Rute dan Tiket Masuk Pantai Balekambang, Wisata Hits di Malang Selatan




Pantai Balekambang - m.solopos.com
Pantai Balekambang - m.solopos.com

Selain Ngliyep, Balekambang bisa dikatakan sebagai salah satu legendaris di Malang bagian selatan. Meski sekarang sudah ada banyak pantai menarik lainnya, namun tempat ini masih menjadi rujukan utama banyak turis, termasuk dari luar daerah. Pasalnya, selain punya panorama indah dan sudah dibekali dengan memadai, menuju pantai pun cukup mudah serta punya harga tiket masuk yang terjangkau.

Kabupaten memang menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak potensi wisata bahari. Menurut data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat pada tahun 2015 lalu, setidaknya ada 144 destinasi wisata di kawasan tersebut dan 20 di antaranya berupa pantai.[1] Nah, salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Balekambang.

Selain karena punya panorama yang memang elok, Pantai Balekambang menjadi rujukan utama untuk berlibur karena memang memiliki segudang daya tarik. Di pantai ini, pengunjung dapat menemukan beberapa eksotis, seperti Wisanggeni, Anoman, dan Ismoyo, Pura Amarta Jati, hingga beragam ritual religi seperti Jalanidhipuja, Petik Laut, dan Labuhan Pura.[2]

Pesona Pantai Balekambang

Terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Pantai Balekambang dijamin akan memuaskan mereka yang berkunjung. Lautan yang terlihat berwarna biru nan cantik, deburan ombak, serta panorama khas pantai langsung menyambut Anda ketika sudah dekat dengan Pantai Balekambang. Bisa dibilang kalau suasana di sekitar pantai ini cukup tenang dengan kondisi yang cukup bersih.

Lihat Juga:   Hotel Bintang 4 di Jogja Dekat Malioboro dengan Kolam Renang
Pantai Balekambang - www.nativeindonesia.com
Pantai Balekambang – www.nativeindonesia.com

Saat mata memandang lautan luas, di sana terlihat beberapa pulau yang menjadi ciri khas Pantai Balekambang, seperti Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman, dan Pulau Ismoyo.  Masing-masing pulau tersebut dihubungkan dengan jembatan. Di Pulau Ismoyo, Anda dapat menyaksikan kemegahan Pura Amarta Jati yang sekilas mirip Pura Tanah Lot di Bali. Pura ini masih sering dipakai untuk upacara peribadatan umat Hindu (Jalanidhipuja).

Ombak-ombak besar yang berderu kencang merupakan ciri khas pantai ini. Hal tersebut wajar karena Balekambang langsung menghadap ke Samudera Indonesia. Karena itu, apabila berkunjung ke pantai ini, Anda tidak disarankan untuk berenang. Namun, jika tetap ingin berenang atau bermain air, wisatawan bisa menuju ke cekungan di dekat Pulau Wisanggeni yang berbentuk seperti laguna. Airnya yang tenang dan bersih membuat tempat tersebut cukup menyenangkan digunakan untuk basah-basahan.

Fasilitas Pantai Balekambang

Karena sudah dikembangkan pemerintah setempat, fasilitas di Pantai Balekambang terbilang cukup lengkap. Di pantai ini, Anda bisa menemukan sejumlah warung yang menjajakan makanan dan souvenir, seperti kaos, tas, dan kudapan. Selain itu, jika Anda datang dari jauh dan ingin bermalam, juga tersedia beberapa , seperti Hotel Wibisono dan Homestay Dhilpatris dengan mulai Rp200 ribuan per malam.

Rute ke Pantai Balekambang

Jika Anda kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, setibanya di Terminal Arjosari, bisa menumpang angkutan kota menuju Terminal Gadang (antara lain yang berkode AG, GA, AMG). Setelah sampai di Terminal Gadang, perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik angkutan kota/desa menuju Bantur. Sesampai di Bantur, Anda dapat menggunakan jasa ojek untuk meneruskan perjalanan ke Pantai Balekambang.

Lihat Juga:   Ingin Liburan ke Gili Genting? Ini Info Tarif & Fasilitas Penginapan di Gili Genting Madura

Sementara, apabila Anda membawa kendaraan pribadi, rute yang paling banyak dilalui wisatawan adalah melalui jalur Bululawang. Dari Kota Malang, silakan ambil arah menuju Gadan dan Kendalpayak, dilanjutkan menuju Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, dan Srigonco, sebelum mencapai Pantai Balekambang. Saat ini, jalur di kawasan Desa Srigonco juga sudah baik dan diperlebar sehingga perjalanan wisatawan bakal semakin nyaman.

Pantai Balekambang - pariwisataku.com
Pantai Balekambang – pariwisataku.com

Tiket Masuk Pantai Balekambang

Untuk bisa berkunjung ke Pantai Balekambang dan menikmati panorama dan fasilitas yang ada, pelancong memang akan dikenai tiket masuk. Namun, tidak perlu khawatir karena tiket masuk kawasan wisata ini cukup terjangkau. tiket masuk Pantai Balekambang cuma Rp10.000 per orang. Namun, jika membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor atau Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

[1] Aprilia, Eka Rosyidah, Sunarti, Edriana Pangestuti. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 51(2): 16-21.

[2] Sari, Mey Puspita, Subhan Ramdlani, Nurachmad Sujudwijono A.S. 2016. Resort dengan Pendekatan Lansekap di Kawasan Pantai Selatan Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, Vol. 4(2).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan