Serunya Menyaksikan Sunset di Pantai Rancabuaya Garut-Jawa Barat




Pantai Rancabuaya Garut - www.nativeindonesia.com
Pantai Rancabuaya Garut - www.nativeindonesia.com

Momen panjang memang akan terasa sayang sekali jika hanya Anda lewatkan dengan berdiam diri di rumah. Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat mempesona yang patut Anda kunjungi. Nah, saat sedang mudik atau kebetulan berada di Kabupaten Garut, sempatkanlah untuk mampir menyaksikan indahnya pemandangan di Rancabuaya.

Pantai Rancabuaya Garut - www.nativeindonesia.com
Rancabuaya Garut – www.nativeindonesia.com

eksotis satu ini terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan jaraknya sekitar 135 km dari pusat Kota Garut. Secara administratif, Pantai Rancabuaya berbatasan dengan Desa Caringin di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah barat, Desa Indralayang di sebelah selatan, dan Desa Sinarjaya di sebelah timur.

Untuk menuju ke Rancabuaya, ada sejumlah rute yang bisa Anda tempuh. Mulai dari jalur Garut-Pameungpeuk-Rancabuaya dengan kondisi yang cukup baik, kemudian jalur -Pengalengan-Rancabuaya yang kondisi jalannya juga cukup bagus karena telah di-aspal hotmix sebagian jalannya, serta jalur Bandung-Ciwidey-Cidaun-Rancabuaya yang melewati kawasan Bandung Selatan. Sebagian jalur Bandung akan melewati jalur lintas selatan dan menyusuri sepanjang pantai selatan di Jabar.

Pantai Rancabuaya Garut - zonalibur.com
Pantai Rancabuaya Garut – zonalibur.com

Selain naik kendaraan pribadi, Anda bisa bepergian ke Pantai Rancabuaya dengan naik transportasi umum seperti minibus atau Elf dari Terminal Kota Garut atau dari Pangalengan – Bandung. Jika dari Bandung, perjalanan ke Pantai Rancabuaya bisa menghabiskan waktu sekitar 7 jam. Cukup lama memang, namun perjalanan panjang Anda tersebut akan terbayarkan dengan menyaksikan pemandangan yang unik dan indah di Pantai Rancabuaya.

Salah satu pantai yang menjadi tempat wisata andalan di Garut ini berada pada ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut. Air laut di sana berwarna biru dengan tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter. Namun perlu diwaspadai, karena Pantai Rancabuaya merupakan pantai yang memiliki banyak karang dan ombaknya cukup besar, maka di Pantai Rancabuaya Anda tidak disarankan untuk berenang.

Lihat Juga:   Update 5 Penginapan Mewah di Garut Patut Dicoba

Ketika pelesir ke Pantai Rancabuaya, Anda akan memperoleh bonus pemandangan alam lain yang tak kalah menakjubkan dibanding pantainya. Pasalnya, Pantai Rancabuaya juga terkenal akan curug atau air terjun yang tercurah langsung dari bebatuan tinggi. Apalagi curug tersebut terbilang unik karena langsung menghadap ke arah pantai. Jika berenang di Pantai Rancabuaya terlalu berbahaya, Anda bisa bermain-main di curug yang ada di sana.

Di sekitar bebatuan karang Anda dapat menemukan ikan-ikan kecil. Sedangkan di sekitar curug juga ada banyak hewan laut lainnya seperti kerang, kepiting laut, hingga bintang laut yang ikut terseret oleh ombak. Selain itu, Anda bisa menikmati sejumlah aktivitas lain di Pantai Rancabuaya seperti membeli ikan langsung dari para nelayan setempat. Seperti diketahui, Pantai Rancabuaya juga merupakan sebuah pelabuhan, sehingga tak ayal jika di sana juga terdapat tempat pelelangan ikan yang menjual ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Anda bisa membeli ikan-ikan segar di sana dengan harga yang cukup murah dan kemudian membakarnya di tepi pantai sembari menyantapnya bersama keluarga. Wah, benar-benar akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan!

Selain membeli ikan segar atau melakukan aktivitas bakar-bakar ikan laut di tepi pantai, Anda juga dapat melakukan hal lain seperti hiking, tracking, atau mencoba khas laut alias seafood di sejumlah warung lesehan yang ada di pesisir pantai. Jangan khawatir, jumlah warung yang ada di Pantai Rancabuaya cukup banyak, sehingga Anda tak akan kehabisan tempat jika sedang kelaparan.

Yang lebih menarik, setiap tahun tepatnya bulan Maret akan diadakan upacara hajat laut di Pantai Rancabuaya yang diisi kegiatan larung sesajen ke tengah laut supaya nelayan setempat bisa memperoleh hasil tangkapan ikan yang melimpah. Biasanya ketika prosesi hajat laut digelar, Pantai Rancabuaya akan dipadati oleh ribuan pengunjung baik warga desa setempat hingga wisatawan dari luar kota.

Lihat Juga:   Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jogja Buka 24 Jam

Pantai Rancabuaya juga dikenal memiliki pemandangan matahari terbenam alias sunset yang menakjubkan. Cobalah untuk bermain-main ke sana hingga sore menjelang malam hari. Pastikan untuk menangkap dan menyaksikan langsung seperti apa momen sunset yang jarang bisa Anda temukan di tempat lain saat berada di Pantai Rancabuaya.

Karena Pantai Rancabuaya sudah dikelola dengan cukup baik oleh tim Kompepar (Kelompok Penggerak Pariwisata) yang dibentuk penduduk setempat, fasilitas yang tersedia di Pantai Rancabuaya pun cukup lengkap. Anda bisa dengan mudah mendapatkan area parkir yang cukup luas, lesehan khas pesisir pantai, pondokan berupa penginapan dan villa yang bisa Anda sewa, saung-saung wisata yang juga bisa disewa, dan masih banyak lagi.

Untuk urusan akomodasi, ada beberapa villa yang bisa Anda jadikan tempat beristirahat selama berada di Pantai Rancabuaya. Misalnya saja Villa Jaya Sakti yang berada tepat di pinggir jalan. Tarif sewa kamar di Villa Jaya Sakti berkisar mulai dari Rp 250 ribuan hingga Rp 400 ribuan per malam. Di sana sudah dilengkapi fasilitas berupa TV, AC, kamar mandi dalam, dan sebagainya.

Kemudian ada Villa Fardau yang jaraknya juga cukup dekat dari lokasi Pantai Rancabuaya, yakni hanya sekitar 500 meter saja. Rate kamar per malam di Pantai Rancabuaya berkisar antara Rp 200 ribuan hingga Rp 600 ribuan per malam. Selain kedua villa tersebut, Anda bisa bermalam di penginapan lain seperti Villa de Potrek, Villa Cafe Zeandia, Neglasari Beach Villa, Villa on Hill, Villa Low Lying, dan SVT Villa. Harga sewa villa-villa tersebut dipatok mulai Rp 300 ribuan per malam.




Tentang Dian Kartika1093 Lokasi
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

1 Comment

  1. Rancabuaya memang mantap utk berlibur, sepanjang perjalanan disuguhkan pemandangan yg indah namun pengelolaannya masih kurang diperhatikan oleh pemda setempat.

Tinggalkan Balasan