Harga Tiket Pantai Puntondo Takalar, Wisata Edukasi dan Refreshing Asyik




Pantai Puntondo Takalar (google: Husni Rambo)
Pantai Puntondo Takalar (google: Husni Rambo)

Dusun Puntondo terletak di Teluk Laikang, Kabupaten Takalar, Provinsi Selatan dan terkenal sebagai pusat budidaya rumput .[1] Selain itu, dusun ini memiliki Putondo Takalar yang sering dijadikan refreshing sekaligus tempat rekreasi edukasi dengan harga tiket dan memiliki fasilitas yang lengkap.

dan Fasilitas Pantai Puntondo

Pantai Puntondo merupakan salah satu pantai berpasir putih yang masih alami dan bersih yang berada di lingkungan Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH). Pantai ini berada di bawah naungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Yayasan Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo yang bergerak dan fokus pada pendidikan lingkungan hidup.

Berada di kawasan PPLH, para wisatawan yang datang ke pantai harus mematuhi peraturan yang ada. Turis dilarang untuk menangkap, merusak, dan membunuh ekosistem di sekitar pantai. Dengan adanya larangan ini, diharapkan para pelancong dapat ikut serta belajar untuk menjaga kelestarian alam, khususnya di Pantai Puntondo.

Tergolong sebagai pantai yang masih bersih dari sampah, Pantai Puntondo menawarkan pemandangan laut biru yang indah dan pasir pantai putih yang lembut dengan air jernih di bibir pantai. Bahkan, Anda bisa melihat segerombolan ikan-ikan kecil, karang, dan rumput laut. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan petugas yang sedang memanen atau menanam bibit rumput laut di sekitar pantai.

Di area pinggir pantai, terdapat taman yang ditumbuhi aneka tanaman yang membuat suasana pantai menjadi lebih asri. Selain itu, di pinggir pantai dan tidak jauh dari taman, ada hutan mangrove sebagai bahan pembelajaran tentang pengairan, penghijauan, dan terkait abrasi. Ada juga spot edukasi bagi Anda yang ingin belajar tentang destilasi air. Destilasi merupakan proses penyaringan air pantai yang kotor menjadi air bersih siap minum.

Lihat Juga:   Rekomendasi Tempat Wisata di Wellington New Zealand
Pondok & hutan mangrove dekat Pantai Puntondo, Takalar (sumber: celebes.co)
Pondok & hutan mangrove dekat Pantai Puntondo, Takalar (sumber: celebes.co)

Di sekitar area destilasi, terdapat bak limbah dari restoran pinggir pantai yang dilengkapi dengan tumbuhan eceng gondok. Bak berisi kolam eceng gondok berfungsi sebagai penyaring limbah. Limbah yang ada akan dijadikan sebagai pupuk untuk pohon bakau dan air bersih dari limbah akan dialirkan ke empang. Pemanfaatan teknologi ramah lingkungan ini juga bertujuan untuk menyaring sampah yang berasal dari laut lepas, sehingga kebersihan pantai tetap terjaga.

Berbicara tentang restoran yang ada di pantai, umumnya berupa bangunan kayu sederhana. Kedai pinggir pantai ini menyediakan aneka makanan berbahan dasar seafood dan minuman yang menyegarkan. Selain itu, restoran ini menawarkan aneka hidangan berbahan dasar sayur organik, yang tentunya menyehatkan.

Tak kalah seru dengan fasilitas edukasi, Anda bisa menikmati segarnya air laut di Pantai Puntondo. Para wisatawan dibebaskan untuk melihat berbagai jenis biota air di sekitar pantai dengan berenang atau snorkeling. Untuk peralatan renang atau menyelam, Anda bisa membawa sendiri dari rumah atau menyewa di lapak-lapak pinggir pantai.

Jika Anda beruntung, ketika berenang, Anda akan menemukan ikan badut, ikan baronang, kepe strip delapan, dan ikan lepu. Anda juga bisa melihat burung camar yang sedang berburu ikan di perairan pantai. Menjelang sore, burung-burung ini akan hinggap di dahan pohon, sehingga pagi dan siang hari adalah waktu yang tepat untuk melihat mereka berburu.

Lihat Juga:   Villa Anggrek 5 Batu, Penginapan Favorit dengan Dua Kamar & Tarif Terjangkau
Hidangan restoran di pesisir Pantai Puntondo Takalar (google: Husni Rambo)
Hidangan restoran di pesisir Pantai Puntondo Takalar (google: Husni Rambo)

Fasilitas lain yang tersedia di Pantai Puntondo adalah galeri pesisir. Ini merupakan sebuah pondok yang memajang aneka hasil seni daur ulang dari pasir, plastik, kain, dan kayu. Di dalamnya, juga terdapat perpustakaan dengan berbagai macam buku tentang pesisir. Ada juga toilet umum di dekat galeri pesisir yang dilengkapi dengan aneka interior dari kayu.

Bagi Anda yang mengajak anak-anak ke Pantai Puntondo, ada juga fasilitas area bermain. Berada di taman dengan pepohonan rindang, area ini sering dijadikan tempat anak-anak bermain pasir dan membuatnya menjadi menara, istana, dan lainnya. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengajak buah hati untuk mencari keong atau kerang di bibir pantai.

Harga Pantai Puntondo

Menurut wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Puntondo, tarif tiket masuknya relatif terjangkau, yakni hanya Rp15 ribu per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya edukasi dan melihat galeri pesisir. Biaya masuk ke Pantai Puntondo ini tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Pakambanan, Naomi. 2016. Analisis Logam Timbal (Pb) pada Gracilaria Verrucosa yang Berasal dari Areal Budidaya Rumput Laut di Perairan Dusun Puntondo, Kabupaten Takalar dan Pantai Kuri Ca’di, Kabupaten Maros (Skripsi). Departemen Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin Makassar.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan