Pilihan Transportasi dari Bandara Lombok ke Gili Trawangan




Gili Trawangan - www.tripsavvy.com
Gili Trawangan - www.tripsavvy.com

Gili Trawangan menjadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata pada saat musim panjang. Keindahan pulaunya dan wisata bahari yang ada di Gili Trawangan tampaknya jadi salah satu alasan mengapa banyak domestik maupun mancanegara yang tertarik untuk mengunjungi Gili Trawangan. Umumnya mereka naik pesawat menuju Lombok, kemudian dari Lombok mereka melanjutkan ke Gili Trawangan dengan memilih salah satu dari beberapa alternatif yang ada.

Gili Trawangan - www.tripsavvy.com
Gili Trawangan – www.tripsavvy.com

Untuk menyeberang ke Gili Trawangan, biasanya para turis memilih menyeberang lewat Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara. Jika Anda termasuk orang yang enggan repot, maka pilihan yang cukup masuk akal adalah dengan naik travel dari Bandara ke Pelabuhan Bangsal. Saat ini terdapat travel berupa sharing shuttle atau private shuttle yang menyediakan jasa transportasi point to point dari Bandara Internasional Lombok ke Gilik Trawangan/Bangsal dan sebaliknya (PP), yakni Lombok Car Transport. Tarif layanan sharing shuttle dipatok Rp 250 ribu per orang, sedangkan untuk private shuttle biayanya antara Rp 350-450 ribu per mobil.

Dari Pelabuhan Bangsal, Anda bisa naik kapal cepat (fast boat) yang memiliki jadwal penyeberangan ke Gili Trawangan setiap jam walaupun hanya 1 saja yang berangkat. Tarif menyeberang naik fast boat ke Gili Trawangan hanya Rp 85 ribu per orang. Jika dari Teluk Nara ke Gili Trawangan, Anda bisa menyewa speed boat dengan tarif Rp 350.000 untuk 1 kali penyeberangan isi 8 orang.

Lihat Juga:   Arjuna Homestay, Tawarkan Tarif Rp400 Ribuan Dekat BNS

Jika naik travel Anda rasa terlalu mahal, maka ada pilihan transportasi yang lebih murah, yakni dengan naik Damri. Karena tarifnya cukup murah, Anda pun harus rela sedikit kerepotan jika memilih alternatif satu ini. Pasalnya Damri (AC) biasanya hanya dapat mengantarkan Anda hingga Pool Damri Mataram. Ongkos atau tarif naik Damri ke Mataram dipatok sekitar Rp 25 ribu. Namun sebelumnya jangan lupa untuk menyampaikan pada petugas jika ingin diantar ke Pool Damri Mataram, sebab di luar Pool Damri Mataram tarif yang dikenakan Rp 35 ribuan.

Lihat Juga:   Bolehkah Naik Pesawat Pakai KTP Sementara?

Lama perjalanan dari airport ke Mataram dengan Bus Damri berkisar 50 menit. Tak perlu khawatir, sebab jadwal keberangkatan Bus Damri berakhir hingga penerbangan terakhir di Bandara Lombok setiap harinya. Loket pembelian tiket Bus Damri bisa Anda temukan di dekat pintu kedatangan domestik Bandara Lombok.

Setelah sampai di Mataram, Anda bisa menuju Bangsal dengan menyewa sepeda motor (tarif Rp 70-80 ribu per hari) atau bisa juga naik taksi dengan Rp 150 ribu bila melalui jalur Pusuk atau Rp 200 ribu jika melewati jalur Senggigi. Nah, setelah sampai di Pelabuhan Bangsal, tersedia pilihan kapal lambat (kayu) dengan tarif penyebrangan Rp 15 ribuan per orang atau fast boat Rp 85 ribu per orang.




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan