Taman Kuliner Condongcatur, Tempat Favorit Ngumpul Berbagai Komunitas




Taman Kuliner Condongcatur (sumber: radarjogja.jawapos.com)
Taman Kuliner Condongcatur (sumber: radarjogja.jawapos.com)

Tempat dan nongkrong di Yogyakarta tidak melulu terpusat di . Jika Anda meluncur ke Sleman, Anda bisa menemukan Kuliner Condongcatur yang cocok dijadikan berkumpul bareng keluarga maupun sahabat. Di sini, Anda bisa bersantap berbagai sajian kuliner tradisional maupun modern di ruangan terbuka hijau dengan harga yang cukup bersahabat.

Taman Kuliner Condongcatur sendiri beralamat di Jalan Anggajaya III, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini hanya berselang 200 meter dari Terminal Condongcatur dan 900 meter dari Halte Ring Road Utara (Manggung). Jika hendak menuju ke Selokan Mataram, cukup menempuh jarak sejauh 2,1 km dari tempat ini.

Ini adalah publik yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman. Di ruang terbuka seluas 1,8 hektar ini, terdapat puluhan kedai makanan dan pernak-pernik yang bisa wisatawan pilih seperti Pai Pie, Sara Pan’s, Nasi Kebuli, Gildan, Kutilang Shop, dan lain-lain. Karena suasananya yang nyaman, tempat ini juga sering dijadikan lokasi berkumpul berbagai komunitas di Yogyakarta.

Di antara komunitas yang ada, yang sudah rajin menggunakan Taman Kuliner (Tamkul) sebagai lokasi berkumpul rutin adalah komunitas burung. Saat ini, komunitas yang rutin menggelar latihan rutin di Tamkul antara lain Taman Kuliner Kicau Mania (TKKM) dan Kicau Mania Yogyakarta (KMYK). Selain itu, komunitas lain yang juga rutin menggelar latihan adalah Blues Forum setiap Jumat minggu kedua, Sunday Morning yang beberapa kali pernah latihan setiap Rabu minggu kedua, Komunitas Capoiera Yogyakarta, dan komunitas olah raga gate ball.

Pada Februari 2019 kemarin, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman pun sempat mengadakan acara bertajuk ‘Sleman Hebat’ di Taman Kuliner Condongcatur, bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sleman. Gelaran yang merupakan rangkaian acara dari Jogja Heboh selama Februari itu bertujuan untuk lebih mengekspos potensi di wilayah Sleman.

Fasilitas Taman Kuliner Condongcatur

Taman Kuliner Condongcatur
Taman Kuliner Condongcatur

Sebagai ruang publik untuk berkumpul, Taman Kuliner Condongcatur sudah didukung dengan fasilitas yang memadai. Selain area hijau seluas 1,8 meter persegi, di sini telah disediakan lahan parkir yang lapang, musala, 2 lavatory yang terdiri dari 18 kamar mandi, jogging track, dan anak, serta tentunya kios dan restoran.

Untuk mereka yang berburu kuliner, beragam masakan disajikan di Taman Kuliner Condongcatur. Anda bisa memilih menyantap bakso, mie ayam, aneka penyetan, hingga makanan khas Ambon, papeda. Harga kuliner di tempat ini bervariasi, tergantung menu yang dipesan. Namun, berdasarkan penuturan banyak wisatawan, harganya masih terbilang wajar.

Dekat Taman Kuliner Condongcatur

Jika Anda sedang berburu penginapan, di dekat Taman Kuliner Condongcatur juga ada beberapa akomodasi yang bisa dipilih. Penginapan yang berjarak cukup dekat antara lain Abel (0,4 km). AB Guest House (0,4 km), Agrapana Guest House (0,9 km), Retra’s Hostel (1,1 km), atau Srikandi Baru UGM (1,2 km). Tarif kamar akomodasi-akomodasi tersebut berkisar Rp85 ribuan hingga ratusan ribu per malam, ada yang disewakan kamaran dan rumahan.

[Update: Panca]

Lihat Juga:   Daftar Penginapan Strategis Dekat Taman Pintar Yogyakarta




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*