Soto Kadipiro, Kuliner Legendaris dan Lezat Asal Yogyakarta




soto kadipiro - www.njogja.co.id

ternyata tidak hanya terkenal dengan alam, , atau budayanya saja. berjuluk pendidikan ini juga dengan sajian kuliner yang menggoda selera. Selain nasi gudeg, sajian kuliner di Yogyakarta yang wajib dicicipi wisatawan yang berkunjung ke sana adalah Soto Kadipiro.

soto kadipiro - www.njogja.co.id
soto kadipiro – www.njogja.co.id

 

Soto Kadipiro beralamat di Jalan Raya Wates, Kadipiro, Yogyakarta. Tempat makan ini sudah didirikan sejak tahun 1921 oleh Karto Wijoyo. Setelah Karto Wijoyo meninggal dunia pada tahun 1972, usaha kuliner ini kemudian diteruskan oleh generasi kedua, yaitu Widadi Tahir Kartowidjojo.. Hingga saat ini, usaha Soto Kadipiro telah memiliki beberapa cabang, yaitu Soto Kadipiro II, Soto Kadipiro Baru, dan Soto Kadipiro Plus yang merupakan satu turunan.

Segi nostalgia tampaknya menjadi resep sukses soto ini sehingga memiliki pamor besar di Yogyakarta. Model Soto Kadipiro sendiri tidak terlalu berbeda dengan soto lainnya, yaitu memiliki kuah kaldu bening berisi kol, ayam, taoge, bawang goreng, dan seledri. Soto ini makin sedap disantap dengan sepiring nasi, ayam kampung goreng suwir, perkedel, tahu, tempe bacem, dan sate. Biasanya, perkedel dihancurkan agar soto sedikit kental.

Menurut beberapa pelanggan yang pernah mampir ke soto ini, kelezatan Soto Kadipiro terletak pada rasanya yang gurih dan segar. Kelezatan ini didapat bukan dari penyedap , melainkan melalui racikan bumbu-bumbu tradisional yang diolah oleh tangan hasil resep asli bikinan Karto Wijoyo.

Untuk menemani menu soto, di warung ini juga disediakan berbagai macam menu minuman tradisional, seperti gula asam, beras kencur, wedang jahe, wedang uwuh, es tape, dan wedang tape. Ada juga minuman sarsaparila, sebuah soda khas tempo dulu yang memiliki air berwarna ungu bening dan masih dikemas dalam botol lawas berupa beling dengan tutup gabus yang diberi pengait.

makanan dan minuman di Warung Soto Kadipiro sendiri berkisar Rp12.000 hingga Rp25.000 per porsi. Warung makan dengan suasana khas Jawa (banyak ornamen Jawa menghiasi hampir seluruh bagian interior warung) ini beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Untuk lebih lanjut, bisa menghubungi nomor (0274) 618722 atau 7490450.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan Hotel, Villa, Homestay Dekat Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Perahu




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*