Nama Penginapan, Tarif, & Fasilitas Yang Ada di Pulau Togean




penginapan, di, pulau, togean, nama, tarif, per, malam, fasilitas, jalur, udara, ampana, sulawesi, tengah, teluk, tomini, jam, kapal, feri, jalan, pilihan, indonesia, keindahan, alam, jalur
Pesona Pulau Togean (sumber: pesonaindonesia.com)

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya. Bahkan, masih banyak tempat yang patut dijadikan destinasi , namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Apabila sudah dibuka aksesnya ke publik, maka tempat-tempat yang dulunya tersembunyi, akan mulai didatangi pengunjung, dan menjadikan semakin banyaknya pilihan bagi wisatawan dalam menentukan tujuan berwisata.

Di Tengah, ada sebuah pulau yang memiliki keindahan alam. Namanya Pulau Togean. Pulau tersebut terletak di Teluk Tomini. Pulau Togean telah diresmikan pemerintah sebagai taman nasional ( Togean National Park) pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una.

Kepulauan Togean dikenal kaya akan terumbu karang dan terdapat berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Terumbu karang di Kepulauan Togean kaya akan keanekaragaman hayati laut dengan 4 tipe terumbu karang, yaitu karang tepi (fringing reef), karang penghalang (barrier reef), karang tompok (patch reef), dan karang cincin (atoll).

Pulau Togean menawarkan pemandangan yang indah, suasananya tenang karena jauh dari keramaian, senja pantainya syahdu, lautnya landai dan tenang sehingga dianggap aman untuk berenang dan menyelam. Tidak hanya itu, pengunjung bisa juga menikmati air lautnya yang biru beserta pantai yang pasirnya putih.

Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing, menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi Gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan.

Hamparan koral laut dangkal Pulau Togean (sumber: pesonaindonesia.com)
Hamparan koral laut dangkal Pulau Togean (sumber: pesonaindonesia.com)

Bagi Anda yang mau menikmati keindahan laut, di sana juga disediakan tempat penyewaan alat-alat untuk snorkeling seharga Rp 50.000 untuk satu set per hari, dan sewa kapal mulai seharga Rp 850.000 sehari maksimal 6 penumpang. Jika setengah hari, tarif sewa kapal hanya Rp 600.000. Selain kapal, di sana juga ada kayak yang siap untuk disewakan dengan Rp 100.000 setengah hari dan Rp 150.000 seharian penuh.

Lihat Juga:   Info Daftar Penginapan di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat

Ada lagi yang tak kalah menarik, buat Anda yang ingin belajar menyelam, di sana juga disediakan tempat kursus menyelam. Anda akan dilatih cara dan teknik menyelam sama penyelam ahli. Harga kursus menyelam dipatok tarif sebesar Rp 4-10 jutaan.

Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan beberapa malam di Pulau Togean, tidak perlu khawatir, karena sudah ada beberapa penginapan yang bisa dipilih. Harga atau tarifnya cukup terjangkau. Ada pihak penginapan yang mematok tarif Rp 200 ribuan per malam.

Nama & Tarif Penginapan di Pulau Togean

Hotel Black Marlin Dive . Black Marlin berlokasi di Pulau Kadidiri, dengan lama waktu tempuh sekitar 30 menit dari Wakai (pelabuhan di Pulau Togean). Harga per kamarnya bervariasi, dari Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu per malam. Penginapan ini memiliki teras yang bisa digunakan untuk berjemur dan juga dapat melihat langsung pemandangan laut.

Black Marlin Dive Resort (sumber: blackmarlindiving.com)
Black Marlin Dive Resort (sumber: blackmarlindiving.com)

Lestari . Penginapan ini berlokasi di Pulau Malege, yang dekat dengan Pulau Papan. Tarifnya lebih murah, mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu per malam. Pengunjung akan diberi makan sebanyak 3 kali sehari. Tidak hanya itu saja, namun di depan penginapan tersebut pengunjung bisa melihat pemandangan pemandangan pasir pantai yang bersih dan perumahan suku bajo.

Lestari Cottage (sumber: mapcarta.com)
Lestari Cottage (sumber: mapcarta.com)

Fadhila Cottage. Berlokasi di pulau Katupat, penginapan ini letaknya persis di tepi pantai. Tarif per malamnya mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu, namun untuk menuju pulau ini membutuhkan waktu satu jam dari Wakai.

Fadhila Cottage (sumber: mapcarta.com)
Fadhila Cottage (sumber: mapcarta.com)

Poya Lisa. Pantai Poyalisa merupakan pantai yang terdapat di pulau terpencil nan eksotis dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan . Walau terpencil, pulau ini dapat menjadi tempat destinasi wisata pantai sebagai salah satu tempat liburan dan relaksasi. Jika Anda berencana untuk menginap di Pulau Poyalisa maka bisa memilih Poyalisa Island Resort sebagai tempat untuk menginap. Tarif per malamnya sekitar Rp 150 ribu dan sudah difasilitasi dengan makan sebanyak tiga kali. Di pulau tersebut juga ada penginapan dengan snorkeling.

Lihat Juga:   Info Lokasi, Fasilitas, dan Penginapan di Pantai Binuangeun
Poya Lisa Cottage (sumber: mapcarta.com)
Poya Lisa Cottage (sumber: mapcarta.com)

Jalur Menuju Pulau Togean

Untuk menuju ke Pulau Togean, setidaknya ada 3 jalur yang bisa dilalui oleh kendaraan umum yaitu Ampana, Paguat (Pohuwato) dan . Apabila Anda memilih melalui Ampana, bisa memilih melalui udara terlebih dahulu.

Misalnya, Anda berangkat dari Jakarta, maka akan mendapat penerbangan yang terkoneksi dari Jakarta ke Palu dan Palu ke Ampana. Perhatikan jadwal penerbangan dari Palu ke Ampana, sehingga Anda harus memilih penerbangan dari Jakarta dengan waktu tiba di Palu sebelum jam tersebut.

Jika dari kota lain, biasanya akan transit di Makassar atau Balikpapan sebelum menuju Palu. Konektivitas jalur ini memaksa Anda harus menginap di Palu lebih dulu dan melanjutkan menuju Ampana keesokan harinya.

Pilihan jalur lain di seputar Sulawesi Tengah adalah Makassar ke Poso dengan Wings Air dan melanjutkan perjalanan darat 4 jam ke Ampana. Jalur lain adalah Makassar ke Luwuk dengan Garuda, Sriwijaya, dan Lion kemudian melanjutkan perjalanan ke Ampana sekitar 5 jam.

Dari Ampana, jalan ke Togean semakin mudah dan cepat dengan adanya publik speedboat 2 kali sehari. Tujuan Anda adalah dari Ampana menuju Wakai, pusat perdagangan di Kepulauan Togean. Waktu tempuh publik speedboat dari Ampana ke Wakai sekitar 90 menit. Sebelumnya, pilihan jalan ke Togean hanya ada pada kapal feri dengan waktu tempuh sekitar 6 jam ke wakai, atau kapal kayu Puspita dan Kapia sekitar 4 jam ke Wakai.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*