Batu Bengkung, Pantai Indah di Malang dengan Nuansa Mirip Pantai Pandawa




Batu Bengkung - www.tribunnews.com
Batu Bengkung - www.tribunnews.com

Siapa yang tak kenal dengan Pandawa? Setiap yang berkunjung ke Dewata Bali biasanya ingin menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai yang kerap dijuluki dengan Pantai Rahasia alias Secret Beach. Pantai yang diapit dengan dua tebing yang sangat besar ini terletak di kawasan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, . Tak hanya pantainya saja yang indah, sejak dari menuju ke pantai ini pun para pengunjung bakal dibuat terkesima dengan keindahan salah satu sisi tebing yang berhiaskan pahatan 5 patung Pandawa dan Kunti. Adapun keenam patung itu secara berurutan dari posisi tertinggi adalah Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Bukan hanya sekadar dimanfaatkan sebagai objek dan juga sarana olahraga air, Pantai Pandawa pun ternyata dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk budidaya rumput laut. Kontur dari Pantai Pandawa yang landai dan ombaknya yang tidak sampai ke garis pantai rupanya dinilai cukup mendukung proses budidaya rumput laut. Panoramanya yang indah pun memikat banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melakukan aktivitas paralayang dari Bukit Timbis sampai ke Pantai Pandawa.

Meskipun keindahannya sudah tersohor hingga ke luar negeri sana, rupanya masih banyak orang-orang yang belum beruntung untuk bisa datang dan melihat langsung seperti apa keindahan Pantai Pandawa. Tetapi bagi Anda warga yang bermukim di wilayah Malang Raya agaknya bisa sedikit terobati. Pasalnya, di kawasan Malang Selatan, Jawa Timur ada banyak pantai yang memiliki keindahan dan keunikan tak kalah menawan dari Pantai Pandawa.

Bahkan ada salah satu pantai yang tampilan dan suasananya sekilas mirip seperti Pantai Pandawa. Pantai apakah gerangan? Pantai Batu Bengkung namanya. Sebagian besar warga Malang pastinya sudah tak asing lagi dengan pantai satu ini. Tak hanya memiliki suasana seperti Pantai Pandawa, bahkan sebagian orang juga menjuluki Pantai Batu Bengkung sebagai Raja Ampat-nya Malang. Wah, seperti apa sih keindahannya?

Batu Bengkung - www.travelloratour.com
Batu Bengkung – www.travelloratour.com

Nama Pantai Batu Bengkung di telinga sebagian orang mungkin terdengar unik. Namanya memang menggambarkan kondisi dari pantai itu sendiri, yakni pantai dengan bebatuan karang yang mengelilingi pantai. Gugusan bebatuan yang ada di pantai tersebut membentuk lengkungan dan jika diperhatikan mirip seperti seorang wanita yang sedang dibengkung, yakni seorang wanita yang menggunakan stagen sesuai dengan tradisi Jawa usai melahirkan.

Bebatuan di Pantai Batu Bengkung tersebut muncul secara alami dan berfungsi untuk memecah ombak besar dari lautan. Bahkan berkat keberadaan batu-batu karang tersebut, akhirnya terbentuk sebuah kolam air alami yang bisa dipakai para pengunjung untuk bermain air saat air laut sedang surut.

Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung jaraknya sekitar 3 km dari Pantai Bajul Mati ke arah barat, tepatnya di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika hendak ke Pantai Batu Bengkung, Anda juga bisa sekalian mengunjungi sederet pantai yang sejalur dengan Pantai Batu Bengkung seperti Pantai Goa Cina dan sebagainya. Tak perlu khawatir, sebab akses menuju pantai juga sudah beraspal cukup mulus, sehingga mudah dilewati kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Jalan menuju Pantai Batu Bengkung juga mudah, Anda bisa berkendara menuju Pantai Balekambang. Apabila berangkat dari Malang, Anda dapat berkendara ke arah Kepanjen, lalu ke Pagak sampai Bantur. Jika sudah sampai di Bantur, ambil jalan yang menuju Pantai Balekambang sampai tiba di perempatan. Kemudian Anda bisa belok kiri. Jika lewat jalur ini, lokasi Pantai Batu Bengkung berada sebelum Pantai Bajul Mati.

Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung

Seperti halnya pantai-pantai lain di kawasan Malang Selatan, untuk masuk ke Pantai Batu Bengkung pun Anda akan ditarik biaya. Adapun tarif tiket masuk Pantai Batu Bengkung dipatok sekitar Rp10 ribu per orang. Jika sedang memasuki musim liburan atau Lebaran, harga tiketnya bisa naik jadi sekitar Rp16 ribu per orang. Bagi yang bepergian naik kendaraan pun siap-siap ditarik biaya parkir Rp5.000 untuk sepeda motor (roda 2) atau Rp10.000 untuk mobil (roda 4).

Batu Bengkung - merahputih.com
Batu Bengkung – merahputih.com

yang ada di Pantai Batu Bengkung pun terbilang lengkap, bagi yang membawa kendaraan pun tak perlu bingung karena sudah disediakan area parkir kendaraan yang luas. Selain itu ada banyak warung di pinggir pantai yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi perut atau sekadar membeli minuman. Lalu ada juga musala bagi umat muslim yang ingin beribadah dan juga toilet memadai untuk bersih diri atau buang air.

Nah, di sisi kiri pantai juga ada sebuah tebing bebatuan yang bisa Anda daki bersama rombongan untuk melihat keindahan Pantai Batu Bengkung langsung dari atas ketinggian. Namun harus diingat, untuk mendaki tebing tersebut Anda wajib berhati-hati karena pengamannya terbilang minim. Hanya ada patok pembatas dan jalan untuk naik pun terbilang cukup curam. Ketika sudah sampai di atas tebing, Anda pasti bakal dibuat takjub melihat suasana laut yang biru sambil mendengar gemuruh ombak yang menghantam karang.

Bagi yang senang berfoto-foto selfie, jangan sampai melewatkan spot foto dari atas tebing tersebut dengan latar belakang laut dan juga bebatuan karang yang tinggi menjulang di Pantai Batu Bengkung. Tapi jangan khawatir, jika terlalu takut untuk naik ke atas tebing, Anda juga bisa sekadar bermain air di kolam yang terletak di tepi pantai sembari berfoto-foto atau bahkan menikmati bekal yang Anda bawa dari rumah.

Lihat Juga:   Menikmati Fasilitas Mewah di King Villa, Kota Batu




Tentang Dian Kartika1074 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*