Fasilitas dan Tarif Penginapan di Sungai Congkak Malaysia




Sungai Congkak, Malaysia (flickriver: @fendyzaidan)
Sungai Congkak, Malaysia (flickriver: @fendyzaidan)

Congkak merupakan salah satu taman rekreasi yang lebih dikenal dengan nama Sungai Congkak Recreational Park (SCRP) dan merupakan bagian dari hutan cagar di Selangor, Malaysia, yang memiliki pemandangan berupa dan Nuang.[1] Tempat ini tidak hanya menyediakan area khusus piknik, tetapi juga fasilitas penginapan.

Lokasi dan Fasilitas Sungai Congkak

SCRP terletak di Jl. Sungai Congkak Batu No. 20, Kampung Padang, Hulu Langat, Selangor, Malaysia. Ini merupakan tempat rekreasi dengan alam berupa hutan cagar alam yang sangat asri. Hampir seluruh wilayah ini ditumbuhi puluhan pohon besar dan tanaman berbunga dengan sungai kecil di bagian tengahnya.

Sungai di daerah ini bukan sungai buatan dan berasal dari bagian gunung dan bukit sekitar. Sumber air ini terbilang sangat jernih, bahkan sering dijadikan sebagai bahan untuk memenuhi kebutuhan air minum dan mandi. Tak jauh dari sungai, Anda akan menemukan air terjun kecil dengan batuan besar di pinggirnya. Ini adalah area alam yang kerap didatangi turis lokal maupun asing. Selain karena unik, pemandian ini memiliki pemandangan alam yang indah dan cocok dijadikan sebagai spot berfoto.

Selain itu, arus air sungai di wilayah ini cukup tenang, dengan kolam yang tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk Anda yang tidak bisa berenang. Kolam seperti ini juga terbilang cocok untuk anak-anak yang ingin berenang. Air di sungai tidak hanya jernih, tetapi juga segar dan dingin, sehingga bagi Anda yang memiliki alergi dingin, sebaiknya tidak terlalu lama berendam di sungai.

Lihat Juga:   Update Wisata Populer dan Kekinian di Wajak, Malang

Bagi Anda yang kurang suka bermain air, Anda bisa berfoto dengan pemandangan sungai, bukit, dan hutan di jembatan kayu. Letak jembatan tidak jauh dari area sungai dan biasanya dipakai sebagai jalan untuk tracking di hutan sekitar. Selain jembatan kayu, ada juga jembatan batu yang pemandangannya tidak kalah indah. Jembatan ini berada di pinggir sungai, dekat dengan gazebo kecil.

Jembatan di Sungai Congkak (google: Mustaqim Mustafa)
Jembatan di Sungai Congkak (google: Mustaqim Mustafa)

Sementara itu, bagi Anda yang datang ke SCRP dengan tujuan piknik keluarga, Anda bisa langsung menuju area piknik. Spot ini tersebar di beberapa bagian dengan penanda khusus berupa pondokan atau bale-bale. Anda bisa memakainya dengan gratis, tetapi tidak boleh merusak atau mengotorinya. Selain dijadikan sebagai area piknik, lokasi ini juga sering dijadikan tempat bersantai dan berfoto.

Fasilitas yang tak kalah seru yang disediakan pihak SCRP adalah camping ground. Bumi perkemahan ini lokasinya ada di pinggir sungai dan dekat dengan hutan bagian tengah. Anda bisa menikmati suasana tidur di alam liar sambil mendengarkan gemericik sungai. Untuk kemah, Anda bisa membawa tenda sendiri dari rumah atau menyewa.

Di bagian depan camping ground, sudah tersedia spot khusus untuk menyalakan api unggun atau mengadakan pesta BBQ. Anda bisa membakar berbagai macam bahan makanan, seperti daging, ikan, dan sayur. Untuk peralatan BBQ, Anda bisa membawanya sendiri dari rumah atau menyewa. Sementara itu, untuk makanannya, Anda harus membawanya sendiri.

Sebagai fasilitas pelengkap, pihak SCRP sudah menyediakan kamar mandi umum, mushola, area parkir lebih dari 24 jam, dan area outbound atau olahraga. Spot outbound di sini terbilang luas, berupa lapangan dengan rumput hijau. Di area ini, Anda bisa mengadakan senam bersama, jogging, dan bermain permainan air.

Lihat Juga:   Villa Kayu Kelapa, Akomodasi Keluarga Strategis di Kota Batu

Bagi Anda yang kurang suka berkemah, SCRP juga menawarkan hunian lain berupa pondok kecil. Kamar pondok seperti ini terbilang laris, karena fasilitasnya yang lebih lengkap. Anda bisa tidur dengan nyaman di matras yang empuk sambil melihat pemandangan di luar jendela berupa pepohonan dan sungai.

Pondok di Sungai Congkak (flickriver: @gisselangor)
Pondok di Sungai Congkak (flickriver: @gisselangor)

Ada juga rumah kayu di tengah hutan yang bisa Anda sewa untuk 1 hingga 14 orang. Hunian ini biasanya dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara gathering atau rekreasi rombongan. Di dalam rumah kayu, dilengkapi dengan kamar yang memiliki tempat tidur bersekat dengan kasur empuk dan lemari penyimpanan. Selain itu, setiap rumah kayu memiliki beranda atau teras yang dibekali kursi dan meja untuk bersantai.

di Sungai Congkak

Untuk menikmati semua fasilitas di Sungai Congkak, Anda perlu membayar masuk dengan harga hanya 1 ringgit atau sekitar Rp3.506,63 per orang. Sementara itu, kemah dan penginapan di SCRP, sayangnya baru bisa Anda ketahui saat . Pemesanan bisa Anda lakukan secara langsung di lokasi, karena tempat rekreasi ini belum bekerja sama dengan situs booking online.

[1] Anita S., dkk. 2012. Risk factors for typhoid outbreak in Sungai Congkak Recreational Park, Selangor 2009. Med. J. Malaysia, Vol. 67(1): 12-6.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan