Pantai Cemara, Destinasi Wisata Alam Alternatif di Tuban




Pantai Cemara - gotuban.blogspot.co.id
Pantai Cemara - gotuban.blogspot.co.id

Di Provinsi , Tuban memang lebih terkenal sebagai daerah yang lebih menonjolkan wisata religi, selain suhu udara yang dikenal sangat panas serta minuman tuak. Namun, kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Rembang dan Kabupaten Lamongan ternyata punya segudang objek wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satunya Cemara.

Pantai Cemara - gotuban.blogspot.co.id
Pantai Cemara – gotuban.blogspot.co.id

Pantai Cemara terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. pantai terletak di Pantura sehingga mudah diakses, baik dari arah barat maupun arah timur. Jika Anda datang dari pusat kota Tuban, Anda hanya perlu menempuh perjalanan dengan jarak 6,3 km atau sekitar 15 menit menggunakan kendaraan bermotor. Pantai Cemara sendiri berada tepat di sebelah barat Terminal Baru Tuban atau Terminal Wisata Kambang Putih.

Sebagai suatu wisata alam, tepatnya wisata pantai, Pantai Cemara menawarkan keunikan tersendiri dibandingkan wisata pantai di tempat lain. Jika pantai lainnya umumnya menawarkan keindahan panorama laut dan pasir pantainya yang cantik, maka Pantai Cemara memberikan bonus berupa pemandangan hijau pepohonan cemara yang berbaris rapi di sepanjang pinggir pantai. Karena itu, tidak mengherankan jika tempat wisata ini dinamakan dengan Pantai Cemara.

Pantai Cemara - www.tripjalanjalan.com
Pantai Cemara – www.tripjalanjalan.com

Di bawah pohon cemara yang rindang, wisatawan dapat bersantai sambil duduk-duduk atau tiduran sambil menikmati panorama pasir pantai yang kecokelatan serta birunya air laut. Selain itu, dengan area yang luas, aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai yang dulunya bernama Pantai Tasikharjo ini di antaranya jogging, bermain bola voli, bermain sepak bola pantai, maupun jalan-jalan menikmati keindahan pantai.

Berbeda dengan pantai di laut selatan Jawa yang umumnya memiliki ombak yang besar dan ganas, maka ombak di Pantai Cemara cenderung lebih tenang dan bersahabat. Karena itu, pengunjung juga bisa menghibur diri dengan bermain air atau berenang di pantai tersebut. Sayangnya, karena air laut cenderung dangkal, di pantai ini jarang bisa ditemui biota laut yang menarik, seperti terumbu karang atau ikan-ikan hias.

Lihat Juga:   Rumah Kebun Villa Lulu, Tawarkan Tarif di Bawah Rp100 Ribu Dekat Coban Talun

Nah, untuk bisa berwisata ke Pantai Cemara, pengunjung tidak perlu mengeluarkan sepeser pun alias gratis, dan cukup membayar retribusi parkir agar kendaraan menjadi lebih aman. Namun, pada hari-hari tertentu, semisal libur Lebaran atau Tahun Baru, terkadang pengunjung dikenai masuk yang harganya masih relatif terjangkau.

Karena tidak dipungut biaya, maka tidak heran jika kemudian fasilitas di Pantai Cemara ini tergolong minim. Selain fasilitas parkir kendaraan, nyaris tidak ada fasilitas yang memadai yang bisa ditemukan di pantai ini. Anda hanya akan menemukan fasilitas bilik-bilik kamar untuk membilas tubuh dan berganti pakaian setelah berenang dan juga beberapa warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman, terutama seafood, untuk mengganjal perut Anda.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas penginapan? Jika Anda ingin bermalam, Anda bisa mencari akomodasi penginapan yang berada di Tuban. Berikut beberapa penginapan yang memiliki lokasi paling dekat dengan Pantai Cemara.

Gang Guest Hotel & Resto

Akomodasi ini terletak di Jalan Pramuka No. 26, Tuban. Gang Guest Hotel & Resto hanya berjarak sekitar 5,80 km dari Pantai Cemara. Dari Alun-Alun Tuban, penginapan ini hanya berjarak sekitar 2,15 km. Sementara, dari Pantai Boom Tuban, Gang Guest Hotel & Resto memiliki jarak sekitar 2,31 km dan berjarak sekitar 4,74 km dari Terminal Tuban.

Sebagai sebuah penginapan, Gang Guest Hotel & Resto telah didukung dengan fasilitas seperti , kafe, akses Wi-Fi di area umum, sarapan, hingga makanan ringan. Sementara, fasilitas yang disediakan di dalam kamar mencakup TV, lemari es, kamar mandi pribadi plus bathtub. Berikut masing-masing kamar di Gang Guest Hotel & Resto

Tipe KamarTarif per Malam (Rp)
Superior King Room298.500
Superior Twin Room298.500
Deluxe King Room348.675
Lihat Juga:   Villa Bebegh, Akomodasi Kamaran Hemat Dekat Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti

Jika Anda berminat menginap di tempat ini, Anda bisa melakukan kamar melalui nomor telepon (0356) 333300.

Green Garden Hotel

Penginapan ini berlokasi di Jalan Dr. Soetomo No. 47, Kingking, Tuban. Green Garden Hotel berjarak sekitar 5,81 km dari Pantai Cemara. Akomodasi ini bisa ditempuh setelah melalui perjalanan sepanjang 0,87 km dari Klenteng Kwan Sing Bio, atau 1,31 km jika datang dari Alun-Alun Tuban, dan hanya berjarak sekitar 1,37 km dari Pantai Boom.

Fasilitas yang telah disediakan di Green Garden Hotel mencakup teh atau kopi di lobby, kamar 24 jam, restoran, akses Wi-Fi, brankas, fasilitas bisnis, ruang rapat, aula, banquet, AC, laundry, meja depan dan keamanan 24 jam, hingga porter. Dengan tarif kamar di kisaran Rp380 ribuan per malam untuk kamar Deluxe, Anda bisa melakukan booking melalui nomor telepon (0356) 321030.

Bali Rich Luxury Villa Tuban

Penginapan ini juga berlokasi di Jalan Dr. Soetomo, tepatnya di Jalan Dr. Soetomo No. 28, Kingking, Tuban. Bali Rich Luxury Villa Tuban berjarak sekitar 5,81 km dari Pantai Cemara. Sementara, jika pengunjung ingin berekreasi ke Pantai Boom, hanya perlu menempuh jarak sekitar 1,36 km dari penginapan ini.

Sebagai sebuah akomodasi, Bali Rich Luxury Villa Tuban telah didukung dengan fasilitas kelas atas layaknya villa mewah. Di penginapan ini, para tamu akan menemukan fasilitas seperti layanan kamar, area parkir, akses Wi-Fi di area umum, kolam renang outdoor, taman, resepsionis 24 jam, hingga layanan laundry. Sementara, fasilitas di dalam kamar termasuk TV kabel, internet, hingga kamar mandi pribadi dan sarapan. Dengan tarif kamar mulai Rp1,5 jutaan per malam untuk villa dengan satu ranjang dan Rp2,75 jutaan per malan untuk villa dengan dua ranjang, reservasi bisa dilakukan melalui nomor telepon (0356) 320999.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*