Mendaki Bukit Besar Lahat, Tawarkan View Elok di Ketinggian




Bukit Besar Lahat - www.kompasiana.com
Bukit Besar Lahat - www.kompasiana.com

Bagi mereka yang mengaku sebagai pencinta alam, mendaki atau merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Nah, apabila Anda juga termasuk yang demikian, terutama yang berdomisili di Sumatera Selatan, Anda wajib mendatangi Besar yang berlokasi di Kabupaten Lahat. Tidak hanya para pencinta alam, destinasi ini juga pas didatangi mereka yang ingin menyaksikan panorama alam dari ketinggian.

Lokasi Bukit Besar Lahat

Secara administratif, Bukit Besar berada di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Apabila bertolak dari Palembang, bisa berkendara atau dengan durasi sekitar empat sampai lima jam untuk tiba di tempat ini. Anda pun bisa memakai jasa travel dengan berkisar Rp70 ribu sampai Rp90 ribuan per orang. 

Selain itu, ke Bukit Besar juga dapat dilakukan menggunakan kereta api dari Stasiun Kertapati. Alternatif lainnya adalah menumpang bus dari Terminal Karya Jaya dengan berkisar Rp50 ribuan per orang. Setibanya di stasiun atau terminal, Anda dapat naik angkutan umum dengan mulai Rp20 ribuan per orang. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih hemat, jangan sungkan untuk menawar kepada sopir angkutan.

Apabila Anda berangkat dari Muara Enim, perjalanan ke Bukit Besar cuma berkisar satu setengah jam berkendara. Hal pertama yang perlu Anda cari untuk menuju Bukit Besar adalah pertigaan jalan di Desa Telatang, yang berada di antara Muara Enim dan Lahat. Jika sudah menemukan pertigaan ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah kiri (dari arah Muara Enim).

Jalan untuk menuju Bukit Besar sendiri sudah cukup bagus, tetapi Anda harus tetap berhati-hati dikarenakan jalannya terdiri dari banyak tikungan serta kontur yang naik dan turun. Untuk saat ini, tempat penitipan atau pemberhentian kendaraan berada di rumah Kepala Desa Tanjung Beringin dengan tarif sekitar Rp10 ribu per kendaraan bermotor dan Rp3.000 per orang.

Bukit Besar Lahat - c.mi.com
Bukit Besar Lahat – c.mi.com

Pendakian Bukit Besar Lahat

Sering juga disebut Bukit Besak, kawasan ini adalah salah satu spot mereka yang hobi mendaki. Meski tidak terlalu tinggi, ‘hanya’ 1.700 meter di atas permukaan laut, panorama yang ditawarkan Bukit Besar Lahat tidak kalah dengan perbukitan atau gunung lainnya yang lebih tinggi. Selain itu, jalur pendakian yang cukup mudah serta tidak membutuhkan waktu lama membuat spot ini diburu banyak pencinta alam.

Setelah Anda memarkir kendaraan, perjalanan ke Bukit Besar dilanjutkan dengan berjalan kaki. Silakan cari jalan menuju persawahan. Jika bingung, Anda dapat bertanya kepada warga sekitar. Kemudian, Anda akan melewati jembatan gantung, dan ikuti jalur yang ada. Jalur ini sendiri sudah sangat bagus sehingga mempermudah para pendaki. Namun, jalur mulus ini hanya sampai pos pendakian yang ditandai dengan adanya warung.

Setelah sampai di pos pendakian, perjalanan akan dilanjutkan dengan melewati area perkebunan kopi, area berbatu, kemudian kembali ke jalan tanah yang curam. Melewati jalur ini, Anda perlu berhati-hati karena cukup licin, terutama ketika sedang musim hujan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masyarakat sekitar dan beberapa pendaki telah membuat tangga sehingga dapat mempermudah perjalanan.

Waktu tempuh dari titik awal pendakian menuju puncak bukit berkisar tiga jam jika Anda mendaki dengan berjalan santai diselingi istirahat sebentar. Trek menuju puncak bukit sendiri didominasi dengan kemiringan 45 hingga 65 derajat. Jika Anda sudah sampai di shelter dua, ditandai dengan bebatuan pinggiran dan tanjakan, puncak Bukit Besak sudah terlihat di kejauhan.

Pesona dan Fasilitas Bukit Besar Lahat

Meskipun track yang dilalui cukup menguras keringat, perjuangan Anda dijamin akan langsung terbayar tunai. Pasalnya, setelah tiba di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat kece. Dari atas bukit, Anda dapat menyaksikan pemandangan Bukit Jempol dan Bukit Serelo dengan sangat jelas. Ketika sore hari, Anda juga berkesempatan menikmati panorama matahari tenggelam atau sunset.

Bukit Besar Lahat - palembang.tribunnews.com
Bukit Besar Lahat – palembang.tribunnews.com

Selain itu, Bukit Besar Lahat ini adalah tempat yang paling bagus untuk berburu potret milkway. Dengan panorama yang sungguh memikat, banyak wisatawan yang menjadikan bukit ini sebagai tempat untuk berfoto. Pasalnya, pemandangan yang indah di kawasan ini memang sangat sayang dilewatkan dan wajib didokumentasikan dalam bentuk foto maupun video.

Menurut pemerintah daerah setempat, jumlah pengunjung yang datang ke Bukit Besar Lahat setiap harinya berkisar ratusan orang. Bahkan, ketika musim liburan dan hari besar, angka kunjungan bisa mencapai di atas seribu orang. Karena itu, tidak heran jika pendapatan dari turis bisa mencapai Rp3 juta per minggu, yang dibagi untuk desa, pengelola, dan karang taruna.

Untuk menjaring lebih banyak wisatawan dan membuat suasana menjadi lebih nyaman, pengelola berencana menambah fasilitas di kawasan Bukit Besar Lahat. Nantinya, akan dibangun toko karang taruna, rest area untuk tempat ngopi, toko souvenir, dan wisata perahu karet di Sungai Selo. Selain itu, juga akan didirikan musala, tempat parkir kendaraan, gapura masuk, serta pedestrian sepanjang 1 km di pinggiran sawah plus jogging track. 

Nah, untuk mereka yang doyan tracking dan camping, Bukit Besar di Lahat ini bisa menjadi rekomendasi menarik mengisi waktu liburan. Namun, jika Anda berencana mengeksplorasi keindahan kawasan ini, tetap selalu menjaga kelestarian alam, menaati peraturan, dan menghormati kearifan lokal setempat. Hindari pula melakukan corat-coret atau vandalisme di bebatuan bukit serta membuang sampah sembarangan. Jika harus membuang sampah, sebaiknya diletakkan di plastik tersendiri dan dibawa ketika turun bukit.

Lihat Juga:   Villa Seribu Dinar Batu, Suguhkan Keindahan Gunung Panderman & Arjuno




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan