Ingin Wisata ke Xian? Ini Info Penginapan & Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi

Kota Xian China - travel.kompas.com

Sosok Kota Xian mungkin tak sepopuler Beijing atau Shanghai di China. Tetapi Xi’an rupanya menyimpan banyak yang terlalu sayang jika dilewatkan begitu saja. Bagi wisatawan muslim, Xian juga termasuk destinasi menarik saat ke China. Pasalnya Xian juga dihuni oleh etnis Hui yang merupakan komunitas muslim terbesar di China. Untuk wisata ke Xian, tersedia transportasi langsung dari Beijing dengan naik bullet train.

Kota Xian China - travel.kompas.com

Kota Xian China – travel.kompas.com

Beberapa maskapai kabarnya juga menyediakan penerbangan dari Indonesia ke Xian dengan satu kali transit di Kuala Lumpur atau sebagainya. Jika Shanghai terkenal sebagai sebuah kota megapolitan di China, maka Xian justru tampil sebagai kota yang lekat dengan sejarah. Namun Anda tak perlu khawatir, meski sarat dengan sejarah, Xian tetap menyimpan banyak potensi wisata yang menarik untuk dieksplor. Tak jauh berbeda dengan kota-kota besar lain di China, Xian juga sudah tertata dengan yang cukup modern. Berikut informasi tempat-tempat wisata di Xian.

Objek Wisata di Xian

Terracotta Army
Tentara Terracotta merupakan koleksi patung yang menggambarkan bentuk seni penguburan kaisar pada masa 210-209 SM. Kaisar pertama dari China, Kaisar Qin Shi Huang konon membutuhkan waktu hingga 11 tahun lamanya untuk menyiapkan makamnya sendiri. Pasukan terakota di lokasi tersebut konon kabarnya bertujuan untuk melindungi kaisar di baka. Objek wisata ini ditemukan pada tahun 1974 silam oleh petani penggali air sumur. Museum tersebut meliputi area sekitar 16.300 meter persegi yang dibagi menjadi 3 bagian dan ditandai pada urutan berdasarkan penemuannya. Sejak tahun 1987 museum ini terdaftar di UNESCO sebagai salah satu warisan budaya di dunia, oleh sebab itu Terracotta Army menjadi tempat wisata wajib yang layak dikunjungi saat berlibur ke Xian.

Muslim Quarter
Nah, bagi Anda yang beragama Islam cobalah untuk mampir ke Muslim Quarter. Xi’an adalah kota yang mempunyai komunitas Muslim besar. Setidaknya terdapat sekitar 50.000 umat muslim di Xian. Selain itu terdapat sekitar 7 masjid, salah satunya merupakan masjid agung atau Great Mosque. Masjid raya ini mempunyai 20 bangunan di 5 halaman dengan luas sekitar 12 ribu meter persegi. Di Muslim Quarter yang merupakan pusatnya komunitas muslim di Xian ini Anda bisa -jalan sambil berburu makanan alias street food halal dan souvenir khas Kota Xian.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Harga Tiket Masuk D’Kandang Amazing Farm di Depok

Huashan Mountain
Anda suka pemandangan alam yang tak biasa? Maka Gunung Huashan lah jawabannya. Gunung satu ini berjarak 120 km dari Kota Xian. Gunung Huashan terkenal dengan pemandangan alam mempesona dari jalur curam dan sempit, tebing terjal, dan pegunungan tinggi menjulang. Gunung ini memiliki 5 puncak yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri, mulai dari bagian timur yang merupakan spot terbaik melihat sunset, selatan yang merupakan puncak tertinggi, barat puncak paling elegan, utara adalah Cloud Terrace Peak, dan puncak tengah yang juga disebut Jade Lady Peak. Jika dari Kota Xian, Anda bisa naik kereta atau bus menuju Gunung Huashan.

Big Wild Goose Pagoda
Big Wild Goose Pagoda adalah salah satu ikon Xian sekaligus bangunan kuno yang merupakan tempat suci bagi para pemeluk agama Buddha. Tidak jauh dari pusat kota, Big Wild Goose Pagoda dilengkapi dengan lapangan di bagian selatan, Tang Ci’en Temple Site dan Shaanxi Opera Garden ke timur, serta Shaanxi Folk Customs Garden di sebelah barat. Selama berada di sana, Anda bisa berjalan-jalan sekaligus membeli souvenir dan jajanan. Jangan lupa untuk menikmati pertunjukan air mancur musikal setiap hari pada jam-jam tertentu di bagian alun-alun utara.

Selain tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, masih banyak destinasi menarik lainnya di Xian, misalnya TangBo Art Museum, Tembok Kota Xi’an, Drum Tower, Taman Tang, Sumber Huaqing, Gunung Cuihua, Taman Qujiangchi, Shu Yuan Men (Ancient Culture Street), dan sebagainya.

Lihat Juga:   Menikmati Keelokan Pantai Asmara (Asam-Asam Muara), Kalimantan Selatan

Penginapan di Xian

Nama PenginapanAlamatTarif per Malam Mulai
Jinjiang Inn Xi’an JianguomenNo.5 Huancheng Road (E), Lintong Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710048Rp 430 ribuan
Ibis Xi’An Heping Gate59 Heping Road, Bei Lin District, Xincheng Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710001Rp 534 ribuan
Skytel32 South Main Street, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710001Rp 541 ribuan
Bell Tower Youth No.1 North Street, Beilin District, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, ChinaRp 605 ribuan
HNA Downtown Xian258 Dongxin Street, Xincheng District, Xincheng Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710004Rp 627 ribuan
Ramada Xian Bell Tower Hotel79 North Street, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 71003Rp 644 ribuan
Bell Tower Hotel XianNo. 110, Nan Da Jie, Beilin District, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710001Rp 820 ribuan
Citadines Xingqing Palace Xi’anNo.159 Xingqing Road,Beilin District, Xincheng Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710049Rp 844 ribuan
Aurum International Hotel30 Nan Xin Street, Lianhu Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710004Rp 878 ribuan
Mercure on Renmin Square Xian319 Dongxin Street, Xincheng Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710004Rp 908 ribuan
Days Hotel And Suites XinxingNo.189 Jinhua North Road, Weiyang Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710032Rp 928 ribuan
Jianguo Hotel Xi AnNo 2 Hu Zhu Road, Beilin District, Weiyang Qu, Xi’an, Shaanxi, China, 710048Rp 947 ribuan
Vienna International Hotel Xi’an Dayan TowerNo.609 Xiying Road, Yanta District, Yanta, Yanta Qu, Xi’an, Shaanxi, ChinaRp 960 ribuan

Apabila Anda hendak menginap di salah satu penginapan yang tertera di atas, Anda bisa melakukan reservasi melalui sejumlah situs booking hotel online yang ada di internet. Beberapa situs biasanya juga menawarkan tarif promo dengan harga diskon dari harga normal.

Vienna International Hotel Xi'an Dayan Tower - www.booking.com

Vienna International Hotel Xi’an Dayan Tower – www.booking.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>