Tempat Wisata Populer dan Wajib Kunjung di Jakarta

Monumen Nasional (Monas) - ksmtour.com

selama ini lebih dikenal sebagai pusat pemerintahan, pusat politik, pusat bisnis, pusat ekonomi, dan pusat hiburan di Tanah Air. Jarang pelancong yang berkunjung ke untuk tujuan wisata. Bahkan, orang-orang yang tinggal di Jakarta sendiri lebih memilih lain untuk menghabiskan waktu liburan mereka, terutama ke Bandung dan ke Bogor. Karena itu, meski punya yang menarik, Jakarta masih belum menjadi tujuan utama wisatawan untuk berlibur.

Jika mau ditelusuri, kota yang dulu sempat bernama Batavia tersebut memiliki sederet objek wisata mengagumkan yang layak dikunjungi, mulai wisata sejarah, wisata alam, wahana permainan, hingga lainnya. Nah, bagi Anda yang saat ini merencanakan liburan ke Jakarta, berikut kami sajikan beberapa wisata di ibukota yang harus Anda kunjungi.

Monumen Nasional (Monas)

Siapa yang tidak mengenal monumen yang satu ini? Monumen Nasional atau Monas bisa dibilang sebagai trade mark Kota Jakarta. Ikon Kota Jakarta setinggi 132 meter tersebut memang sangat populer di seantero negeri. Bahkan, ada idiom yang mengatakan bahwa tidak sah seseorang berkunjung ke Jakarta jika belum mendatangi monumen yang satu ini.

Monas sendiri didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia di zaman kemerdekaan. Menjadi bangunan tertinggi di ibukota, monumen ini terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul delapan pagi hingga tiga sore kecuali pada hari Senin di minggu akhir bulan. Wisatawan juga dapat menikmati panorama Jakarta dari monumen ini dengan menjajal naik ke puncak Monas menggunakan lift.

Monumen Nasional (Monas) - ksmtour.com

Monumen Nasional (Monas) – ksmtour.com

Mini Indonesia Indah (TMII)

Selain Monas, Taman Mini Indonesia Indah juga menjadi salah satu tempat wisata terkenal yang ada di Kota Jakarta. Sesuai namanya, TMII merupakan miniatur Indonesia secara keseluruhan. Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan miniatur budaya dari berbagai suku bangsa yang ada di Tanah Air, mulai rumah adat, pakaian adat, upacara adat, dan lainnya. Selain wisata budaya, TMII juga menyediakan berbagai wahana menarik, seperti Snow Bay, kereta gantung, Taman Among Puro, dan museum edukatif.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) - www.pedomanwisata.com

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – www.pedomanwisata.com

Kebun Binatang Ragunan

Sesuai namanya, kebun binatang ini berlokasi di daerah Ragunan, Jakarta Selatan. Dengan luas sekitar 147 hektare, Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi tidak kurang dari dua ribu ekor satwa dan 50 ribu aneka pepohonan. Layaknya kebun binatang di kota lainnya, Kebun Binatang Ragunan sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga, terutama mereka yang mengajak anak-anak. Tiket masuk ke kebun binatang ini sendiri tergolong murah, tidak sampai Rp10 ribu per orang.

Kebun Binatang Ragunan - www.orthoindyblog.com

Kebun Binatang Ragunan – www.orthoindyblog.com

Kota Tua Jakarta

Seperti namanya, Kota Tua menyediakan panorama klasik yang terangkum dalam deretan pertokoan, gedung, hingga rumah-rumah tua. Karena itu, tidak mengherankan jika setiap akhir pekan, kawasan Kota Tua selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama mereka yang gemar berfoto atau fotografer. Di Kota Tua juga tidak jarang disajikan beragam atraksi dan kegiatan, mulai pameran seni, nonton bareng, dan atraksi seniman lainnya.

Kota Tua Jakarta - smartcity.jakarta.go.id

Kota Tua Jakarta – smartcity.jakarta.go.id

Pecinan Glodok

Tidak jauh dari Kota Tua, Anda bisa berjalan-jalan ke kawasan Pecinan Glodok. Secara sederhana, di tempat inilah warga keturunan Tionghoa bermukim dan beranak cucu. Sekadar informasi, Pecinan Glodok merupakan kawasan pecinan terbesar di Indonesia. Bahkan, pecinan ini disebut-sebut sebagai salah satu penggerak roda ekonomi ibukota.

Lihat Juga:   Bukit Jamur, Tempat Wisata Unik di Gresik

Museum Fatahillah

Selain Kota Tua, bagi yang doyan dengan sejarah, juga bisa berkunjung ke Museum Fatahillah. Museum ini beralamat di Jalan Taman Fatahillah No. 2. Selain Fatahillah, museum ini juga biasa disebut dengan Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Gedung Museum Fatahillah sendiri sudah dibangun pada tahun 1707 silam dan selesai tahun 1710.

Kepulauan Seribu

Bagi yang gemar berwisata alam, Jakarta juga memiliki objek wisata menarik yang terangkum di Kepulauan Seribu. Berada di sebelah utara Jakarta, Kepulauan Seribu merupakan kumpulan pulau-pulau seperti Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan masih banyak lagi. Aktivitas yang bisa dilakukan di kepulauan ini di antaranya snorkeling, diving, banana boat, berkemah, atau hanya sekadar jalan-jalan di pesisir . Dengan makin ramainya kunjungan wisatawan, di Kepulauan Seribu juga mulai marak didirikan fasilitas penginapan.

Taman Impian Jaya Ancol

Masih di Jakarta bagian utara, ada wahana wisata yang sangat populer, yaitu Taman Impian Jaya Ancol. Ancol Dreamland merupakan salah satu objek wisata terkenal di ibukota yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari Jakarta maupun dari luar Jakarta, terutama di musim liburan. Cocok untuk tempat berlibur keluarga, taman impian ini menyediakan berbagai wahana menarik, seperti Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi atau Dufan, dan Sea World.

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau Dufan ini sebenarnya masih berada dalam lingkup Taman Impian Jaya Ancol. Meski memiliki area yang tidak terlalu luas, hanya 9 hektare saja, namun Dufan telah didukung dengan sejumlah wahana permainan yang menarik. Tempat ini terbagi menjadi beberapa spot dengan background benua di dunia, yang masing-masing spot dilengkapi sejumlah wahana bermain, termasuk kolam renang berukuran besar.

Atlantis Water Adventure

Tempat ini memiliki konsep yang hampir mirip dengan Dufan, yaitu menyediakan wahana permainan yang cocok untuk keluarga. Bedanya, wahana permainan di Atlantis Water Adventure lebih didominasi oleh permainan air, seperti Crazy Highest Longest Slide, 8 kolam utama dengan nama tokoh legenda Yunani, kolam arus, kolam apung, kolam ombak, hingga kolam tanding.

Lihat Juga:   Info Daftar Lengkap Wisma Murah di Kawasan Jakarta Selatan

Usai lelah bermain, pengunjung juga bisa beristirahat sambil menikmati bekal atau membeli makanan di area food court, seperti Columbus Atlantis atau Planet Bakso. Atlantis Water Adventure buka setiap hari Senin hingga Jumat pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dan Sabtu, Minggu, atau hari libur pada pukul 07.00 hingga 20.00 WIB.

Taman Suropati

Berlokasi di kawasan Menteng, Taman Suropati sangat cocok bagi mereka yang menginginkan suasana adem dan asri. Udara sejuk dari beragam pepohonan rindang di taman ini dijamin bisa menenangkan dan menyegarkan pikiran Anda. Karena itu, tidak heran taman ini juga sering dijadikan tempat untuk melakukan olahraga ringan, seperti jogging. Terkadang, di Taman Suropati juga digelar berbagai pertunjukan musik, latihan biola, hingga kursus melukis.

Masjid Istiqlal

Untuk mereka yang ingin berwisata religi, Jakarta memiliki Masjid Istiqlal. Masjid yang menjadi simbol kerukunan umat beragama di Indonesia ini merupakan masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara. Masjid Istiqlal sendiri memiliki arsitektur unik karena memadukan antara arsitektur Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa. Dibangun pada tahun 1961, arsitektur Masjid Istiqlal justru dirancang oleh seorang penganut Kristen bernama Frederich Silaban.

Katedral Jakarta

Jika umat Muslim yang ingin berwisata religi bisa berkunjung ke Masjid Istiqlal, maka mereka yang menganut agama Katolik dapat berkunjung ke Gereja Katedral Jakarta. Terletak berdampingan dengan Masjid Istiqlal, gereja ini merupakan gereja Katolik tertua di Jakarta karena telah dibangun pada tahun 1901 silam. Memiliki gaya arsitektur neo-gotik, Gereja Katedral dilengkapi sekitar 400 koleksi barang.

Setu Babakan

Setu Babakan merupakan tempat yang sudah dijadikan cagar budaya Jakarta. Di tempat ini, terdapat beragam bangunan asli dari peninggalan budaya Betawi. Selain itu, wisatawan juga berkesempatan mengenal budaya Betawi asli, mulai cara bercocok tanam, berdagang, hingga membuat kerajinan dan makanan khas. Jika ingin menikmati suasana alam, pengunjung bisa menyewa perahu bebek untuk mengitari danau.

Ice Skating Sky Rink

Meski memiliki cuaca yang cenderung panas, namun Anda ternyata masih bisa bermain ice skating di Jakarta. Anda tinggal berkunjung ke Mall Taman Anggrek dan bermain ice skating di Sky Rink. Arena ice skating terluas di Asia Tenggara ini menghadirkan permainan meluncur di es di wilayah tropis. Untuk bisa bermain di area ice skating ini, Anda perlu mengeluarkan kocek untuk tiket sebesar Rp65 ribuan per orang pada hari biasa atau Rp85 ribuan per orang pada musim liburan.

Pasar Tanah Abang

Jika Anda doyan berbelanja, terutama kebutuhan pakaian dengan harga miring, Anda wajib berkunjung ke Pasar Tanah Abang. Pasar Tanah Abang merupakan pusat perbelanjaan tekstil terbesar di Asia Tenggara yang sudah populer di mancanegara. Selain tekstil, pasar ini juga menyediakan berbagai kebutuhan seperti makanan, aksesoris, dan lainnya. Pasar Tanah Abang sendiri beroperasi setiap hari mulai Subuh.

Maven Gunung Sahari Maven Gunung Sahari Rp 138.843 grade 2
Rumah Shinta Rumah Shinta Rp 195.000 grade 2
Hotel Fiducia Kaji Hotel Fiducia Kaji Rp 229.885 grade 0
Hollywood Hotel Hollywood Hotel Rp 229.999 grade 1

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>