Referensi dan Tarif Penginapan di Air Panas Ulu Legong, Malaysia




Pemandian air panas Ulu Legong, Malaysia (facebook: Ulu Legong Hotspring)
Pemandian air panas Ulu Legong, Malaysia (facebook: Ulu Legong Hotspring)

Ada banyak wisata yang bisa Anda kunjungi di dan salah satunya adalah Pusat Rekreasi Air Panas Ulu Legong atau biasa dikenal dengan nama Ulu Legong Hot Springs. Spot rekreasi ini tidak hanya menyediakan fasilitas berupa wahana permainan air dan kolam air panas, tetapi juga penginapan dengan relatif terjangkau.

Fasilitas di Air Panas Ulu Legong

Pusat Rekreasi Air Panas Ulu Legong merupakan salah satu destinasi wisata di daerah Baling, Kedah Darul Aman, Malaysia. Dilansir dari website resminya, spot rekreasi ini tepatnya ada di Mukim Siong dengan jarak sekitar 22 km dari Pekan Baling.

Berada di tengah pegunungan dan area perkebunan penduduk yang masih asri, Pusat Rekreasi Air Panas Ulu Legong menawarkan fasilitas berendam di kolam air panas dengan udara sekitar yang sejuk. Dipercaya, dengan berendam di kolam air panas yang memiliki pemandangan masih asri, mampu meningkatkan aliran darah, menghilangkan racun dari dalam tubuh, menormalkan fungsi saraf, dan menghilangkan stres.[1]

Tak hanya itu, di dalam area rekreasi, Anda akan menemukan dengan air dingin dan air hangat. Ada juga kolam khusus anak-anak dengan waterboom di dalamnya dan dikelilingi taman bermain. Tentunya, tempat wisata seperti ini cocok untuk Anda yang sedang berlibur bersama keluarga.

Pemandian air panas Ulu Legong, Malaysia (facebook: Ulu Legong Hotspring)
Pemandian air panas Ulu Legong, Malaysia (facebook: Ulu Legong Hotspring)

Menariknya, Ulu Legong Hot Springs juga menyediakan fasilitas penginapan berupa chalet dan rumah rehat baling. Dua akomodasi ini letaknya agak berjauhan, meskipun masih dalam lingkungan tempat wisata. Chalet letaknya tak jauh dari kolam berendam air hangat dengan pemandangan berupa taman dan lapangan rumput. Sementara itu, rumah rehat baling berada dekat pintu masuk area wisata dengan pemandangan berupa taman dalam alam sekitar.

Lihat Juga:   Wisma Yayasan Putera Bahagia, Penginapan Murah di Cimacan Lengkap dengan Aula & Kolam Renang

Perbedaan antara chalet dan rumah rehat baling lainnya adalah bentuk bangunannya. Chalet merupakan akomodasi dengan satu bangunan utama dan tampak seperti rumah susun dua tingkat, sedangkan rumah rehat baling berbentuk seperti mansion atau motel dengan banyak bangunan yang saling terhubung.

Fasilitas yang diberikan kepada para penghuni chalet berbeda dengan rumah rehat baling. Chalet tidak dilengkapi dengan area parkir yang luas serta beranda. Sementara itu, rumah rehat baling memiliki aot parkir cukup lapang di bagian depan dan setiap punya beranda atau teras sebagai tempat bersantai pribadi.

Salah satu chalet di pemandian air panas Ulu Legong, Malaysia (facebook: Ulu Legong Hotspring)
Salah satu chalet di pemandian air panas Ulu Legong, Malaysia (facebook: Ulu Legong Hotspring)

Meskipun bagian luar chalet dan rumah rehat baling berbeda, dua akomodasi ini dilengkapi perabotan kamar yang sama. Bagian dalam kamar-kamar dibekali dengan kasur yang nyaman, TV, AC, set meja rias, lemari pakaian, dan set meja kursi santai. Beberapa kamar juga difasilitasi dengan mesin pembuat minuman serta lemari pendingin kecil. Ada juga kamar mandi pribadi dengan kloset duduk, wastafel, tempat menjemur handuk, dan shower air hangat.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Nyaman di Dekat Green Canyon, Pangandaran

Khusus untuk rumah rehat baling, kamarnya tidak seluas chalet dan desainnya lebih klasik. Sementara itu, chalet memiliki kamar yang lebih lapang dengan desain modern dan ini cocok bagi Anda yang kurang suka suasana kamar yang kuno. Selain itu, setiap penginapan memiliki area bersantai sendiri di bagian tengah dan halaman depan bangunan. Biasanya tempat bersantai ini dijadikan sebagai spot berfoto dengan pemandangan alam sekitar.

Tarif Penginapan di Air Panas Ulu Legong

Salah satu kamar di pemandian air panas Ulu Legong, Malaysia (facebook: Ulu Legong Hotspring)
Salah satu kamar di pemandian air panas Ulu Legong, Malaysia (facebook: Ulu Legong Hotspring)
KamarTarif per Malam
Chalet VIPRM 300
Chalet Pool ViewRM 135
Chalet Standard 1RM 110
Chalet Standard 2 RMRM 150
Chalet DeluxeRM 150
DormitoriRM 260
Rumah Rehat Baling Bilik FamilyRM 150
Rumah Rehat Baling Bilik StandardRM 100
Rumah Rehat Baling Bilik Standard SingleRM 70

Saat artikel ini dibuat, RM 1 sama dengan Rp3.470,36. sewa akomodasi di Ulu Legong Hot Springs di atas telah kami rangkum dari website resminya. sewa tiap kamar tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa melakukan secara langsung di lokasi atau menghubungi pihak pengelola akomodasi melalui telepon di nomor 04 473 1024/+60 19 571 1024.

[1] Wagner, Karl, dkk. 2016. Hot Springs In West Malaysia A Guide to Their Wonderful Charms. Malaysia: GTR Publications.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan