepon nomor 0811 727 638.

Lihat Juga:   Taman Bunga Sakura Bogor, Sensasi Wisata Serasa di Jepang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan