Pantai Ciantir, Spot Wisata Cantik dan Murah di Sawarna, Banten




Pantai Ciantir - www.pantainesia.com
Pantai Ciantir - www.pantainesia.com

Ketika berbicara potensi pantai di Banten, mungkin yang bakal langsung tersirat di benak adalah Pantai Anyer dan Pantai Sawarna. Memang, kedua pantai tersebut punya keindahan yang tiada tara, sehingga tidak mengherankan jika namanya sangat populer. Namun, selain Anyer dan Sawarna, ada pantai lain yang tidak kalah cantik, yakni Pantai Ciantir.

Pantai Ciantir

Pantai Ciantir berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Tidak mengherankan jika kemudian pantai ini juga sering ditulis Pantai Ciantir Sawarna. Jika Anda berangkat dari Kota Jakarta, Anda bisa melakukan menuju Cibadak dengan melewati rute Ciawi. Setelah tiba di Pelabuhan Ratu, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju kawasan Bayah. Di lokasi ini, sudah ada papan penunjuk arah ke Pantai Ciantir. menggunakan rute ini bisa Anda lalui dalam waktu 7 jam saja dengan berkendara, tergantung macet atau tidaknya jalur tersebut.

Jalur alternatif yang bisa Anda tempuh adalah melewati rute Serang dengan lama perjalanan lebih lama, yaitu selama 9 jam perjalanan dengan berkendara. Jika melewati rute ini, Anda akan mengarah ke Pandeglang, Banten, kemudian menuju ke daerah Malingping. Dari sini, Anda akan segera sampai kawasan Bayah. Kemudian, Anda tinggal mengikuti papan penunjuk arah atau bertanya dengan warga sekitar.

Pesona Pantai Ciantir

Berbeda dengan pantai lainnya di wilayah Sawarna, pantai ini cukup ramai oleh pengunjung karena letaknya yang tidak jauh dari penginapan dan perkampungan warga. Karena itu, tidak usah heran jika Anda bukan satu-satunya pengunjung ketika berwisata ke ini. Bahkan, jumlah wisatawan akan membeludak saat akhir pekan dan musim .

Pantai Ciantir Spot Wisata Cantik di Sawarna - ihategreenjello.com
Pantai Ciantir Spot Cantik di Sawarna – ihategreenjello.com

Ketika Anda berkunjung ke pantai ini, entah bersama pasangan, teman, atau keluarga, Anda bisa menyaksikan pesona keindahan air laut yang biru serta hamparan pasir pantai berwarna putih yang luas. Kondisi Pantai Ciantir sendiri landai, dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga cukup aman ketika dipakai untuk bermain air atau berenang. Meski demikian, wisatawan tetap diimbau untuk selalu berhati-hati guna meminimalkan risiko yang tidak diinginkan.

Jika beruntung saat menyusuri Pantai Ciantir ke arah barat mendekati muara sungai, pengunjung akan melihat jutaan anakan kepiting yang baru saja menetas dan menyusuri pinggiran sungai. Jumlahnya yang banyak dan kecil membuat Anda dapat menyentuhnya tanpa perlu khawatir dicapit oleh ratusan anak kepiting tersebut.

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan saat rekreasi ke Pantai Ciantir adalah bermain voli pantai dan main bola pantai bersama teman atau keluarga, atau duduk berjemur di pinggir laut. Jika ombak sedang bagus, Anda yang ingin menguji adrenalin, bisa juga berselancar atau surfing. Tidak jarang banyak wisatawan dari luar negeri yang mencoba menaklukkan ombak di Pantai Ciantir dengan papan seluncur.

Nah, salah satu aktivitas seru yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Pantai Ciantir adalah memandang matahari tenggelam atau sunset. Saat menjelang senja, Anda bersama keluarga atau pasangan Anda bisa menikmati suasana romantis saat sunset di ufuk barat. Tentu saja, pemandangan matahari terbenam ini hanya dapat Anda nikmati ketika langit dan cuaca sedang cerah.

Sementara, untuk mereka yang ingin menikmati panorama Pantai Ciantir pada malam hari, bisa langsung mendirikan tenda untuk kemping di pinggir pantai. Malam pergantian tahun serta akhir pekan menjadi momen yang sering dijadikan pilihan banyak traveler untuk camping di area pantai ini, menikmati keelokan pantai di siang hari serta bintang di langit saat malam hari.

Pantai Ciantir

Untuk bisa menikmati panorama Pantai Ciantir, wisatawan yang akan berkunjung memang akan dikenakan tiket masuk. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk objek wisata ini cukup terjangkau. Dengan membayar Rp5.000 per orang, Anda sudah bisa merasakan keindahan Pantai Ciantir dari dekat. Jika kebetulan membawa kendaraan bermotor, akan dikenakan tarif parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Lalu, bagaimana jika wisatawan hendak bermalam di kawasan Pantai Ciantir? Seperti diutarakan sebelumnya, Anda bisa mendirikan tenda untuk kemping di pantai. Namun, apabila Anda tidak nyaman bermalam di tenda, sudah ada beberapa yang berada tidak jauh dari Pantai Ciantir yang cocok buat bermalam.

Liburan Bersama Teman di Pantai Ciantir - www.jejakpiknik.com
Liburan Bersama Teman di Pantai Ciantir – www.jejakpiknik.com

Penginapan Dekat Pantai Ciantir

Nama PenginapanAlamat dan Jarak ke PantaiTarif per Malam
Pondok CiantirJalan Raya Sawarna, Bayah, Blok Pantai Pasir Putih, Kampung Cikaung (237 m) Non AC : Rp301.205
Kamar AC : Rp421.867
Kamar Deluxe AC : Rp481.928
Villa Mutiara SawarnaJl. Sangko No. 1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten (470 m)Standard Room : Rp250.000
Family Room : Rp400.000
Sawarna ParadisoJalan Raya Sawarna, Bayah, Lebak, Banten (608 m)Standard Room : Rp400.000
Penginapan Srikandi Sawarna HomestayKampung Cikaung, Desa Sawarna, Bayah, Lebak, Banten (793 m)Srikandi Mini Fan : Rp235.000
Srikandi Standard Fan : Rp280.000
Srikandi Standard AC : Rp350.000
The Sawarna ViewDesa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten (1,2 km)Family Room : Rp662.650
Sawarna BimBim Seaview HomestayJalan Pasir Putih Tanjung Layar, Desa Sawarna, Bayah, Lebak, Banten (1,26 km)Fan TV : Rp352.838
AC TV : Rp540.000
Family Room : Rp697.142

atau tarif penginapan dekat Pantai Ciantir di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs booking online. sewa kamar akomodasi-akomodasi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan Anda. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke lokasi atau mengecek via online travel agent.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Populer dan Wajib Kunjung di Jakarta




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan