Pantai Cermin Pariaman, Spot Liburan Cantik dan Murah




Jernihnya air laut di Pantai Cermin Pariaman (sumber: wisataku.id)
Jernihnya air laut di Pantai Cermin Pariaman (sumber: wisataku.id)

Kota Padang bisa dikatakan sebagai kota paling di Sumatera Barat karena berstatus sebagai ibukota provinsi. Namun, selain Padang, terdapat juga Pariaman, sebuah kota yang hanya berselang sekitar 25 km dari Internasional . Kota ini layak Anda jadikan alternatif karena menawarkan beragam spot yang keren, salah satunya Pantai Cermin.

Sebelum membahas mengenai Pantai Cermin, tidak ada salahnya apabila kita kulik sedikit mengenai Kota Pariaman. Seperti disampaikan di atas, ini adalah sebuah kota yang berada sekitar 25 km dari Bandara Internasional Minangkabau. Jika Anda bertolak dari Kota Padang, perlu menempuh sejauh 56 km untuk tiba di tempat ini.

Dilansir dari Wikipedia, Pariaman ini dulunya merupakan salah satu kota pelabuhan penting di pantai barat Sumatera. Pedagang-pedagang dari India dan Eropa datang dan berdagang emas, lada, serta hasil perkebunan dari pedalaman Minangkabau lainnya. Namun, pada awal abad ke-17, kawasan ini telah berada dalam kedaulatan Kesultanan Aceh.

Kota Pariaman sendiri berada di dataran rendah yang landai, dengan ketinggian antara 2 sampai 35 meter di atas permukaan air , dengan luas daratan sekitar 73,36 km persegi. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian kawasan ini punya pantai dengan panjang 12,7 km serta luas perairan sekitar 282,69 km persegi.

Gedung kantor Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman (sumber: padek.co)
Gedung kantor Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman (sumber: padek.co)

Terletak di dataran rendah dan dekat dengan laut, sektor di Kota Pariaman memang didominasi oleh pantai. Ada beragam pantai yang bisa Anda kunjungi di tempat ini. Pantai Gandoriah misalnya, yang berada di depan stasiun KA Pariaman dan telah dilengkapi fasilitas anjungan, pujasera, plaza, dermaga apung, Monumen Perjuangan TNI AL, hingga Jembatan Muaro.

Selain itu, terdapat juga Pantai Kata, yang punya Taman Kota (bekas Astaka MTQ Nasional Provinsi), Air Mancur Menari, anjungan, resort, dan Monumen Ikan di Karan Aua-Taluak. Alternatif lainnya adalah Pantai Pasir Lohong yang mengandalkan Taman Anas Malik dan Taman Pemuda ASEAN (ASEAN Young Park) hingga Pantai Belibis di daerah Nareh yang punya hutan bakau.

Lihat Juga:   Info Terbaru Villa Murah di Puncak Fasilitas Kolam Renang

Lokasi Pantai Cermin

Selain pantai-pantai yang telah disebutkan di atas, Pariaman pun menawarkan Pantai Cermin. Lokasi pantai ini sekitar 1,5 km ke selatan dari pusat Kota Pariaman. Secara administratif, pantai ini berada di Desa Karan Aur. Anda bisa menempuh pantai ini dengan berkendara selama sekitar 15 menit sampai 20 menit dari Kota Pariaman.

Pintu masuk Pantai Cermin Pariaman (sumber: jejakpiknik.com)
Pintu masuk Pantai Cermin Pariaman (sumber: jejakpiknik.com)

Untuk bisa ke Pantai Cermin, akses yang dilalui sangat mudah, dengan jalan yang sudah dalam kondisi beraspal. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk ke pantai ini. Jika naik kendaraan umum, Anda bisa menumpang angkutan kota (angkot), ojek, taksi, maupun bendi, yakni angkutan umum tradisional yang ditarik oleh kuda. Biayanya beragam, untuk angkot biasanya dikenakan tarif sekitar Rp3.000 sekali naik, sedangkan untuk bendi ataupun ojek, tergantung dari jauh atau dekatnya jarak yang ditempuh serta hasil tawar-menawar dengan pemiliknya.

Menurut ulasan para wisatawan yang sempat singgah di pantai ini, lokasi ini merupakan tempat yang bagus untuk liburan. Pasalnya, Pantai Cermin memiliki kondisi yang sangat bersih, dengan pemandangan yang cantik. Selain itu, banyak pelancong yang menyukai kerapian tempat parkir di kawasan ini, selain angin yang berembus kencang dan kondisi pantai yang landai.

Pesona dan Fasilitas Pantai Cermin

Pantai Cermin secara fisik memiliki dataran yang cukup landai dengan kemiringan 0 sampai 2 derajat. Bagian pinggiran pantai ini sebagian besar ditumbuhi pohon pinus dan pohon kelapa yang rindang. Ini adalah potensi yang sangat menarik untuk dinikmati karena kondisi atau keasrian lingkungan memang relatif terjaga.

Banyak aktivitas atau kegiatan yang dapat Anda lakukan ketika liburan ke Pantai Cermin. Anda bisa duduk di pinggir pantai sambil memandangi hamparan laut luas, ditemani semilir angin. Selain itu, Anda pun bisa mencoba bermain air atau berenang di kawasan pantai. Namun, untuk berenang, pengunjung disarankan tetap berhati-hati.

Lihat Juga:   Villa Mambruk Anyer, Penginapan Mewah di Bibir Pantai Anyer

Di area pantai ini, juga terdapat sebuah taman yang didedikasikan untuk Anas Malik, tokoh daerah yang menjadi prototipe seorang pemimpin yang berhasil mengemban amanah. Di taman ini, sudah didirikan bangunan-bangunan semacam kecil untuk peristirahatan. -bungalow tersebut telah dilengkapi dengan bangku dan meja serta sandaran-sandaran dari kayu. Pengunjung dapat bersantai melepaskan lelah sambil memandang ke arah lautan lepas.

Aktivitas pengunjung cilik Pantai Cermin Pariaman (sumber: visitpariaman.com)
Aktivitas pengunjung cilik Pantai Cermin Pariaman (sumber: visitpariaman.com)

Taman Anas Malik pun dipercantik dengan deretan pohon kelapa yang tidak begitu tinggi, tetapi sudah cukup berdaun rimbun, dengan hamparan rumput hijau yang berada di bawahnya. Di sela-sela pepohonan, terdapat jalan-jalan kecil yang ditata sedemikian rupa dengan ban-ban yang dihias berwarna-warni. Area ini sangat cocok dijadikan tempat bermain anak-anak karena sangat aman.

Pemerintah Kota Pariaman pun sudah membangun area bermain dengan konsep outbound atau mainan ketangkasan. Terdapat setidaknya perosotan berwarna biru cerah, jaring-jaring, hingga rumah-rumah pohon yang kece. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak ditemui anak-anak bermain setiap sore hari.

Untuk Anda yang ingin bersantap atau mengisi perut selepas beraktivitas, tidak perlu khawatir. Karena di sekitar kawasan Pantai Cermin, sudah berdiri banyak warung maupun restoran yang menyajikan berbagai menu yang menarik. Anda bisa menyantap aneka seafood, makanan khas Sumatera Barat, hingga menikmati segarnya es kelapa muda atau es degan.

Pantai Cermin

Menurut ulasan para pengunjung yang pernah berlibur, untuk bisa berwisata ke Pantai Cermin, turis tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun, apabila membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya parkir dengan tarif mulai Rp2.000 untuk sepeda motor atau Rp5.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan