Tarif Penginapan di Pulau Saronde, Kawasan Eksotis di Gorontalo




Pulau Saronde tampak dari ketinggian (sumber: wikiwand.com)
Pulau Saronde tampak dari ketinggian (sumber: wikiwand.com)

Anda mungkin masih belum begitu familiar dengan Pulau Saronde. Ini adalah salah satu pulau yang sebenarnya wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Gorontalo. Pasalnya, pulau kecil yang berlokasi di Laut Sulawesi tersebut menawarkan panorama yang elok, termasuk air laut yang jernih dan sunset yang menakjubkan. Dan, meski masih belum banyak, ada beberapa penginapan di Pulau Saronde yang bisa dijadikan tempat bermalam.

Menuju Pulau Saronde tidak sesulit yang dibayangkan. Apabila anda bertolak dari Kota Gorontalo, Anda bisa berkendara ke arah timur menuju Pelabuhan Kwandang, Gorontalo Utara, dengan durasi waktu sekitar 2,5 jam. Setibanya di pelabuhan, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu ketinting dengan tarif sekitar Rp 20 ribuan per orang untuk pergi-pulang ke Pulau Saronde.

Sempat terkenal pada dekade 1990-an, sayangnya potensi Pulau Saronde belum digarap secara maksimal. Padahal, banyak yang menyebut tempat ini sangat keren layaknya Maldives. Pasalnya, Pulau Saronde menawarkan indah dengan pasir putih yang bersih serta air laut berwarna biru yang jernih. Belum lagi jembatan kayu yang membentang di atas perairan dan pemandangan matahari terbenam yang eksotis.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika berwisata ke pulau ini. Selain menyaksikan keindahan panorama alam, Anda pun bisa menjelajahi tepi laut sambil menikmati aroma laut yang terbawa semilir angin. Nah, untuk yang doyan mengeksplorasi kekayaan bawah laut, termasuk ikan warna-warni dan terumbu karang cantik, Pulau Saronde menjadi tempat yang pas untuk kegiatan snorkeling.

Laut di sekitar Pulau Saronde juga sering dikatakan menjadi surga bagi penggemar memancing. Cukup mudah untuk menangkap berbagai jenis ikan dengan pancing sambil berperahu ketinting. Ikan yang bisa dipancing di sekitar kawasan perairan Pulau Saronde antara lain ikan ruma, ikan , dan jika beruntung bisa mendapatkan ikan tuna.

Pulau Saronde yang eksotis (sumber: phimeno.com)
Pulau Saronde yang eksotis (sumber: phimeno.com)

Pulau Saronde pun memiliki kalender wisata rutin setiap tahun. Di pulau inilah dilakukan pemilihan Putri Pariwisata Gorontalo sejak tahun 2007 lalu. Adanya agenda rutin setiap tahun tersebut tentunya menjadi batu loncatan untuk lebih mengenalkan Pulau Saronde ke luar Provinsi Gorontalo. Tercatat, dari tahun ke tahun, jumlah kunjungan wisatawan ke pulau ini selalu meningkat.

Lihat Juga:   Biaya Wisata Gili Iyang, Pulau Awet Muda di Sumenep

Jika perut wisatawan sudah mulai lapar sehabis berkeliling, bisa menyantap bekal yang telah dibawa. Namun, apabila kebetulan tidak membawa bekal pribadi, tidak perlu khawatir. Pasalnya, banyak warung kuliner yang sudah didirikan penduduk setempat. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang juga menjual aneka souvenir berupa kerajinan tangan yang unik.

Ada tiga pulau lain di sekitar Pulau Saronde, yaitu Pulau Bogisa, Pulau Mohinggito, dan Pulau Lampu. Pulau Bogisa (9 hektar) memiliki pantai yang memanjang dengan pasir putih, bukit, dan hutan seperti vegetasi Pulau Saronde. Pulau Mohinggito (30 hektar) adalah kawasan konservasi laut yang memiliki teluk yang luas dan biasa digunakan sebagai tempat bersandar kapal pesiar. Sementara, Pulau Lampu seluas 6 hektar memiliki pantai pasir putih dan lampu pijar yang elok.

Lalu, bagaimana dengan traveler yang datang dari jauh dan ingin bermalam di Pulau Saronde? Di pulau ini, ada dua model akomodasi yang bisa dijadikan tempat menginap. Pengunjung bisa menyewa cottage dengan tarif cukup terjangkau dan fasilitas yang cukup memadai, atau memilih mendirikan tenda-tenda untuk berkemah di pantai.

Saronde Island Resort

Salah satu cottage di Saronde Island Resort (sumber: sarondeislands.com)
Salah satu cottage di Saronde Island Resort (sumber: sarondeislands.com)

Ini adalah pilihan tempat menginap yang sering dijadikan rujukan utama para pelancong ketika berkunjung ke Pulau Saronde. Berbentuk cottage-cottage, tempat menginap ini tersusun dari material kayu, dengan desain layaknya rumah tradisional setempat. Atap diberi sentuhan jerami, sehingga menegaskan suasana tradisional di cottage ini.

Ketika memilih menginap di cottage ini, para pelancong akan mendapatkan fasilitas yang sederhana, namun sudah cukup memadai. Masing-masing cottage sudah dilengkapi dengan teras dengan pemandangan pantai atau laut, tempat duduk plus meja, ranjang yang cukup empuk plus perlengkapan tidur dan tirai, lampu penerangan, hingga kamar mandi dengan air tawar.

Lihat Juga:   Info Terbaru Tiket Masuk Masjid Tiban Turen-Malang, Masjid Indah Berarsitektur Eropa

Lalu, berapa yang diperlukan untuk bisa menginap di cottage di Pulau Saronde? Dengan fasilitas yang cukup komplet, tarif menginap di cottage ternyata cukup terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar biaya sebesar Rp150.000 per kamar per malam. Tarif tersebut belum termasuk harga tiket masuk ke Pulau Saronde sebesar Rp25.000 per orang.

Jika wisatawan ingin menghemat anggaran, bisa mendirikan tenda untuk kemping tanpa dipungut biaya. Opsi lainnya adalah menyewa cottage yang berada di Pulau Mohinggito (sebelah Pulau Saronde). Di pulau ini, setidaknya sudah ada dua cottage milik Pemda Gorontalo yang disewakan secara gratis untuk para wisatawan yang berkunjung.

Paket Tur ke Pulau Saronde

Ilustrasi: tur lewat jalur laut menuju wisata kepulauan
Ilustrasi: tur lewat jalur laut menuju wisata kepulauan

Nah, apabila wisatawan tidak mau repot-repot mengurus segala sesuatu, mulai transport, makan, hingga tempat bermalam ketika ingin ke Pulau Saronde, sudah ada beberapa agen tour and yang menawarkan paket rekreasi ke Pulau Saronde. atau biaya paket tur ke Pulau Saronde bervariasi, tergantung durasi waktu kunjungan. Berikut kisaran harga paket tur ke Pulau Saronde.

Harga Tur ke Pulau Saronde

Durasi HargaFasilitas
1 HariRp435.000 per orang (minimal 4 orang)Airport pick up, perahu menyeberang, makan 2x, cottage, snorkeling set, pajak, tiket masuk
2 Hari 1 MalamRp1.800.000 (2 orang)Airport pick up, perahu menyeberang, makan 2x, cottage, snorkeling set, pajak, tiket masuk
Rp2.800.000 (4 orang)
3 Hari 2 MalamRp2.550.000 (2 orang)Airport pick up, perahu menyeberang, makan 2x, cottage, snorkeling set, pajak, tiket masuk
Rp4.200.000 (4 orang)

Harga paket tur ke Pulau Saronde di atas kami rangkum dari beberapa agen tour and travel. Harga paket tur ke Pulau Saronde tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing agen. Untuk lebih jelas, Anda bisa langsung menghubungi jasa agen tour and travel yang menawarkan paket wisata ke Pulau Saronde.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan