Pantai Ketapang Bahari, Tempat Rekreasi Keluarga di Lampung Tarif Terjangkau




Pantai Ketapang Bahari (google: Daniel Fatkhan)
Pantai Ketapang Bahari (google: Daniel Fatkhan)

Ketapang Bahari merupakan pantai yang ada di wilayah Desa Batu Menyan, Lampung dan dikelilingi kawasan perbukitan sekitar Kecamatan Teluk Pandan, Lampung.[1] Menjadi destinasi yang sering dikunjungi, Pantai Ketapang Bahari menyediakan rekreasi yang lengkap dengan harga tiket masuk relatif terjangkau.

Pantai Ketapang Bahari

Pantai Ketapang Bahari berlokasi di Jl. Mahitam, Ketapang, Batumenyan, Hanura, Pesawaran, Lampung dan dekat area parkir serta dermaga menuju Pulau Mahitam. Dilansir dari Google Maps, dari dermaga menuju pantai ini, Anda hanya membutuhkan waktu tempuh selama dua menit menggunakan kendaraan bermotor.  Sementara itu, jarak antara Pantai Ketapang dari Kota Bandar Lampung sekitar 30 km dan bisa ditempuh selama kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan bermotor.

Meskipun berada di daerah pedesaan dan dekat pulau lain, akses menuju Pantai Ketapang Bahari tidak sulit. Jalanan menuju Pantai Ketapang Bahari sudah diperbaiki dan terbilang cukup baik, tanpa ada bebatuan besar atau jalanan terjal. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati, apalagi jika Anda mengendarai mobil atau bus, karena jalanan tidak terlalu luas dan cukup ramai. Diketahui, jalanan menuju pantai ini akan semakin ramai saat menjelang hari libur.

Pantai Ketapang Bahari (google: Jane Jane)
Pantai Ketapang Bahari (google: Jane Jane)

Fasilitas Pantai Ketapang Bahari

Termasuk pantai dengan pasir putih yang lembut, banyak orang memanfaatkan spot ini untuk liburan bersama keluarga. Anda bisa mengajak anak-anak dan membawa peralatan bermain untuk membuat istana pasir. Dengan tekstur pasir yang lembut dan padat, anak-anak bisa membuat berbagai bentuk istana pasir dengan mudah.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Harga Tiket Taman Buaya Melaka di Malaysia

Daerah pinggir pantai juga terbilang masih asri dengan pohon kelapa sebagai media untuk berteduh. Biasanya, kawasan sejuk seperti ini dipakai untuk berpiknik. Beberapa akan menggelar tikar bambu atau plastik sebagai alas duduk. Selain itu, Anda bisa membawa bekal berupa makanan dan minuman sebagai pelengkap piknik.

Tak jauh dari kawasan piknik, terdapat spot foto yang menarik. Ada banyak tempat berfoto selain ayunan dengan latar belakang pantai, antara lain rumah pohon, area hutan kecil, pondok jerami, dan papan selamat datang. Ada juga yang berfoto di dermaga pantai dengan latar belakang perahu nelayan. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyewa perahu ini untuk berkeliling area pantai.

Ombak di Pantai Ketapang Bahari terbilang sedang dan tidak terlalu tinggi, cocok bagi Anda yang ingin berenang. Tak hanya berenang, beberapa turis biasanya bermain ban karet yang dilengkapi pelampung untuk menikmati ombak pantai. Meskipun begitu, berenang di Pantai Ketapang Bahari tidak dianjurkan untuk Anda yang belum mahir berenang.

Pantai Ketapang Bahari (google: Achmad Gus Fahmi)
Pantai Ketapang Bahari (google: Achmad Gus Fahmi)

Fasilitas lain yang ada di pantai ini adalah toilet dan tempat bilas yang bersih. Air yang ada di area ini tidak berasal dari air laut, tetapi dari sumber air di dekat perkampungan penduduk. Ada juga fasilitas sumber air bersih berupa kran air untuk cuci tangan dan kaki di pojok tempat bilas.

Selain itu, di bagian pinggir pantai terdapat lapak dan warung-warung kecil yang menjajakan makanan. Setiap warung tentunya menawarkan jenis hidangan yang berbeda, tetapi rata-rata akan menawarkan makanan ringan dan minuman. Anda bisa membeli makanan di tempat ini jika kebetulan tidak membawa perbekalan lengkap.

Lihat Juga:   Wisata Nusa Ceningan, Pulau Kecil dengan Sejuta Pesona

Menurut turis yang pernah singgah ke Pantai Ketapang Bahari, Anda juga bisa berkemah di pantai ini. Untuk berkemah, Anda harus meminta izin terlebih dahulu dan mengisi formulir di pos penjagaan. Setelah itu, Anda baru bisa memasang tenda di tempat yang sudah disediakan, yakni di pinggir hutan kecil dekat pantai. Sayangnya, jika Anda ingin berkemah, Anda harus membawa logistik yang lengkap, mulai dari tenda, makanan, alat mandi, sleeping bag, hingga alas terpal. Pasalnya, belum ada lapak yang menyewakan peralatan camping di sekitar pantai.

Pantai Ketapang Bahari

Berdasarkan review pelancong yang pernah singgah ke Pantai Ketapang Bahari, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 per motor dan Rp50.000 per mobil di pagi hingga siang hari. Namun, menjelang sore, tarif tiket masuk berubah menjadi Rp25.000 per orang. masuk Pantai Ketapang Bahari tersebut tentunya tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Apriyanti, Enis. 2020. Pengaruh Pengembangan terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Dusun Ketapang Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Pesawaran Lampung) (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan