Hutan Pinus Precet, Tempat Wisata Alam Kece dan Murah di Malang




Hutan Pinus Precet (sumber: jelajahkawi.site)
Hutan Pinus Precet (sumber: jelajahkawi.site)

Bagi Anda, warga dan sekitarnya, yang bingung ingin jalan-jalan ke mana, Anda bisa mencoba pelesir ke daerah Precet, Kabupaten . Di daerah tersebut, ada Hutan Pinus yang sedang populer di kalangan wisatawan backpacker, dengan masuk yang murah dengan fasilitas komplet.

dan ke Hutan Pinus Precet

Hutan Pinus di daerah Precet menjadi salah satu potensi alam yang telah dikembangkan warga sekitar sebagai ramah . Pengelolaan wisata seperti ini memang sangat penting, khususnya bagi warga yang tinggal di daerah kabupaten atau pelosok. Hutan pinus sebagai sumber daya alam yang diubah menjadi tempat wisata, dapat meningkatkan aspek sosial dan ekonomi masyarakat sekitar.

Selain itu, ditinjau dari Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, pengelolaan pariwisata perlu ditingkatkan untuk memperluas kesempatan kerja dan kesempatan berusaha, meningkatkan penerimaan devisa, serta memperkenalkan alam dan kebudayaan bangsa Indonesia.[1] Dengan adanya spot wisata Hutan Pinus di Precet, maka daerah tersebut menjadi ramai pengunjung dan membuat warga sekitar semakin sejahtera.

Bagi Anda yang hendak pergi ke Hutan Pinus Precet, pastikan Anda mengetahui rute dan lokasinya. Precet Forest Park berlokasi di Sumbersuko, Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Anda yang datang dari arah Kota Batu, bisa lewat Jl. Dewi Sartika. Dari jalan tersebut, pergilah ke Jl. Patimura. Teruskan perjalanan Anda menuju Jl. Ir. Soekarno menuju Jl. Raya Tegalweru. Setelah menjumpai perempatan, belok kanan menuju Jl. Raya Tegalweru dan lanjutkan ke Jl. Sumbersuko. Di jalan tersebut, Anda hanya perlu melewati Sumbersuko Forest Park dan setelah melewati SDN Precet Sumbersuko, Anda akan menemukan Hutan Pinus Precet di kanan jalan.

Lihat Juga:   Ingin Lihat Gemerlapnya Berastagi? Yuk, Kunjungi Penatapan Saat Malam Hari!
Lokasi Hutan Pinus Precet (sumber: travelingyuk)
Lokasi Hutan Pinus Precet (sumber: travelingyuk)

Tentunya, rute di atas akan berbeda jika Anda datang dari arah lain. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti arahan peta online atau GPS yang ada pada kendaraan maupun gadget Anda. Tidak perlu khawatir, karena sinyal di daerah tersebut tidak sepayah di pelosok atau daerah kabupaten lainnya.

Fasilitas dan Keindahan Hutan Pinus Precet

Sesampainya di Hutan Pinus Precet, Anda bisa langsung memarkir kendaraan di area parkir. Hutan Pinus Precet menawarkan sejumlah fasilitas berupa camping ground, area outbound, flying fox, area berkuda, dan taman bunga yang luas. Cocok bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus berolahraga.

Selain itu, para pelancong juga bisa berfoto dengan background pemandangan Gunung Kawi yang indah. Pada pagi hari atau sore hari, biasanya Gunung Kawi akan tampak berwarna kebiruan karena kabut. Bagi Anda yang ingin melihat Gunung Kawi dengan lebih jelas, sebaiknya datang sekitar jam 9 atau jam 10 pagi.

Di setiap sudut hutan, terdapat bangku taman yang terbuat dari kayu dan batu. Fasilitas ini biasanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk berfoto sekaligus beristirahat oleh para pengunjung. Sebagian besar dari mereka juga memanfaatkan tempat tersebut sebagai area untuk menikmati pemandangan Gunung Kawi.

Lihat Juga:   Amalia Guest House, Penginapan Keluarga yang Nyaman Di Kota Malang

Selain menjadi tempat wisata keluarga, wisata Hutan Pinus Precet kerap dijadikan sebagai tempat untuk acara kemah sekolah dan gathering. Memang, dengan suasana yang masih sejuk dan asri, ditambah segudang fasilitas yang menarik, membuat tempat tersebut nyaman dijadikan sebagai tempat hiburan banyak orang.

Pengunjung Hutan Pinus Precet (sumber: viva.co.id)
Pengunjung Hutan Pinus Precet (sumber: viva.co.id)

Area wisata alam tersebut juga sering dijadikan sebagai tempat piknik keluarga. Kebanyakan dari mereka biasanya membawa perbekalan sendiri dari rumah. Sementara, bagi Anda yang tidak memiliki waktu cukup untuk menyiapkan perbekalan, di sekitar lokasi wisata sudah terdapat banyak warung dan toko kelontong.

Harga Masuk Hutan Pinus Precet

Bagi Anda yang ingin menikmati semua fasilitas di atas, tentu Anda harus membayar tiket masuknya. Tiket masuk ke area tersebut gratis, Anda hanya perlu membayar parkir mulai Rp3.000 hingga Rp5.000. Tentunya tarif parkir di Hutan Pinus Precet tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Bagi Anda yang hendak berkemah, Anda harus mengisi data administrasi terlebih dahulu di pos penjagaan. Setelah itu, Anda baru bisa memilih camping ground yang cocok untuk berkemah. Berkemah di tempat tersebut tentu sangat menyenangkan. Selain menikmati udara dingin hutan pinus, Anda akan disuguhi view Gunung Kawi yang indah di malam dan pagi hari.

[1] Lailasari, Dwi Tresna. 2016. Strategi Pengelolaan Potensi Hutan Menjadi oleh Perum Perhutani di Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol. 2(4): 61-78.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan