Menjelajahi Telaga Curug Cikanteh Sukabumi & Daftar Penginapan Terdekat




Telaga Curug Cikanteh Sukabumi - nagoya-london.com
Telaga Curug Cikanteh Sukabumi - nagoya-london.com

Apabila ada kota di Jawa Barat yang memiliki sumber daya alam lengkap berupa gunung, , dan sungai, Sukabumi adalah tempatnya. Tak akan habis waktu sehari untuk menjelajahi objek wisata alam di sekitarnya, salah satu yang cukup populer dikenal wisatawan yakni Curug Cikanteh. Air terjun yang ada di kawasan Geopark Ciletuh ini begitu memikat para pengunjung lantaran pesona tiga telaga yang dimilikinya. Selain menikmati keindahan view Curug Cikanteh, Anda patut menyiapkan penginapan nyaman terdekat sebagai paket liburan lengkap saat ke Sukabumi.

Sebagai daerah yang memiliki potensi sumber daya alam melimpah, Sukabumi mampu menawarkan aneka objek wisata pada wisatawan yang haus hiburan alam. Kota ini memiliki Pelabuhan Ratu yang sejak lama sudah menjadi tempat favorit wisatawan dalam dan luar negeri. Selain itu, melalui sumber daya alam yang melimpah, Sukabumi juga menawarkan berbagai potensi kerajinan dari bahan-bahan alami.[1]

Memiliki kontur alam perbukitan dengan udara yang sejuk nan asri menjadi bius wisatawan untuk selalu ingin kembali ke Sukabumi. Bicara soal tempat wisatanya, air terjun menjadi pilihan tepat saat di Sukabumi. Curug, sebutan air terjun di Jawa Barat kerap menjadi pilihan destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi. Bagi Anda yang mencari referensi curug instagenic di Sukabumi yaitu Curug Cikanteh. Lokasi Curug Cikanteh berada di daerah Ciemas, tepatnya di Dusun Cikanteh Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Lokasinya dapat dijangkau dari dengan waktu perjalanan sekitar 7-8 jam.

Curug Cikanteh Sukabumi

Untuk menuju Curug Cikanteh, Anda harus menuju Kecamatan Ciemas dengan melewati Cimanggu. Selanjutnya mengikuti jalan menuju Dusun Cikanteh, Sukabumi. Curug Cikanteh termasuk bagian kawasan wisata di Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu yang mencakup 8 kecamatan dengan total luas 1.261 km persegi. Namanya menjelajahi kawasan air terjun, sudah pasti Anda akan melalui perjalanan yang tidak mudah. Anda harus menempuh perjalanan dengan medan menanjak dan berliku, sehingga membutuhkan kendaraan dengan kondisi prima.

Setelah sampai di lokasi parkir, Anda harus jalan kaki sekitar 30 menit untuk menuju air terjun. Anda perlu mengisi buku tamu terlebih dulu dan membayar harga tiket masuk sebesar Rp3 ribu per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya, Anda cukup membayar Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

Lihat Juga:   Panorama Green View Hotel, Penginapan Murah di Kawasan Coban Rondo

Meski terbilang melelahkan karena harus melewati jalan bebatuan, sungai yang dalam dan curam, hingga hutan tropis, Anda akan dibius dengan pemandangan alam sekitar yang memukau. Betapa tidak, selama trekking Anda akan ditemani suara gemericik dari air sungai Cikanteh. Dijamin semua kelelahan yang Anda rasakan akan dibayar lunas oleh view Curug Cikanteh.

Telaga Curug Cikanteh Sukabumi - nagoya-london.com
Telaga Curug Cikanteh Sukabumi – nagoya-london.com

Pesona Curug Cikanteh Sukabumi

Curug ini memiliki 3 tingkatan limpahan air, masing-masing memiliki nama yang berbeda. Tingkatan yang paling dasar bernama Curug Sodong, kemudian di tingkat kedua bernama Curug Ngelay, dan bagian puncak bernama Curug Cikanteh. Ketiga curug ini dapat dinikmati dalam satu waktu dan satu lokasi. Curug Cikanteh memiliki ketinggian mencapai 60 meter dengan air yang begitu jernih.

Bebatuan seukuran kerbau mengisi bagian depan Curug Cikanteh. Satu batang pohon berdiri kokoh menghalangi tiupan angin yang mudah tercipta oleh deburan curug yang begitu deras. Di tepian sungai, akar pohon tersebut mencengkeram bebatuan yang berhadapan langsung dengan undakan curug, ranting dan dedaunan. Sumber air curug ini berasal dari Sungai Cikanteh, walaupun memiliki aliran yang cukup deras, tetapi tetap menambah keindahan panorama Curug Cikanteh.

Morfologi pada bagian atas Curug Cikanteh terlihat sempit dan melengkung. Sebuah tebing tinggi menjulang membentengi bagian tengahnya dan muncul sebuah curugan air yang menggelontor jatuh memukul kubangan. Air itu terlebih dahulu tertahan oleh suatu benteng alami dari batu yang membentang kurang lebih 10 meter dengan tinggi kira-kira 4 meter. Benteng batuan tersebut menciptakan kucuran air yang meluber di sisi-sisinya.

Penampang air yang meluber terlihat seperti kumpulan serat dari untaian pintalan benang kapas dalam sebuah teknik menenun kain. Sepadan dengan nama curugnya, yakni kanteh. Dalam Bahasa Sunda, kanteh memiliki arti suatu benang yang dipakai untuk bertenun. Benang-benang tersebut biasanya sebelum penuh menjadi kain akan terlihat membentang dan membentuk untaian garis seperti pesona dari Curug Cikanteh.[2]

Bagi yang senang swafoto, Anda dapat puas mengabadikan setiap momen bermain air di Curug Cikanteh. Apabila Anda membawa perlengkapan camping, tak ada salahnya mencoba menikmati sensasi menginap di sana. Tak hanya itu, jika Anda berwisata bersama rombongan patut kiranya menyiapkan sejumlah permainan ala outbound untuk membuat suasana lebih berbeda. Namun, apabila Anda ingin menginap di akomodasi terdekat, maka berikut ulasan tarif yang dekat dari Curug Cikanteh.

Lihat Juga:   Info Penginapan di Sekitar Pantai Bangsring, Banyuwangi
Vanada Bugeul Cottage - www.pegipegi.com
Vanada Bugeul Cottage – www.pegipegi.com

Penginapan Dekat Curug Cikanteh Sukabumi

Nama PenginapanAlamatTarif per malam (Rp)
OYO 2681 Pondok MutiaraJl. Karet Jajar Dua No.27, Pasiripis, Surade, Sukabumi Regency, Jawa Barat116.000
OYO 921 Ratu Pantai

 

Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi150.000
RedDoorz @ Geopark Ciletuh SukabumiJl. Cimarinjung, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat213.038

 

Selamat Toserba

 

Jl. Pelita – Cipatuguran, Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi Regency, Jawa Barat216.633
Villa Ikbhar CiletuhJalan Raya Pantai Palangpang, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat270.000
Penginapan Ladisa (Geopark Ciletuh)

 

Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat350.000
Villa PanenjoanMekarsakti, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat350.000
Penginapan Bukit Soca

 

Jl. Cimarinjung, Ciletuh, Sukabumi, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat370.000
D’Leuit EXAJl. Cimarinjung KM.44, Ciwaru, Ciemas, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat400.000
BalekambangJalan Cimarinjung, Ciwaru, Ciemas, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat500.000
Turtle Beach HotelKubang Bango, Jl. Kelapa Condong, Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi Regency, Jawa Barat600.000
Penginapan Tenjo Gunung

 

Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat650.000

 

Vanada Bugeul CottageCiwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat1.400.000
Villa Batman Geopark

 

Jl. Cimarinjung, Ciwaru, Ciemas, Sukabumi Regency, Jawa Barat1.500.000
Homestay Ibu Gege Geopark CiletuhKampung Ciloa, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat1.566.300
Vanada Bugeul CottageJalan Cimarinjung, Ciwaru, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat1.796.700

di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Anda dapat menelusuri sejumlah situs online untuk melakukan reservasi dan membandingkan akomodasi terbaik pilihan yang cocok untuk liburan selama di Sukabumi. Sejumlah penginapan dekat Curug Cikanteh Sukabumi menawarkan berbagai fasilitas penunjang dengan kelebihannya masing-masing. Perlu diketahui, tarif penginapan di atas tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak pengelola.

[1] Iwan, dkk. Sentra bisnis Jawa Barat (Jakarta: TransMedia, 2010), hlm. 95

[2] Hartono, Rudi. Menyusuri Keindahan tanah Pasundan (Jakarta: Penerbit Duta, 2019), hlm. 26




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan