Tarif Penginapan di Pondok Halimun Sukabumi




Pondok Halimun Sukabumi - (YouTube: Bulle Fairuz)
Pondok Halimun Sukabumi - (YouTube: Bulle Fairuz)

Halimun Sukabumi merupakan salah satu alam di Sukabumi yang cukup populer. Kebanyakan tamunya berasal dari luar kota, sehingga biasanya mereka akan mencari penginapan sebelum singgah ke spot wisata tersebut. Selain bisa di luar area rekreasi, Pondok Halimun menyediakan dengan tarif tergolong terjangkau berupa camping ground.

Sebagai salah satu objek wisata, ketika Pondok Halimun Sukabumi dibangun, memiliki tujuan yang sama dengan pembangunan ekowisata alam lain yang ada di Sukabumi. Pembangunan dan pengembangan wisata alam seperti ini memiliki dua tujuan utama, yaitu peningkatan pendapatan masyarakat setempat dan pemeliharaan lingkungan alam sekitar.[1]

Diharapkan, dengan adanya objek wisata Pondok Halimun di Sukabumi, banyak lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke daerah tersebut. Selain itu, diharapkan masyarakat serta pengunjung dapat membantu kelestarian alam sekitar, seperti tidak merusak alam dan tidak membuang sampah sembarangan.

Sebelum menikmati keindahan alam yang ada di Pondok Halimun Sukabumi, biasanya para pelancong akan mencari penginapan. Sebenarnya, sudah ada banyak akomodasi di dekat objek wisata ini, namun kebanyakan orang lebih memilih untuk menginap di area Pondok Halimun karena harganya yang lebih murah.

dan Camping Ground Pondok Halimun

Penginapan yang ditawarkan oleh Pondok Halimun Sukabumi adalah camping ground atau bumi perkemahan lengkap dengan tenda dan perlengkapan kemah. Penginapan ini berlokasi di Jl. Selabintana, Perbawati, Sukabumi, Jawa Barat.

Lihat Juga:   Villa Savira by Vinohouse, Akomodasi Keluarga Dua Kamar di Bumiaji, Batu
Pondok Halimun Sukabumi - travelspromo.com
Pondok Halimun Sukabumi – travelspromo.com

Camping Ground Pondok Halimun lokasinya cukup dekat dengan beberapa warung makanan dan warung kelontong. Bagi Anda yang tidak membawa perbekalan cukup seperti makanan, Anda tidak perlu khawatir untuk mencarinya. Selain ada makanan berupa nasi bungkus, warung-warung tersebut juga menyediakan makan instan dan minuman siap seduh.

Selain menawarkan fasilitas berkemah, Camping Ground Pondok Halimun juga memiliki area bermain atau outbound yang cukup luas dan bisa digunakan kapan pun. Area outbound tersebut biasanya dipakai atau disewa oleh rombongan wisatawan yang mengadakan acara gathering atau lainnya. Selain itu, tempat ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas listrik dan sumber air yang memadai. Untuk sumber airnya sendiri, Anda bisa mendapatkan air bersih langsung dari kran yang ada di sekitar camping ground atau dari sungai di daerah tersebut.

Camping ground tersebut juga sudah dilengkapi dengan kamar mandi yang bersih, area bersantai di setiap sudut, dan area makan yang cukup luas. Area bersantai yang ada di tempat ini terbilang cukup unik dan menarik, karena memiliki bentuk seperti gazebo dan pondokan kecil.

Ketika Anda berada di Camping Ground Pondok Halimun, Anda bisa mencoba bermain air di sungai dekat area tersebut dan berfoto-foto. Sungai di sini masih jernih dan tidak ada sampah sama sekali, sehingga foto yang dihasilkan lebih oke. Untuk berkemah di Pondok Halimun Camping Ground, Anda perlu membayar seperti berikut.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan Dekat Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Tarif Camping Ground Pondok Halimun

RincianTarif (Rp)
Tiket Camping60.000 per orang
Sleeping Bag20.000 per unit
Matras15.000 per unit
Api Unggun100.000 per paket
Hammock15.000 per unit
Flysheet40.000 per unit
Tenda Pleton1.500.000 per unit

Selain mendapatkan fasilitas penginapan, Anda juga bisa meminta akses mengeksplorasi wilayah Curug Panjang. Untuk aktivitas berupa tracking ke Curug Panjang tersebut, Anda wajib membayar biaya tambahan berupa tiket masuk ke Curug Panjang seharga Rp12.000 per orang.

Pondok Halimun Sukabumi - jejakpiknik.com
Pondok Halimun Sukabumi – jejakpiknik.com

Tarif penginapan dan tiket masuk curug tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. bisa Anda lakukan secara langsung atau menghubungi telepon di nomor 0819 1005 4000.

Selain di area camping ground Pondok Halimun Sukabumi, bagi Anda yang ingin menginap di tempat lain, ada sejumlah akomodasi dekat wilayah tersebut yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi bermalam. Ada beberapa penginapan berupa villa dan guest house, di antaranya Saung Kabayan, Pesanggrahan Selabintana, Saung Adit, dan Villa Manise. Untuk sewa kamarnya, Anda baru bisa mengetahuinya saat reservasi. Namun, karena penginapan tersebut belum terdaftar di situs booking online, Anda hanya bisa melakukan pemesanan secara langsung di tempat.

[1] Raharjo, Santoso Tri, dkk. 2018. Ekowisata Berbasis Masyarakat (EBM): Menggagas Desa Wisata di Kawasan Geopark Ciletuh-Sukabumi. Social Work Journal UNPAD, Vol. 8(2): 158-169.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan