Info Penginapan di Kawasan Pantai Balekambang, Malang




Pantai Balekambang (sumber: triptrus.com)
Pantai Balekambang (sumber: triptrus.com)

Jika menyebut wisata pantai di Kabupaten Malang, tentu salah satu nama yang langsung muncul adalah Pantai Balekambang. Pantai Balekambang memang bisa dibilang sebagai salah satu pantai paling populer di Malang bagian selatan, dan sering menjadi rujukan wisatawan untuk berlibur, terutama bersama dan rombongan.

Pantai Balekambang sendiri berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, dan telah menjadi salah satu wisata andalan Kabupaten Malang sejak tahun 1985 silam hingga kini. Daya tarik utama pantai ini adalah panorama hamparan pasir yang luas, yang cukup bersih sehingga nyaman digunakan pengunjung untuk bermain atau berolahraga.

Perkembangan Pantai Balekambang sebagai spot wisata berawal pada tahun 1978 silam, setelah adanya pembukaan akses jalan yang dilakukan Kades Srigonco. Nama Pantai Balekambang kemudian makin populer usai secara resmi dibuka sebagai salah satu tempat wisata oleh Bupati Malang saat itu, Eddy Slamet, pada tahun 1983. Pantai ini juga diresmikan sebagai tempat perkemahan pramuka Kabupaten Malang.

Jika ingin menuju pantai ini, para pelancong dapat menempuh rute dari Malang, dilanjutkan menuju Kepanjen, kemudian ke Pagak, Kecamatan Bantur, dan terakhir ke Balekambang. Selain itu, ada juga rute yang melewati Terminal Arjosari, dilanjutkan ke Turen, kemudian menuju Gondanglegi, lalu ke Kecamatan Bantur, dan berakhir di Pantai Balekambang.

Seiring perkembangan zaman, Pantai Balekambang terus berbenah. Jika awalnya jalan yang dilalui cukup sulit, kini akses menuju pantai tersebut lebih mudah dan sudah beraspal mulus, meski ada beberapa tanjakan yang menikung tajam. Dari Kecamatan Bantur, wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit berkendara untuk tiba di pantai tersebut.

Selain akses jalan yang sudah mulus, fasilitas yang disediakan di Pantai Balekambang pun semakin komplet. Selain fasilitas standar seperti tempat ibadah dan mandi untuk berbilas, pantai ini juga dilengkapi dengan permainan flying fox yang pertama kali diresmikan pada tahun 2012 lalu. Di samping flying fox, sejumlah permainan seperti ayunan, patung hewan, hingga ATV juga tersedia dan bisa dinikmati para pengunjung dengan membayar sewa.

Lalu, bagaimana dengan penginapan untuk wisatawan yang ingin bermalam? Tidak perlu khawatir, karena di Pantai Balekambang telah berdiri penginapan, meski jumlahnya masih minim. Berikut beberapa penginapan yang berada di kawasan Pantai Balekambang.

Wibisono

Hotel Wibisono
Hotel Wibisono

Penginapan ini dikelola langsung oleh PD Jasa Yasa Kabupaten Malang dan berlokasi di kawasan Pantai Balekambang. Sebagai sebuah tempat singgah, Hotel Wibisono sebenarnya tampil dengan bangunan cukup sederhana, namun terlihat rapi dan bersih. Dinding luar penginapan ini didominasi dengan warna cokelat, sedangkan bagian interior hadir dengan warna yang lebih cerah, seperti biru atau putih.

Untuk memanjakan para tamu, Hotel Wibisono menghadirkan tiga kamar atau penginapan, yaitu Wibisono I, Wibisono II, dan Pondok Bambu. Masing-masing penginapan minimal telah dilengkapi dengan fasilitas seperti single bed atau double bed dan juga kamar mandi pribadi. Berikut tarif dan fasilitas masing-masing kamar di Hotel Wibisono.

Tipe KamarTarif per Malam (Rp)Fasilitas
Wibisono IWeekday : 426.000Double bed, kamar mandi pribadi, sarapan untuk 4 orang
Weekend : 500.000
Wibisono II274.000Single bed, kamar mandi pribadi
Pondok Bambu200.000Single bed, kamar mandi pribadi

Nah, jika Anda berencana melakukan kunjungan ke Pantai Balekambang dan berminat menginap di tempat ini, Anda bisa melakukan kamar melalui nomor telepon (0341) 365411 atau 362863. Booking kamar atau informasi lebih lanjut juga dapat dilakukan melalui email di alamat jasayasa.kabmalang@gmail.com atau mengulik akun Facebook “Wisata Pantai Balekambang”.

Homestay Dhilpatris

Homestay Dhilpatris
Homestay Dhilpatris

Penginapan ini terletak di Pantai Wisata Balekambang, Malang Selatan. Untuk menuju bibir pantai, para tamu cukup menempuh jarak sekitar 0,7 km dari Homestay Dhilpatris. Selain itu, akomodasi ini juga berlokasi tidak jauh dari beberapa spot populer di Malang bagian selatan, seperti Pantai Kondang Merak (berjarak 2,14 km) dan Pantai Ngopet yang hanya berjarak 8,63 km.

Sebagai sebuah penginapan, Homestay Dhilpatris memiliki bangunan dengan dua lantai yang desain eksterior-nya dihiasi dengan warna-warna cerah seperti ungu, merah muda, dan kuning. Selain itu, tampak juga warna biru yang menghiasi pagar pembatas balkon di lantai atas. Dengan warna-warna cerah tersebut, penginapan ini mengesankan sebagai tempat singgah yang bersih dan terawat.

Menurut review para tamu yang pernah menginap di tempat ini, Homestay Dhilpatris digambarkan sebagai sebuah penginapan dengan lokasi terbaik karena berada persis di depan Pantai Balekambang. Selain itu, di penginapan ini juga didukung dengan layanan yang memuaskan, dengan para tamu bisa memercayakan perlengkapan hotel kepada petugas.

Untuk memanjakan kenyamanan para tamu, Homestay Dhilpatris telah didukung fasilitas yang tergolong lengkap. Di tempat ini, para wisatawan dapat menemukan sebuah ranjang double bed plus perlengkapan tidur, meja rias, serta kamar mandi dalam. Meski ukuran tempat tidur  dan kamar mandi tidak cukup luas seperti kebanyakan hotel berbintang, namun sebagai akomodasi yang dekat dengan pantai, fasilitas yang ada di penginapan ini bisa dikatakan cukup.

Lalu, berapa tarif yang dipatok pengelola Homestay Dhilpatris bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat ini? Untuk kamar model Standard dengan jumlah tamu maksimal 2 orang dan tanpa sarapan, disewakan dengan tarif mulai Rp266.000 per malam. Untuk , Anda bisa melakukan reservasi melalui situs-situs perjalanan atau penginapan yang telah bekerja sama dengan hotel ini.

Rekomendasi hotel murah dengan tarif menginap mulai dari Rp200 ribuan dapat dijadikan pilihan Anda saat berlibur ke Pantai Balekambang di Malang. Anda dapat memeriksa ketersediaan kamar melalui sejumlah situs online sebelum langsung menuju penginapan.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Panduan Wisata Hemat Ala Backpacker Ke Eropa




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan