Pantai Untung Jawa, Wisata Indah & Terjangkau untuk Warga Ibu Kota

Pantai Untung Jawa - www.penawisata.com

merupakan destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi saat , terutama bagi warga yang bermukim di kawasan Ibu Kota. Di antara gugusan eksotis yang ada di Kepulauan Seribu, ada sebuah yang cukup menarik untuk dikunjungi, yakni Untung Jawa. Untung Jawa memiliki yang indah dan lokasinya juga cukup dekat dari Tangerang.

Pantai Untung Jawa - www.penawisata.com

Pantai Untung Jawa – www.penawisata.com

Untuk mencapai Pantai Untung Jawa, ada beberapa alternatif rute yang bisa Anda pilih. Jika dari Jakarta, Anda bisa berangkat dari Muara Angke, kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik perahu kayu berkapasitas 50-100 orang. Tarif naik perahu tersebut sekitar Rp 50 ribuan per orang dengan jarak tempuh 40 menit. Perahu itu berangkat setiap pukul 07.00 WIB dan 12.00 WIB.

Apabila dari Tangerang, untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa Anda harus menuju ke Pantai Tanjung Pasir terlebih dahulu. Pantai Tanjung Pasir terletak di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, 29 km ke utara dari Kota Tangerang. Tempat penyeberangan ke Pantai Untung Jawa ini dapat ditempuh lewat Jalan Tol Bandara menuju Jl. Marsekal Surya Darma atau Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, kemudian dilanjutkan ke Kampung Melayu, lalu masuk ke Jl. Raya Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Jalan Raya Tanjung Pasir membentang sejauh 6 km. Selama berada di perjalanan menuju Tanjung Pasir, Anda juga bisa menikmati bonus pemandangan indah di sepanjang jalan seperti hamparan sawah yang hijau sejak dari pertigaan Kampung Melayu, tambak-tambak yang terletak di sebelah kiri dan kanan jalan, dan mampir mengisi perut di rumah makan seafood yang berornamen serba bambu.

Pantai Untung Jawa - www.triptrus.com

Pantai Untung Jawa – www.triptrus.com

Sebelum masuk pintu gerbang Tanjung Pasir, Anda dapat mengunjungi Penangkaran Buaya yang memiliki koleksi sekitar lebih dari 500 ekor buaya dari yang masih kecil hingga yang umurnya mencapai 40 tahunan. Selain itu, Anda juga bisa menyempatkan diri untuk menikmati indahnya pemandangan Pantai Tanjung Pasir sebelum menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Jangan khawatir tarif masuk ke kawasan Tanjung Pasir cukup murah hanya sekitar Rp 10 ribuan saja per orang. Pemandangan di Pantai Tanjung Pasir juga tidak kalah indah dari Pantai Untung Jawa.

Lihat Juga:   8 Wisata Pantai Eksotis dengan Pemandangan Menakjubkan di Lampung

Untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa dari Tanjung Pasir biasanya menggunakan perahu motor yang memasang sewa sekitar Rp 25 ribuan per orang atau Rp 250 ribuan untuk sewa satu kapal. Sebaiknya Anda memilih jalur penyeberangan melalui Tangerang lantaran jarak tempuhnya dari Pantai Tanjung Pasir cukup singkat, hanya 15-20 menit saja.

Saat tiba di Pantai Untung Jawa, ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda coba mulai dari naik banana boat, snorkeling, jetski, diving alias menyelam, menjelajahi hutan bakau, berkeliling pulau dengan kapal, dan masih banyak lagi. Jika ingin mencoba banana boat, Anda akan dikenai biaya sekitar Rp 30 ribuan per orang, untuk permainan donat harganya Rp 35 ribuan per orang, dan paket snorkeling biayanya sekitar Rp 50 ribuan per orang. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu ke pihak pengelola agar Anda tidak salah perhitungan.

Tak hanya dapat mencoba sejumlah water sport yang disediakan di Pantai Untung Jawa, Anda juga dapat mencicipi lezatnya kuliner khas di sana yang sebagian besar menyajikan menu-menu masakan laut alias seafood berupa ikan laut segar yang diambil langsung oleh para nelayan setempat.

Soal sarana akomodasi pun tak perlu bingung, pasalnya fasilitas yang tersedia di Pantai Untung Jawa sudah cukup lengkap. Ada beberapa penginapan yang dikelola oleh penduduk sekitar dengan harga per malam berkisar mulai dari Rp 150 ribuan hingga Rp 400 ribuan. Apabila Anda kehabisan homestay, Anda juga diizinkan untuk mendirikan tenda sendiri di kawasan Pulau Untung Jawa.

Lihat Juga:   Villa Recommended di Puncak dengan Fasilitas Kolam Renang

Dengan bermalam di Pulau Untung Jawa, Anda bisa berkesempatan mengunjungi sejumlah pulau indah lainnya yang lokasinya tak terlalu jauh dari Pulau Untung Jawa, misalnya saja seperti Pulau Rambut, Pulau Kahyangan, hingga Pulau Ornust. Sebagai , berikut ini daftar yang bisa dijadikan tempat beristirahat selama berada di Pantai Untung Jawa.

Nama Penginapan Alamat Nomor Telepon
Baronang Home Stay Jl. Bougenville RT 001/01, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Untung Jawa, 14510, Indonesia (021) 23804646
Kakap Merah Homestay Jl. Nirwana RT 001/RW 01, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Untung Jawa, 14510 (021) 9813535
Karang Bolong Homestay Jl. Pantai Tias RT 01/RW 02 No. 4, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Untung Jawa -
Lumba-Lumba Home Stay Jl. Bougenville RT 01/RW 01, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Untung Jawa, 14510 (021) 70627910
Mutiara Homestay Jl. Bougenville RT 001/RW 01, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Untung Jawa, 14510 (021) 68777604
Pulau Ayer Resort Jl. Pulau Air Besar, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Untung Jawa, 14510, Indonesia (021) 32865897
Pulau Bidadari Resort Jl. Karang Bolong Raya No. 21 Blok 30-31 Ancol Barat, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Untung Jawa, 14430 (021) 64710048

Apabila Anda berencana menginap di salah satu homestay atau hotel yang ada di dekat Pantai Untung Jawa, sebaiknya lakukan reservasi sejak jauh-jauh hari dengan menghubungi salah satu kontak di atas. Pasalnya fasilitas akomodasi yang ada di Pulau Untung Jawa cepat sekali terisi penuh. Jadi Anda bisa saja kehabisan kamar jika memesan kamar terlalu mendadak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>