Penginapan Bernuansa Alam Pemandangan Air Terjun di Curug Citambur, Jawa Barat




Air terjun Curug Citambur (sumber: travelspromo)
Air terjun Curug Citambur (sumber: travelspromo)

Secara administratif, Curug Citambur terletak di Desa Karangjaya, Pasir Kuda, Cianjur, Jawa Barat dan memiliki daya tarik wisata alam, camping ground, tracking, area pemancingan, hingga rumah pohon.[1] Tak hanya itu, di Curug Citambur sudah menyediakan penginapan dengan fasilitas lengkap dan relatif terjangkau.

Daya Tarik Curug Citambur

Terletak di Cianjur, Curug CItambur termasuk destinasi wisata keluarga populer yang dipromosikan sejak 2014. Objek wisata utamanya adalah pemandangan air terjun dengan ketinggian hingga 130 meter dan dikelilingi hutan kecil.

Air terjun itu berada di antara tebing dan bebatuan yang sudah ditumbuhi lumut. Bahkan ada bebatuan besar yang ditumbuhi pepohonan rindang dan tumbuhan menjalar. Ini membuat keindahan Curug Citambur semakin mencolok. Dari jauh, Anda seperti melihat lukisan alam yang menakjubkan.

Bebatuan sekitar yang sudah ditumbuhi lumut mungkin akan membuat perjalanan Anda di sekitar air terjun agak lambat, oleh karena itu, Anda perlu menggunakan alas kaki khusus. Beberapa orang bahkan sudah menyediakan perlengkapan mendaki ketika ingin mengeksplorasi area Curug Citambur.

Supaya lebih aman, sebaiknya Anda menggunakan sandal gunung atau sepatu. Tidak disarankan memakai sandal biasa, apalagi jika Anda ingin tracking di sekitar area Curug Citambur. Sementara itu, bagi Anda yang mengajak anak-anak, pastikan juga mereka sudah bisa berjalan dengan baik di medan berbatu. Biasanya, anak-anak berusia tujuh tahun ke atas sudah cukup mengerti cara melewati jalan yang berbatu dan berlumut.

Bagian bawah air terjun adalah sungai yang jernih dengan rona air berwarna kehijauan. Menyusuri sungai Curug Citambur, Anda akan menemukan bebatuan besar yang biasanya dijadikan sebagai spot foto. Dengan latar air terjun dan bebatuan, itu sudah cukup apik untuk mewarnai sosial media Anda.

Lihat Juga:   Info Penginapan Murah & Recommended di Sembalun, Lombok Timur

Selain berfoto dan susur sungai, Anda juga bisa berendam atau berenang di sungai Curug Citambur. Ada bagian sungai khusus yang agak jauh dari spot foto dan biasanya digunakan sebagai area alam. Untuk keamanannya cukup terjaga, karena sudah dilengkapi dengan pagar khusus dari kayu dan bambu.

Sungai Curug Citambur (sumber: pinterest)
Sungai Curug Citambur (sumber: pinterest)

Fasilitas Curug Citambur

Supaya para pengunjung betah berada di Curug Citambur, pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas wisata lengkap. Tak jauh dari air terjun, terdapat padang rumput yang luas dengan berbagai macam wahana permainan anak. Tak hanya itu, terdapat area khusus untuk piknik dengan set meja kursi kayu dan gazebo kecil.

Para wisatawan bebas piknik dengan menggelar tikar atau memilih spot piknik yang nyaman. Untuk perbekalannya, Anda bisa membawa sendiri dari rumah atau membeli di warung terdekat. Sudah ada lapak penjual makanan, seperti warung di area piknik.

Meskipun masih asri, kawasan Curug Citambur sudah dilengkapi dengan listrik, sehingga sudah ada lampu-lampu di dekat area wisata sebagai penanda. Lampu-lampu ini akan dinyalakan menjelang sore untuk mempermudah para wisatawan yang ingin berkemah.

Fasilitas lain yang ada di Curug Citambur, antara lain kamar mandi, bilas, camping ground, area membuat api unggun, sumber air bersih langsung minum, dan tempat cuci tangan. Ada juga rumah pohon sebagai spot untuk foto dengan pemandangan air terjun dan bukit hijau mirip rumah hobbit.

Rumah hobit di Curug Citambur (sumber: okezone)
Rumah hobit di Curug Citambur (sumber: okezone)

Penginapan di Curug Citambur

Bagi Anda yang datang dari luar kota dan ingin mengeksplorasi Curug Citambur lebih dari sehari, sudah ada fasilitas penginapan. Untuk akomodasi yang disediakan adalah perkemahan atau camping ground. Anda hanya perlu lapor jika ingin camping dan memilih untuk mendirikan tenda di area camping ground yang sudah dipetak-petak.

Lihat Juga:   Su Homestay Sumber Urip 354, Penginapan Kapasitas Besar Dekat Coban Rais

Untuk tendanya, Anda disarankan membawanya sendiri. Selain itu, bawalah sleeping bag dan terpal sebagai alas tidur, karena hawa di Curug Citambur terbilang sangat dingin. Setiap camping ground sudah dibekali dengan pembatas, sumber listrik, dan toilet, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Selain itu, Anda juga bisa menginap di rumah penduduk sekitar. Hampir sebagian besar penduduk di kawasan Curug Citambur menyediakan rumah yang bisa disewa dengan sesuai kebijakan pemilik rumah. Disarankan agar Anda pandai menawar, sehingga mendapatkan tarif yang sesuai.

Menurut bocoran pelancong yang pernah menginap di rumah warga, inapnya berkisar Rp100 ribu hingga Rp350 ribu per malam. Itu tergantung dari fasilitas yang Anda dapatkan. Beberapa inap juga ada yang menawarkan makan tiga kali sehari dengan biaya agak mahal.

Tiket Masuk Curug Citambur

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Citambur sekaligus camping, Anda perlu membayar harga tiket masuk mulai Rp10.000 per orang. Selain itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda akan ditarik tiket parkir Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

[1] Parida, Ida. 2021. Strategi Pengembangan Wisata Alam di Wana Wisata Curug Citambur KPH Cianjur. Wanamukti IPB, VOl. 24(1): 42-50.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan