Update Daftar dan Harga Tiket Bioskop di Malang

  • Whatsapp
Ilustrasi: studio bioskop (sumber: homemcr.org)
Ilustrasi: studio bioskop (sumber: homemcr.org)

Bioskop saat ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk menonton film-film favorit, melainkan juga sebagai tempat untuk rekreasi dan melepaskan penat. Di Indonesia sendiri, bioskop sudah menyebar ke berbagai daerah, termasuk di Malang. Di kota berjuluk Paris van East Java tersebut, ada sejumlah bioskop yang dapat Anda datangi untuk menonton film dengan harga yang dapat dikatakan masih terjangkau. 

Apa Itu Bioskop?

Dikutip dari Wikipedia, bioskop dalam bahasa Belanda disebut bioscoop, yang diambil dari bahasa Yunani, bios yang artinya hidup dan skopos yang artinya melihat. Ini disebutkan sebagai tempat untuk menonton film dengan menggunakan layar lebar. Gambar film diproyeksikan ke layar menggunakan proyektor. Padanan kata bioskop adalah gambar hidup.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, bioskop pertama di Tanah Air didirikan pada bulan Desember 1990 silam, di Jalan Tanah Abang I, Jakarta Pusat. Bangunan bioskop pada masa itu menyerupai bangsal, dengan dinding dari gedek dan beratap kaleng atau seng. Kala itu, harga tiket bioskop hanya dua gulden untuk kelas I dan dua setengah perak untuk kelas II.

Film-film yang diputar di dalam bioskop tempo dulu adalah film gagu alias bisu atau tanpa suara. Biasanya, pemutaran diiringi musik orkes, yang ternyata jarang “nyambung” dengan film. Beberapa film yang kala itu yang menjadi favorit masyarakat adalah Fantomas, Zigomar, Tom MIx, Edi Polo, Charlie Chaplin, Max Linder, Arsene Lupin, dll.

Transmart MX Mall XXI - @Ipung Atria
Transmart MX Mall XXI – @Ipung Atria

Di dekade 2000-an, jaringan bioskop mulai marak di Indonesia. Setidaknya, ada dua pengelola bioskop yang terkenal, yaitu 21 Cineplex dengan Bioskop 21 (XXI) dan The Premiere dengan jaringan Blitzmegaplex. Bioskop-bioskop ini umumnya tersebar di pusat perbelanjaan atau mall, dan terkadang, satu pusat perbelanjaan memiliki lebih dari satu bioskop.

Apabila Anda berdomisili atau sedang liburan di Malang, saat ini sudah ada banyak bioskop yang dapat Anda datangi untuk menonton film favorit. Lokasinya menyebar, mulai utara, tengah kota, hingga di sisi barat. Berikut kami sajikan terbaru daftar bioskop yang masih beroperasi di dan dapat Anda jadikan referensi menonton bersama pasangan atau teman.

Lihat Juga:   Harga Kompetitif, Ini Referensi Hotel di Tidar Malang

Lokasi Bioskop di Malang

Nama Bioskop di Malang
Movimax Dinoyo City Dinoyo City Lantai 4, Jalan MT Haryono No. 195, Lowokwaru, Kota Malang
Movimax Sarinah Sarinah Plaza Lantai 3, Jalan Basuki Rahmat No. 2A. Klojen, Kota Malang
Araya XXI Plaza Araya Lantai 1, Jalan Blimbing Indah Megah No. 2, Kota Malang
Dieng XXI Jalan Raya Langsep No. 2, Kota Malang
Mandala XXI Malang Plaza, Jalan KH Agus Salim, Kota Malang
Transmart MX Mall XXI Mall Transmart Lantai 5, Jalan Veteran, Kota Malang
Cinepolis MATOS MATOS, Jalan Veteran No. 2, Klojen, Kota Malang
CGV Malang City Point Malang City Point, Jl. Terusan Dieng, Pisang , Kec. Sukun, Kota Malang
Mopic Cinemas Jl. Soekarno-Hatta No. 9, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
NSC Jl. Raya Talang Agung No. 78, Rekesan, Talangagung, Kepanjen, Kabupaten Malang

Pada tahun 2022 lalu, ternyata ada bioskop CGV baru di Kota Malang yang buka untuk pertama kalinya pada 11 Agustus 2022 di Malang City Point (MCP). Bioskop CGV Malang City Point menawarkan 3 auditorium dengan harga tiket yang berbeda-beda sesuai hari menonton. Kemudian, per awal Mei 2023, Mopic Cinemas resmi beroperasi sekaligus mengembalikan nostalgia sebagai bioskop yang buka di luar mall seperti era 1990-an silam. Sayangnya, di saat yang berdekatan, Mandala XXI berhenti operasi karena lokasi Malang Plaza terkena musibah kebakaran.

Bioskop CGV Malang City Point (sumber: malangtimes.com)
Bioskop CGV Malang City Point (sumber: malangtimes.com)

Untuk ukuran kota seperti Malang, harga tiket bioskop di kawasan ini memang bisa dikatakan relatif terjangkau, terutama bagi kalangan mahasiswa yang menuntut ilmu di Kota . Nah, bagi Anda yang sedang memiliki rencana untuk menonton film favorit, berikut kami sajikan informasi terbaru harga tiket sejumlah bioskop di Malang.

Harga Tiket Bioskop Malang

Nama Bioskop di Malang Harga Tiket
Movimax Dinoyo City Senin – Jumat : Rp25.000
Sabtu, Minggu, Libur : Rp30.000
Movimax Sarinah Senin – Kamis : Rp20.000 (Deluxe) / Senin-Jumat: Rp40.000 (Executive)
Jumat : Rp30.000 (Deluxe)
Sabtu, Minggu, Libur : Rp35.000 (Deluxe) / Rp50.000 (Executive)
Araya XXI Senin – Kamis : Rp25.000
Jumat : Rp30.000
Sabtu, Minggu, Libur : Rp40.000
Dieng Cinema 21 Senin – Jumat: Rp20.000
Sabtu, Minggu, Libur : Rp25.000
Mandala Cinema 21 Senin – Jumat : Rp25.000
Sabtu, Minggu, Libur : Rp30.000
Transmart MX Mall XXI Senin – Kamis : Rp30.000
Jumat : Rp35.000
Sabtu, Minggu, Libur : Rp40.000
Cinepolis MATOS Regular Senin – Kamis: Rp35.000
Luxe Senin – Kamis: Rp50.000
NSC Kepanjen Senin – Rabu : Rp25.000
Kamis – Jumat : Rp30.000
Sabtu, Minggu, Libur : Rp35.000
CGV Malang City Point Rp40.000 – Rp60.000
Mopic Cinemas Senin – Jumat : Rp25.000
Sabtu, Minggu, Libur : Rp30.000
Lihat Juga:   Biaya dan Cara ke Karimunjawa dari Jepara

Informasi harga tiket bioskop di Malang tersebut kami rangkum langsung dari situs resmi dan akun media sosial bioskop yang bersangkutan. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, harganya sebenarnya rata-rata masih sama. Namun, harga tiket Dieng 21 terpantau turun dari Rp25 ribu menjadi Rp20 ribu pada hari Senin sampai Kamis, sedangkan harga tiket Cinepolis MATOS kelas Luxe naik dari Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu.

Nonton Film Favorit di Bioskop - (Karya: Edwin Tan)
Nonton Film Favorit di Bioskop – (Karya: Edwin Tan)

Manfaat Menonton Film di Bioskop

Seperti dilansir oleh NBC News, kini semakin banyak terapis yang menggunakan film sebagai resep proses pengobatan pasien mereka untuk mengeksplorasi kejiwaan. Film menjadi satu alat untuk membantu orang-orang dalam terapi mencapai tujuan serta mengatasi rintangan. Menurut para ahli, menonton di bioskop dapat memberikan efek positif pada sebagian besar orang, kecuali mereka yang menderita gangguan kejiwaan.

Seorang terapis bioskop bernama Birgit Wolz, Ph.D. dari Oakland, California, mengatakan pada WebMD bahwa nonton film di bioskop bisa menjadi obat bagi seseorang yang berada di tengah depresi. Menurutnya, sebuah film yang membantu mereka menangis dapat membuka berbagai tingkat jiwa mereka. Sementara, dr. Resthie Rachmanta Putri dari Klikdokter menjelaskan bahwa nonton film di bioskop bisa sebagai media untuk relaksasi.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan