Sebelum Reservasi, Simak Pengalaman Konsumen Pesan Hotel di Agoda




Situs Pesan Hotel di Agoda - www.agoda.com
Situs Pesan Hotel di Agoda - www.agoda.com

Saat ini, jika ingin memesan hotel, memang semakin mudah. Anda tidak perlu lagi datang langsung ke alamat penginapan yang dituju.Anda bisa melakukan via situs resmi hotel, telepon, atau beberapa online agent seperti Traveloka, Pegipegi, , dan Agoda. Sayangnya, meski lebih simpel, ada banyak konsumen yang mendapatkan pengalaman tidak mengenakkan ketika melakukan pemesanan kamar hotel via situs online.

Dari sekian banyak OTA, salah satu yang kerap dirujuk untuk booking kamar hotel adalah Agoda. Dilansir dari situs resminya, ini adalah platform pemesanan perjalanan online yang diklaim berkembang paling pesat di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2005 ini berkembang dengan cepat di Asia dan diambil alih oleh penyedia pemesanan kamar online terbesar di dunia, Booking Holdings Inc., pada tahun 2007.

Masih menurut referensi yang sama, kantor utama Agoda berada di Singapura dengan 53 kantor cabang di kota-kota besar yang ada di 30 negara dan memiliki lebih dari 3.700 karyawan di seluruh dunia. Agoda menyediakan lebih dari 2 juta properti , termasuk apartemen, , rumah, dan hotel, serta didukung oleh lebih dari 15 juta ulasan dari . Agoda mengklaim diri sebagai yang terdepan dalam penyediaan akomodasi non-hotel seperti dan rumah.

Untuk mereka yang ingin memesan kamar hotel di situs booking online ini, Agoda menerapkan sejumlah kebijakan, termasuk terkait harga kamar, biaya lain-lain, kapasitas tampung, pembatalan pemesanan, hingga refund. Berikut beberapa kebijakan yang sering ditanyakan pengguna ketika ingin memesan kamar hotel via Agoda.

Resepsionis Blue Diamond New Hotel - www.agoda.com
Resepsionis Blue Diamond New Hotel – www.agoda.com

Kebijakan Agoda

  • Pengaturan awal tampilan harga di Agoda tidak termasuk pajak dan biaya layanan. Jika Anda ingin melihat harga kamar yang sudah termasuk pajak dan biaya layanan, Anda dapat klik icon mata uang di pojok kanan atas halaman, kemudian pilih “Harga per Malam dengan Pajak & Biaya”. Selain itu, Anda bisa melihat total harga di formulir pesanan sebelum melanjutkan ke pembayaran.
  • kamar yang ada pada situs Agoda bisa saja memiliki lebih dari satu harga, tergantung promosi yang sedang ditawarkan properti pada saat tersebut.
  • Semua harga promosi yang ditampilkan sudah termasuk dengan potongan harga.
  • Harga yang ditampilkan adalah harga per kamar, bukan per orang. Jadi, penting untuk memasukkan jumlah tamu yang benar, karena harga bisa saja berubah sesuai dengan kapasitas tamu di dalam kamar.
  • Agoda tidak menyediakan diskon tambahan selain yang tercantum dalam halaman properti.
  • Harga dan persediaan kamar dapat berubah kapan saja.
  • Jika Anda memilih “Pesan Duluan, Bayar Belakangan”, jenis pesanan ini memungkinkan Anda untuk membuat pesanan terlebih dahulu, dan melakukan pembayaran kemudian. Pesanan ini akan dikonfirmasi secara otomatis. Sekitar dua atau tiga hari sebelum kondisi pesanan menjadi aktif, kartu kredit Anda akan ditagihkan sejumlah nominal pesanan.
  • Kebijakan pembatalan berbeda untuk masing-masing pesanan, tergantung hotel, periode inap, tipe kamar, promosi, dan lain-lain.
  • Refund, jika ada, akan langsung dikirimkan ke bank Agoda. Umumnya, bank membutuhkan waktu hingga 30 hari kerja dari tanggal pengajuan/pengembalian refund untuk mengembalikan biaya ini atau hingga siklus penagihan berikutnya. Refund akan dikonversi dalam mata uang lokal turis yang bersangkutan oleh perusahaan kartu kredit.
Lihat Juga:   Info Homestay Murah & Layak Inap di Hulu Langat, Selangor

Pengalaman Pesan Hotel di Agoda

Memang, menurut para wisatawan, membuat pengaturan perjalanan sendiri, membuat reservasi maskapai, dan hotel, melalui internet merupakan hal yang dapat menghemat biaya, karena dapat menghilangkan biaya perantara seperti pada offline travel agencies.[1] Nilai plus yang diberikan dibandingkan dengan travel tour offline adalah saluran non-stop yang dapat diakses oleh siapa saja untuk pemesanan transportasi dan akomodasi, serta terciptanya hal yang praktis, efektif, dan efisien.

Lihat Juga:   The Batu Villa Garden C5, Penginapan Dua Kamar di Kompleks Panderman Hill

Dalam situs OTA, hotel yang berada dalam suatu lokasi dikelompokkan dalam satu kategori sehingga memudahkan dalam memilih, karena di dalamnya diberikan fasilitas untuk melihat hotel pada daerah tujuan yang dituju, membandingkan harga dan fasilitas hotel-hotel yang terdaftar pada OTA, serta melihat review atau ulasan dari tamu yang telah melakukan pemesanan, dan memesan kamar pada situs web tersebut. Berbagai kemudahan tersebut membuat OTA menjadi lebih unggul dibanding situs web yang disediakan oleh hotel.[2]

Menurut pengalaman beberapa pengguna, ketika Anda melakukan booking hotel via Agoda, selain proses yang sangat cepat, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan pihak Agoda diklaim akan memberikan harga terbaik untuk Anda. Bahkan, konsumen bisa memperoleh diskon tarif hotel 50 persen hingga lebih.

Kamar Adimulia Hotel Medan - www.agoda.com
Kamar Adimulia Hotel Medan – www.agoda.com

Saat melakukan reservasi, prosesnya relatif berjalan dengan lancar. Kalaupun ada masalah sedikit, customer service Agoda sendiri pun sangat tanggap dan cepat untuk mengatasi masalah Anda. Proses reservasi yang berjalan tidak sampai lima menit. Ketika Anda selesai melakukan pembayaran hotel, kode booking maupun voucher hotel akan langsung dikirim ke email Anda.

Meski demikian, tidak sedikit pengguna yang mengutarakan kekecewaan mereka saat memakai jasa Agoda. Situs booking online ini tidak jarang masih membuka pemesanan meskipun kamar hotel sebenarnya sudah full booked. Selain itu, ada juga yang mengeluhkan bahwa voucher atau kode booking belum dikirimkan oleh pihak Agoda meskipun informasi yang diterima mengatakan bahwa transaksi telah berhasil.

[1] Hamid, I. A. 2011. Travel Agency Strategies for Managing The Current Dynamic Environment. .

[2]Tirtayasa, P.P.I dan S.A. Paturusi. 2016. Penggunaan Situs Web Hotel dan OTA Sebagai Media Promosi dan Penjualan Bagi Hotel Melati di Ubud. JUMPA 3(1): 60-71.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan